≡ Menu

Cara Mengetahui Tipe Brand/Vendor dari Mac Address

Melihat Tipe Brand Dari Mac Address

Jika pengguna mencoba menyambung ke jaringan lokal atau LAN, pasti bisa melihat siapa saja yang sedang aktif. Biasanya dari pengaturan router hanya akan menampilkan nama atau hostname dari perangkat yang dipakai dan tidak menyebutkan jenis perangkat apa yang digunakan setiap pengguna. Setiap perangkat tentunya memiliki alamat Mac yang digunakan untuk mengetahui jenis tipe perangkat yang digunakan saat ini dari sebuah brand perangkat tersebut. Meskipun bisa dilihat, tapi pada dasarnya Mac Address tersebut masih bisa dipalsukan supaya tidak ada orang yang tahu pengguna itu menggunakan perangkat apa ketika menyambung ke jaringan.

Untuk pengguna Android pasti sangat mudah untuk mengganti Mac Address, sedangkan jika pada PC mungkin tidak semua PC bisa mengganti Mac Address dengan mudah karena fitur untuk mengganti biasanya ada pada setelan driver dan terkadang jika pada laptop, fitur untuk mengganti Mac Address dibatasi atau bisa dibilang tidak ditampilkan. Ada berbagai cara untuk mengganti Mac Address yang ada di PC seperti menggunakan software, melalui driver, atau mengubah dar registry. Sedangkan jika pada ponsel smartphone Android, cukup melakukan root pada perangkatnya dan mengunduh aplikasi bantuan untuk mengubah Mac Address dengan sekali klik.

Mac Address sangat diperlukan untuk menyambung ke jaringan WiFi, karena setiap Mac Address akan tercatat pada log sehingga pengguna tersebut bisa mengakses internet lebih aman karena meskipun terdapat gangguan, masih bisa diperiksa pada bagian log. Mungkin jika pada ponsel Android bisa melihat siapa saja yang online saat itu pada jaringan yang sama dan bisa melihat sekaligus tipe dari mac addressnya. Salah satu aplikasinya adalah IP Tools yang bisa melihat semua perangkat yang aktif begitu pula melihat brand yang digunakannya. Tapi apabila untuk PC, mungkin masih sulit untuk mendapatkan semacam software sejenis itu dan adapun Angry IP Scanner, hanya saja tidak bisa menganalisa brand apa yang digunakan pengguna sesuai mac address.

Pada artikel ini akan Saya bagikan tata cara untuk melihat tipe Mac Address jauh lebih mudah dan tidak memerlukan software apapun. Dan pengguna cukup menyalin Mac Address dan menempelkannya pada website yang akan Saya bagikan nanti. Intinya tidak semua website bisa melihat sempurna brand apa yang digunakan pengguna dan kebanyakan website untuk menganalisa Mac Address masih tidak bisa menemukan sumber yang tepat dan kebanyakan hanya mendukung untuk brand kelas atas seperti iPhone, Samsung, Microsoft, dan lain-lain. Berikut ini tata cara untuk melihat tipe Mac Address lebih mudah, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan siapkan Mac Address yang dimiliki. Selanjutnya silahkan buka website Arcai Mac Address Query.
  2. Pada website tersebut silahkan perhatikan pada kolom kecil, silahkan isikan Mac Addressnya dan klik tombol Query Mac Brand dan tunggu hasilnya.

    Mengetahui jenis mac address

  3. Sedangkan jika memiliki banyak Mac Address dan ingin dilihat brandnya secara langsung, silahkan perhatikan pada kolom yang besar dan tempelkan semua daftar Mac Address.
  4. Pastikan daftar Mac Address dibuat perbaris, jadi satu baris untuk 1 Mac Address, maka selanjutnya silahkan klik tombol Batch Query Mac Brand dan silahkan tunggu hasilnya.

    Mengetahui jenis mac address

Mengapa Saya lebih menyarankan menggunakan situs Arcai? Karena website tersebut pernah membuat semacam program untuk memotong koneksi pada jaringan WiFi yang juga bisa membaca tipe Mac Address sekaligus dengan benar. Jadi Saya pikir website Arcai membuat halaman tersebut dengan sungguhan dan tidak hanya untuk brand terkenal saja, tapi brand sejenis merk China juga bisa diketahui dengan baik. Bagaimana? Pasti sekarang sudah tahu model perangkat apa yang digunakan pengguna lain yang sedang online pada jaringan yang sama. Saya sendiri menggunakan Mac Address untuk meninjau siapa saja yang online pada WiFi yang sedang Saya pakai, dengan begitu lama-kelamaan tipe Mac Address yang Saya lihat terus-menerus bisa diingat jenis perangkatnya tanpa membuka halaman Arcai lagi, karena pada dasarnya Mac Address hanya membutuhkan 6 digit saja untuk mengenali brand apa yang digunakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment