≡ Menu

Optimisasi Proses PING pada Blog dengan Plugin Ini

Promotion

Plugin Ping Service untuk WordPress

PING yang diartikan memperingatkan ini juga dibutuhkan pada website yang digunakan untuk memperingatkan mesin pencari untuk melakukan crawl pada halaman yang telah diatur pada proses PING. Sama halnya dengan menggunakan bantuan website yang dapat melakukan ping ke banyak mesin pencari dengan sekali klik, namun jika dengan bantuan plugin ini pengguna tidak perlu lagi melakukan PING dengan sekali klik dan akan berjalan secara otomatis ketika pemilik blog menerbitkan artikel baru. Mungkin ada banyak plugin sejenis ini, akan tetapi plugin yang Saya bagikan ini jauh lebih sempurna dan memiliki fungsional yang mudah untuk dipahami.

Diyakini bahwa melakukan PING bisa mempercepat proses index mesin pencari dan Saya sendiri masih berfikir apakah hal tersebut memang nyata atau hanya tipuan belaka, namun jika dibandingkan sejenis melakukan PING BBM, hal tersebut ada benarnya juga karena yang dikirim PING akan diberikan getaran dan jika terlalu banyak, yang dikirim akan bosan atau muak menerimanya. Begitu pula dengan PING yang ada pada website, jika terlalu banyak maka bisa dianggap sebagai spam oleh mesin pencari dan bisa jadi itu mengganggu kesehatan blog itu sendiri terhadap SERP. Untuk itu sebaiknya gunakan plugin ini yang bersifat aman untuk digunakan dan bisa mencegah terjadinya kelebihan ketika melakukan PING.

Plugin yang akan Saya bagikan ini bernama WordPress PING Optimizer dan khusus untuk blog WordPress Self-Hosted saja. Jadi sekarang pengguna tidak perlu bantuan website yang menyediakan PING servis yang harus dilakukan secara manual seperti menuliskan URL artikel, judul, dan sebagainya. Dengan plugin ini setiap kali pengguna menerbitkan artikel akan dilangsungkan proses PING pada daftar PING servis yang sudah diterapkan. Setiap proses PING akan dihitung dan dilihat pula HTTP Status yang diperoleh, jika 200 berarti proses PING tersebut berjalan sempurna, dan jika selain itu, lebih baik untuk menghapus PING servis tersebut karena sudah tidak layak untuk digunakan.

WordPress PING Optimizer dibagikan gratis dan pertama kali pengguna memasang plugin ini harus mengisi sendiri daftar PING Servis yang ada, dan untuk mencarinya bisa menuju pada halaman Kumpulan Daftar PING Servis. Sebaiknya untuk pertama kali silahkan isi semua daftar tersebut dan melakukan test ping, dan disaat inilah pengguna harus melihat hasil dari PING tersebut pada plugin ini dan hilangkan PING Servis jika muncul teks merah pertanda gagal melakukan proses PING. Berikut ini beberapa gambaran dari plugin WordPress PING Optimizer.

WP Ping OptimizerWP Ping Optimizer

Plugin ini memang sangat sederhana dan fitur bagusnya adalah fungsi “Limit excessive pinging in short time” yang bisa membatasi PING yang ada supaya tidak terlalu berlebihan meski melakukan update artikel berkali kali, karena setiap pengguna melakukan update artikel atau menerbitkan artikel, plugin ini akan langsung bekerja. Untuk melihat artikel yang telah di PING juga terdapat pada halaman plugin ini dan pengguna akan melihat banyak sekali log/aktivitas yang ada. Sangat disayangkan bahwa masih tidak diberikan fitur untuk menghapus log/aktivitas tersebut, jadi jika tidak dihapus sendiri oleh pengguna bisa jadi akan mencapai ratusan bahkan ribuan.

Untuk memasangnya cukup menuju halaman Plugin pada dasbor dan tambahkan plugin baru, lalu cari dengan nama WordPress PING Optimizer dan selanjutnya tinggal pasang. Melakukan PING tidak hanya bisa dilakukan pada artikel saja namun juga bisa dilakukan pada bagian beranda website, dan untuk melakukannya bisa langsung menuju halaman plugin ini pada dasbor dan menekan tombol Ping Now, dan seketika halaman beranda akan dilakukan PING dan cukup untuk menunggu hingga proses selesai. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Promotion

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment