≡ Menu

Solusi Mengatasi “Connection Refused” pada Opera PC

Logo Opera Software

Kembali lagi membahas tentang peramban Opera yang tiada habisnya. Jika dilihat dari permasalahannya sampai sekarang, ada puluhan kejadian mungkin yang terjadi pada peramban ini yang bisa membuat orang tidak nyaman ketika menggunakannya. Setiap peramban memang memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, sama halnya dengan Opera yang sampai saat ini memiliki kekurangan dari bentuk startup yang tergolong lama hingga maksimal 20 detik, tentu itu adalah sesuatu yang membosankan.

Untuk masalah sejenis startup, itu hanya mengacu pada spesifikasi PC saja, tapi berbeda lagi jika masalah pada sistem, tentu semua PC bisa saja merasakannya kapan pun juga. Salah satu masalah yang kadang terjadi adalah tidak dapat membuka suatu website dan hanya menampilkan teks bertuliskan “Connection Refused“. Ini masalah yang tidak sering terjadi, tapi bisa berlangsung sangat lama apabila tidak diatasi.

Untuk mengaasinya pun juga ada beberapa cara yang tergolong unik namun berhasil. Yang perlu diketahui pertama kali adalah mencoba mengakses alamat situs tersebut dari peramban yang berbeda, apakah tampil dengan hasil serupa? Yaitu menampilkan Connection Refused atau justru bisa mengakses dengan baik, jika pun bisa mengakses dengan baik, berarti permasalahannya hanya ada pada peramban saja dan berikut ini solusi lengkapnya.


  1. Re-start Peramban – Cara yang paling ampuh dan sering dilakukan banyak orang adalah menutup peramban lalu memulainya kembali, dengan begitu seluruh program akan disegarkan kembali. Bisa jadi kesalahan sebelumnya dikarenakan semacam malfungsi yang membuat pengguna tidak bisa mengakses satu website itu saja.
  2. Mematikan Opera Turbo – Ini adalah salah satu experimen Opera yang dikatakan bisa melakukan kompress terhadap situs supaya bisa mengaksesnya lebih cepat ketimbang biasanya. Tapi terkadang fitur ini tidak bekerja dengan baik yang menyebabkan masalah ini terjadi, solusinya adalah mematikan fitur ini dan cobalah mengakses website tadi sekali lagi.
  3. Melakukan Kill Task Terhadap GPU Process – Cara ini tidak hanya akan membuat peramban terasa lega kembali atau lebih ringan, tapi suatu saat juga bisa membuatnya lebih cepat dalam proses akselerasi mengunjungi website yang ada. Untuk melakukannya, cukup menuju Menu => Developer => Task Manager, lalu cari GPU Process dan klik pada tombol End Process dan cobalah mengunjungi situs tadi kembali.
  4. Hapus Cache – Jika cara diatas masih tidak mengatasi masalah ini, salah satu cara terakhir yang dapat dilakukan adalah menghapus seluruh cache yang ada pada peramban Opera. Saya lebih menyarankan untuk menghapus cache tersebut mengguankan program lain seperti Ccleaner karena lebih akurat.

Saya ulangi sekali lagi bahwa masalah seperti ini tidak sering terjadi dan kadang hanya sebuah malfungsi dari peramban saja, jadi terkadang hanya perlu me-restart peramban saja dan masalah teratasi, Jadi gunakan dari cara paling atas, dan jika tidak berhasil silahkan lanjut pada cara dibawahnya dan seterusnya. Masalah ini telah terjadi pada Saya sendiri sekiranya 3 kali dan disebabkan akibat menghidupkan Opera Turbo, dan ketika dimatikan halaman yang tadinya tampil Connection Refused telah tiada.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment