≡ Menu

Lindungi Koneksi WiFi Android dengan ARP Guard

Dimana ada WiFi gratis, pasti terdapat orang yang ikut mencicipinya juga. Saat ini banyak orang terbantu dengan adanya jaringan WiFi karena bisa mengunduh apapun tanpa batas dan dibanding dengan paket kuota yang ada pada kartu SIM ponsel, tentu menggunakan WiFi jauh lebih nyaman karena tidak akan kepikiran lagi tentang kuota yang akan habis. Tentang WiFi gratis, memang tidak banyak yang memang benar-benar graris atau maksudnya keamanan langsung dibuka, dan pastilah terdapat autentikasi yang untuk mendapatkan kata sandinya harus bertanya pada pemilik WiFi tersebut.

Baik menggunakan WiFi orang lain ataupun milik pribadi, secara teknis sebuah WiFi masih tergolong memiliki celah yang tidak aman, dimana pengguna yang dalam satu jaringan lokal bisa melakukan segalanya secara remote, dalam kasus ini paling banyak ditemui adalah memotong koneksi WiFi. Itu adalah tindakan paling nakal yang pernah ada ketika bermain dengan WiFi, jadi orang lain akan merasa koneksi hilang dan salah satu pengguna yang memotong koneksinya akan merasakan kedamaian karena mendapat kecepatan koneksi tinggi.

Adapula tentang pencurian akses internet, dimana pengguna bisa melihat jaringan orang lain yang terhubung dengan internet, baik itu dalam aplikasi maupun tidak, seluruh akses bisa dipantau dari melihat CDN website, API website dan lain-lain sebagainya, bahkan juga bisa mengambil cookies yang pada dasarnya sangat berharga, tapi itu masih bisa dihadang dengan aplikasi VPN yang bisa mengenkripsi data. Tapi bagaimana dengan pemotongan koneksi WiFi? Apakah bisa diatasi juga?

Proses pemotongan koneksi WiFi ini bisa juga disebut sebagai ARP Spoofing yang mana menggunakan proses pengiriman paket (PING) terus menerus hingga target mengalami down. Tidak hanya puluhan paket saja, tapi ratusan paket dengan ukuran besar dan hal ini sangat menjengkelkan apabila tidak bisa diatasi. Sebelumnya Saya juga sudah pernah membagikan cara untuk mengaasi permasalahan seperti ini yaitu dengan menonaktifkan proses PING masuk dari luar dan itu berhasil. Tapi untuk Android, adapula aplikasi yang sangat berguna yang bernama ARP Guard. Berikut ini gambarannya.

Gambaran dari Aplikasi ARP Guard AndroidGambaran dari Aplikasi ARP Guard AndroidGambaran dari Aplikasi ARP Guard AndroidGambaran dari Aplikasi ARP Guard Android

ARP Guard memiliki cara tersendiri dalam melindungi koneksi dan akan lebih baik lagi apabila ponsel Android telah berstatus ROOT, jadi pengguna bisa memilih mode Recovery yang mana sangat ampuh untuk melindungi koneksi dari serangan Bom PING. Saya sendiri pun telah mencoba dengan aplikasi ini dan ternyata memang terbukti bisa melakukan itu dan koneksi tetap stabil walau telah dipotong teman sendiri. Dan aplikasi ARP Guard ini bisa memberitahukan siapa saja yang memotong koneksi WiFi saat ini dan ditujukan detail yang jelas dari IP dan Mac Address orang tersebut, memungkinkan pengguna bisa menyerang balik atau memblokir akses dari router. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini.

DOWNLOAD

Aplikasi ARP Guard membutuhkan Android 4.0 keatas, memiliki ukuran yang lumayan kecil yaitu 2Mb. Dibanding dengan WiFi Security lainnya, ARP Guard lah yang paling terbaik, dilihat dari rating yang didapat sudah mencapai 4.4. ARP Guard juga bisa mendeteksi Mac Address dari SSID dan BSSID yang digunakan saat ini supaya untuk memastikan bahwa jaringan yang disambungkan sudah benar atau tidak. Didalam aplikasi ini juga memiliki sistem In-App Purchase untuk melakukan pembelian fitur pro, dengan membelinya iklan akan dihilangkan dan aplikasi bisa berjalan ketika ponsel dihidupkan (startup).

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment