≡ Menu

Cara Memblokir Perangkat Lain pada Modem Speedy

Pengetahuan dari sebuah Mac Address

Kembali lagi membahas tentang WiFi Speedy yang tidak ada habisnya. Pada setiap router pastilah memiliki fitur yang digunakan untuk menambah blacklist suatu perangkat supaya tidak bisa lagi menghubungkan, dan juga bisa digunakan untuk melakukan whitelist perangkat yang berarti hanya daftar perangkat yang ada di whitelist yang akan bisa terhubung pada Access Point. Fitur ini sangat diperlukan dan sangat cocok bagi pemilik WiFi yang merasa WiFinya telah dipakai oleh orang yang memanfaatkan untuk mengunduh file ukuran besar terus menerus. Tentu itu tidak hanya membuat kecepatan menurun, namun ada hal yang lebih dari itu.

Saat ini Telkom Speedy membatasi penggunaan (FUP), jadi jika telah melalui batas, kecepatan WiFi akan diturunkan. Tidak hanya orang yang memanfaatkan untuk mengunduh file besar terus-menerus, namun orang yang biasanya suka memotong jaringan WiFi, sangat pantas ada pada daftar blacklist. Ada banyak alat untuk mendeteksi siapa saja yang memotong koneksi jaringan WiFi dan yang paling mudah adalah melakukan secara manual dengan mengetikan “arp -a” pada CMD atau Terminal dan jika terlihat IP Dynamic ada 2, maka salah satu kecuali Gateway adalah orang yang memotong koneksi pengguna.

Mungkin terkadang pemilik WiFi tidak mengetahui adanya pengguna lain yang sedang aktif menggunakan WiFi tersebut jika dilihat langsung dari halaman DHCP Pools, dikarenakan pada halaman tersebut hanya mendeteksi IP Dynamic saja, sedangkan Static tidak akan terdeteksi dan ini biasanya adalah cara orang yang suka menembak WiFi dari jarak jauh supaya tidak ketahuan ketika aktif terus menerus pada jaringan WiFi tersebut. Dan salah satu cara mengetahuinya adalah dari telnet dengan mengetikan perintah “ip arp status” dan akan terlihat semua pengguna yang aktif termasuk IP Static.

Biasanya orang yang menembak WiFi akan ketahuan dari tipe Mac Address yang digunakan serta IP yang berada di posisi jauh lebih dari 100. Memblokir suatu mac address hanya bisa dilakukan pada per SSID, jadi jika router memiliki 2 SSID, tentu mac address yang ada di daftar blacklist masih bisa terhubung dari SSID yang lain. Satu-satunya cara untuk menghindari adanya pengguna lain untuk menggunakan SSID lain adalah cukup menggunakan 1 SSID saja dan mematikan SSID yang lainnya contohnya @wifi.id. Dan untuk membua router supaya bisa menampilkan satu SSID saja, cukup mengetikan perintah “rt setbssidnum 1” pada telnet. Berikut ini tata cara memblokir perangkat lain pada router WiFi Speedy.

  1. Pertama – tama pastikan telah mendapatkan alamat mac address dari perangkat yang akan diblokir. Bisa mendapatkannya dari halaman DHCP Pools Sumarry atau melalui telnet.
  2. Selanjutnya jika mac address telah disiapkan, langsung saja masuk pada pengaturan WiFi dan menuju Interface Menu dan klik pada tab Wireless.

    Memblokir mac address pada WiFi Speedy

  3. Setelah itu silahkan skroll kebawah dan perhatikan pada Wireless MAC Address Filter. Silahkan centang pada bagian Active sebagai Actived, lalu pada bagian Action, silahkan pilih sebagai Deny Accosiation. Kemudian pada bagian Mac Address silahkan tempel mac address perangkat yang akan diblokir tadi, jika ada 2 atau lebih, silahkan tempel pada kolom dibawahnya.

    Memblokir mac address pada WiFi Speedy

  4. Tahap terakhir, cukup klik Save dan lakukan reboot. Selesai.

Akan sangat mudah sekali jika cara diatas langsung dipraktekan, sebab jika hanya dilihat saja akan kurang dimengerti. Intinya pada bagian Action dilakukan Deny Accosiation yang berarti dilakukan blacklist, sedangkan jika dipilih sebagai Allow Accosiation, hanya mac address pada daftar saja yang bisa terhubung. Saya masih kurang tahu jika melakukan cara diatas melalui telnet, tapi kemugkinan jika melalui telnet akan bisa menambahkan mac address sebanyak-banyaknya. Untuk beberapa router Speedy pasti cara diatas akan berbeda dan ini hanya digolongkan pada jenis router lama yang pengaturannya sangat sederhana dan tidak memiliki menu pada bagian sidebar kiri.

Perlu diketahui juga bahwa setiap perangkat masih bisa mengganti mac adrress menggunakan alat khusus. Contohnya pada smartphone sekarang ini yang memiliki beragam alat untuk mengganti mac address dengan mudah. Sedangkan untuk pengguna PC, hanya beberapa perangkat saja yang bisa mengganti mac addressnya dan itu bisa dilakukan langsung dari driver, karena jika dilakukan dari software, kebanyakan tidak akan bisa terhubung ke jaringan WiFi manapun. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas, silahan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 4 comments… add one }
  • iwan November 5, 2016, 4:16 pm

    assalamualaikum… jika kita salah blokir, yg seharusnya kita sja yg menggunakan jaringan tersebut tp mlah kita yg terblokir, bagaimana cara mengembalikan nya??
    terima kasih…

    • rrobyf November 7, 2016, 11:02 am

      Cukup reset routernya, atau masuk menggunakan perangkat lain.

  • ndomek August 12, 2016, 1:37 pm

    asalamualaikum wr.wb jika salah satu mac nya tidak bisa di block atau tetap conecting terhadap wifi kita bagai mana menanggulanginya? trimakasih tolong kirim eamil saya bung.. .

    • rrobyf August 13, 2016, 2:23 am

      Walaikumsalam, itu sepertinya orang tersebut menggunakan SSID yang lain pada jaringan WiFi yang sama.

Leave a Comment