≡ Menu

Cara Mengatasi “Google Play No Connection” di Android

Masalah yang terjadi pada Google Play sebenarnya sangatlah banyak dan tidak hanya dari segi koneksi saja, akan tetapi pada sistem yang memiliki kesalahan tersendiri yang kadang pengguna harus menghapus akun Google dari ponsel dan menambahkan lagi supaya tidak terjadi kesalahan. Apalagi ponsel yang telah dilakukan root pastinya banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan salah satunya menambah tweak pada aplikasi, contohnya memanipulasi In-App Purchase. Selain itu ada banyak hal yang memungkinkan Google Play Store ini error dan paling banyak dialami oleh pengguna ponsel rooted adalah dibagian Host.

Host yang ada di Android ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya walau dialihkan dengan segala bentuk cara, karena paling maksimal efeknya tidak akan bisa membuat koneksi pada aplikasi dari Google, jadi seluruh aplikasi seperti Play Store, GMail, dan lain-lain tidak akan bisa menjalin koneksi walaupun data sudah dihidupkan, ini dikarenakan kesalahan Host yang diatur dan seharunya dibiarkan sebagai localhost beserta IPnya.

Kesalahan dari Host ini akan memicu seluruh aplikasi buatan Google tidak bekerja seharusnya, jadi pengguna akan menemukan sebuah teks sejenis “No Connection” yang seolah data masih belum dihidupkan. Yang diperlukan ketika pengguna mengalami masalah seperti ini adalah aplikasi file manager yang mendukung akses root, sejenis Root Explorer, X-plore, dan lain sebagainya. Cara yang akan Saya bagikan ini sudah dicoba pada Android versi Gingerbread, Jelly Bean, dan Kitkat, dan sepertinya juga bisa dilakukan untuk OS keatas. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama siapkan aplikasi file manager seperti saran Saya diatas tadi dan disini Saya menggunakan X-plore.
  2. Silahkan buka X-plore dan masuk pada direktori ROOT, lalu klik pada folder bernama etc.

    Cara Mengatasi Play Store No Connection

  3. Pada folder tersebut silahkan klik pada file bernama hosts, lalu silahkan edit sebagai text.

    Cara Mengatasi Play Store No Connection

  4. Pada bagian ini, pengguna pasti melihat ada teks kecil sejenis IP dan URL, silahkan hapus semua yang ada dan silahkan isikan dengan seperti ini 127.0.0.1 localhost

    Cara Mengatasi Play Store No Connection

  5. Tahap terakhir, cukup simpan dan buka kembali Play Store dan aplikasi Google lainnya pasti sudah dapat digunakan sewajarnya.

Jika Saya perkirakan sendiri, hal ini disebabkan karena pengguna baru saja men-disable update Google Play dari aplikasi yang mendapatkan akses root seperti Lucky Patcher atau Freedom, jadi secara otomatis aplikasi tersebut akan menambahkan garis baru yang berisi URL yang tampil tadi dan dari sebab itulah Play Store tidak bisa mendapatkan koneksi dari data yang dihidupkan. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment