≡ Menu

Tips Mengunjungi Website Tanpa Terganggu Iklan Sepenuhnya

Mengunjungi Website Tanpa Iklan Sepenuhnya

Tidak semua website selalu bersih tanpa adanya iklan, dan kebanyakan selalu ada iklan yang tampil kecuali website sejenis pemerintah biasanya tidak ada sama sekali objek iklan yang ada. Tapi untuk website pribadi ataupun penyedia suatu konten pastilah terdapat iklan yang berbeda-beda dan kadang juga membuat pengguna ingin cepat-cepat pergi dari situs tersebut setelah mendapatkan apa yang diinginkan.

Walau sudah ada program untuk membuat iklan dihilangkan, yaitu adblock yang bekerja dari latar belakang untuk menghapus element yang bersifat iklan. Tapi ini tidak untuk semua iklan, sebab saat ini sudah terdapat beberapa provider iklan yang bisa melakukan bypass adblock dengan melakukan enkripsi khusus sehingga program penghilang iklan apapun tidak bisa mengatasinya. Kebanyakan hal ini ada pada iklan dengan bentuk popunder.

Pemilik website memasang iklan untuk mendapatkan hasil dari apa yang telah ia buat dan membagikannya secara gratis, tapi walau begitu setiap pengunjung juga masih punya hak untuk menghilangkan setiap iklan yang ada apabila itu merasa menggaggu. Saat ini mengandalkan program penghilang iklan masihlah kurang karena pemilik website juga sudah banyak yang memasang sebuah kode untuk melarang ekstensi atau addons bekerja pada halaman itu dan menampilkan peringatan untuk menonaktifkannya.

Bagi pengguna yang menemui peringatan tersebut pasti akan langsung mematikan program penghilang iklan yang terpasang dan reload halaman, tapi justru hal tersebut juga masih bisa diatasi dengan sebuah userscript yang bisa dijalankan dengan bantuan ekstensi sejenis Tampermonkey dan sepenuhnya berhasil. Jadi pengguna tetap akan bisa mengunjungi halaman apa saja tanpa takut ada peringatan suruh mematikan adblock. Berikut ini 3 tips untuk mengunjungi website tanpa iklan sepenuhnya.


  1. Memasang Program AD Block – Ini sangat dianjurkan untuk menghilangkan iklan yang ada pada website, jadi sebuah kode yang terlihat seperti iklan, akan dihilangkan dan pengguna bisa bebas mengunjungi website apapun tanpa ada iklan yang tampil. Tapi perlu diketahui untuk iklan sejenis popunder atau tabunder, program ini tidak sepenuhnya bekerja dan untuk iklan berbasis gambar atau teks yang dieksekusi dari javascript, pastinya program ini sangat bisa untuk mendeteksi dan menghilangkannya.
  2. Memasang Ekstensi Popup Blocker – Berhubungan program untuk menghilangkan iklan kebanyakan masih tidak bisa mengatasi iklan berbentuk popunder yang telah dilakukan bypass, jadi akan lebih baik memasang sebuah ekstensi atau addons yang bisa menghentikan itu. Salah satu ekstensi yang terbukti ampuh bernama Poper Blocker yang tersedia untuk berbagai peramban terkenal. Walaupun pada peramban sudah disediakan opsi untuk memblokir popup, tapi itu masih tidak berfungsi dengan baik untuk semacam iklan.
  3. Menggunakan Userscript Anti ADBlock Killer – Userscript sangat berguna untuk melakukan apa saja pada setiap element yang tampil di semua halaman website dan semuanya menggunakan kode javascript. Jadi untuk menghilangkan sesuatu atau merubah value sesuatu bisa menggunakan userscript ini, hanya saja jika membuatnya sendiri harus paham betul tentang kode javascript. Dan soal Anti ADBlock Killer tadi adalah sebauh script khusus untuk menghilangkan peringatan bagi halaman yang melarang pengunjung memakai ADBlock, jadi halaman tersebut tidak akan tampil peringatan lagi meski pengguna menggunakan program ADB lock. Untuk memakainya harus memasang Tampermonkey pada Chrome atau Greasemonkey pada Firefox, lalu menginstall scriptnya pada Halaman Anti ADBlock Killer.

Hanya dengan tiga cara saja sudah bisa mengunjungi website apa saja tanpa ada iklan, untuk program penghilang iklan juga bekerja pada situs Youtube, dengan begitu pengguna tidak akan melihat iklan terlebih dahulu ketika video akan diputar. Jangan memasang program penghilang iklan lebih dari satu, sebab itu hanya akan membuat peramban menjadi lambat dikarenakan satu task untuk program penghilang iklan terkadang mencapai 30Mb keatas. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment