≡ Menu

Cara Cepat Menghentikan Program Not Responding pada PC

Program Not Responding di PC Windows

Program yang tiba-tiba berhenti memang tidak disukai oleh pengguna yang sedang membukannya. Bisa terjadi akibat berbagai masalah dan salah satunya yang paling banyak dialami oleh banyak pengguna adalah akibat kebanyakan memory yang dipakai pada program tersebut yang mengakibatkan program tidak berjalan atau terjadilah macet dan bertuliskan Not Responding. Program yang macet atau bermasalah seperti itu sebenarnya tidak harus dilakukan restart PC untuk bisa membuatnya pulih kembali, namun juga bisa langsung mengeluarkannya dari Task Manager. Tetapi melakukan hal tersebut bisa tergolong rumit bagi orang yang tidak terlalu mengalami hal sejenis ini, dan ternyata ada hal untuk mengatasi program macet tersebut dengan cara yang sangat mudah sekali.

Cara yang akan Saya bagikan ini sangatlah mudah dan tidak memerlukan untuk membuka task manager lagi dan hanya membutuhkan bantuan shortcut saja. Jadi hanya cukup sekali klik saja, maka program yang bermasalah akan dikeluarkan. Contoh sederhana adalah membuka sebuah Game pada mode full screen, dan tiba-tiba game tersebut macet secara tiba-tiba dan pada tab bertuliskan bahwa Not Responding, maka untuk mengatasinya cukup klik start menu, lalu klik pada shortcut yang telah dibuat tadi. Pada shortcut yang dibuat adalah sebuah lokasi yang diarahkan menuju Task Manager dan akan mengeluarkan program yang hanya Not Responding saja.

Dilihat dari cara pengerjaan diatas terlihat begitu sederhana bukan? Berbeda dengan membuka Task Manager, lalu mengeluarkan program secara manual, justru itu tergolong cara yang lama dan maka sebab itulah Saya bagikan cara yang sederhana untuk mengatasi program yang macet dengan sekali klik dan praktis. Sebelumnya, cara ini sudah pernah dibagikan oleh banyak pengguna di Internet, dan disini Saya hanya menyalurkannya saja supaya banyak dari pengguna PC tidak kesusahan apabila mengalami masalah yang sama. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi program yang bertuliskan Not Responding, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan buka PC dan silahkan klik kanan pada mouse, lalu klik New dan pilih shortcut

    Membuat Shortcut untuk program macet.

  2. Maka akan muncul sebuah kolom untuk mengisi lokasi shortcut itu berada. Silahan isi sebagai taskkill.exe /f /fi “status eq not responding”

    Membuat Shortcut untuk program macet

  3. Selanjutnya silahkan klik Next. Dan akan muncul kolom lagi yang diharuskan mengisi nama shortcut, silahkan isikan terserah, disini Saya contohkan untuk mengisi sebagai Berhentikan Program Macet dan setelah itu klik tombol Finish.

    Membuat Shortcut untuk program macet

  4. Sekarang, cukup drag & drop shortcut tadi ke Start Menu, atau bisa dibilang, Pin to start menu. Jadi apabila program macet, cukup klik start menu dan klik pada nama shortcut yang telah dibuat tadi.

Mudah sekali bukan? Tergolong sedikit rumit untuk pertama kali pembuatannya. Namun jika sudah membuat shortcut tersebut, semua akan terasa sangat sederhana untuk menghentikan program yang sedang macet. Perlu diketahui juga bahwa cara diatas sangatlah aman untuk digunakan dan khusus untuk pengguna PC Windows saja. Jadi cara diatas hanya akan bekerja apabila terdapat aplikasi macet saja, dan tidak akan bekerja apabila dilakukan klik pada shortcut tersebut tanpa ada program yang Not Responding. Mungkin penjelasan Saya kurang begitu baik, akan tetapi dengan cara diatas, Saya rasa pengguna jauh lebih mudah melakukannya dibanding menekan tombol CTRL+Shift+Esc untuk menuju Task Manager.

Sebelumnya ini, Saya juga pernah membagikan tata cara untuk mengatasi program yang macet, yaitu menggunakan cara menekan tombol pada keyboard, yakni menuju PC dalam keadaan terkunci dan menuju Task Manager. Tapi cara itu Saya rasa tidak praktis lagi, dan sekarang Saya lebih menyarankan cara seperti diatas karena tidak hanya praktis, tapi sangat sederhana dan mudah sekali meski hanya sebuah shortcut saja. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • m.habib May 29, 2016, 1:39 pm

    makasih lagi gan..membantu banget

  • Bima Aditama May 14, 2016, 4:08 am

    sangat membantu sekali sob ^^

Leave a Comment