≡ Menu

Cara Melihat Alamat IP Asli pada Android

Mengetahui IP Address di Android dengan Mudah

IP adalah salah satu hal penting yang digunakan untuk banyak keperluan yang mengacu tentang jaringan. IP atau bisa disebut Internet Protocol akan muncul ketika pengguna menyambungkan suatu jaringan misalnya koneksi data internet, kabel LAN, WiFi, dan lain-lain, bahkan dengan IP ini pengguna juga bisa melacak letak dimana orang itu berada dan bisa melakukan pengoperasian apabila terjadi pada jaringan yang sama. Saat ini banyak sekali penyedia semacam jaringan aman layaknya VPN memberikan solusi untuk menyembunyikan IP supaya jaringan tetap aman dimana konkesi akan dienkripsi supaya tidak ada yang menyadap, hal ini terlalu banyak terjadi apabila menggunakan jaringan WiFi yang tidak aman dan telah terpasang semacam virus pada firmware.

IP berbeda dengan ISP, keduanya memiliki arti yang tidak sama dan jika IP sendiri adalah alamat, sedangkan ISP yang memiliki arti Internett Service Provider sama halnya seperti hostname yang ada pada IP tersebut atau lebih gampang disebut Operator. Jika pengguna pernah menggunakan sebuah browser dan browser tersebut mendeteksi lokasi pengguna, seperti itulah salah satu kegunaan IP dari banyak yang lain, namun jika pengguna mencoba menggunakan VPN atau jaringan aman seperti proxy autentikasi tentu lokasi akan menunjukan arah yang salah apabila diakses langsung dari IP dan bukan dari setelan perangkat secara akurat. Kecuali jika pengguna memberikan akses untuk borwser tersebut untuk mendapatkan akses lokasi yang lebih akurat, bisa dipastikan lokasi benar sesuai tempat saat ini.

Sebagai contoh adalah aplikasi Map yang dimana ketika mengakses langsung dari IP akan menunjukan arah yang kurang akurat, namun jika pada setelan GPS diatur untuk mode akurasi tinggi pasti lokasi yang didapatkan sangatlah akurat. Ada pula pengguna yang menggunakan IP ini disalahgunakan yang bisa merugikan ISP, yaitu membuat jaringan internet secara gratis dengan cara apapun yang mereka miliki. Dan pada dasarnnya pengguna yang menggunakan cara tersebut hanya melakukan penerapan konten header dengan IP yang bisa tersambung yang memunginkan bisa mendapatkan respon 200 dalam kode HTTP.

IP dibagi dalam 2 golongan, yakni IPv4 dan IPv6. Perbedaannya bahwa IPv4 memiliki panjang 32bit, sedangkan jika IPv6 memiliki panjang 128bit. Keduanya sama-sama digunakan untuk megidentifikasi tiap perangkat host dalam suatu jaringan. Setiap perangkat yang memiliki akses internet pastilah memiliki IP tersendiri meskipun itu pada ponsel. Dan disini Saya akan memberitahukan bagaimana cara mengetahui alamat IP pada ponsel Android dengan sangat mudah. Memang banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk melihat alamat IP pada Android, namun saat ini Saya tidak memerlukan aplikasi untuk melakukan itu semua karena sudah ada pada pengaturan meski sulit untuk dijangkau. Berikut ini tata caranya.

  1. Pertama – tama silahkan hidupkan ponsel Android dan pastikan sudah terhubung ke internet, lalu silahkan menuju Pengaturan.
  2. Pada bagian pengaturan silahkan skroll kebawah dan klik menu Tentang Ponsel.
  3. Kemudian sekarang cukup klik menu Status. Dan akan muncul beberapa menu lagi, silahkan klik Lainnya.
  4. Sekarang pasti sudah bisa melihat alamat IP pada bagian Alamat IP itulah IPv4 dan IPv6 yang digunakan saat ini.

Mudah sekali bukan? Meskipun cara diatas tidak menggunakan gambar bantuan, itu tidak masalah karena akan sangat mudah jika sambil dilakukan dan pastikan sebelum mencoba untuk mengaktifkan koneksi data supaya IP bisa terdeteksi. Berbeda jika dilihat melalui website whatsmyip, karena itu bukanlah IP sebenarnya yang digunakan pada perangkat itu, jika pengguna menyambungkan dari WiFi kebanyakan akan mendapatkan alamat IP yang hampir sama dengan alamat gateway WiFi tersebut. Banyak sekali pengguna lain yang melakukan penyerangan IP saat memakai WiFi hanya untuk mendapatkan koneksi yang lebih lancar dan orang tersebut biasa terbantu dengan alat sejenis Netcut untuk dilakukan PING berkali-kali (Spoffing) yang mengakibatkan koneksi mereka lumpuh.

Alamat IP tidak hanya ditemukan pada perangkat saja, namun juga bisa ditemukan pada semua website karena semuanya memiliki host yang mengidentifikasi adanya alamat IP. Dengan alamat IP ini semua orang terbantu dan bisa membuat semacam hal baru untuk memperbaiki kesalahan ataupun memperketat website. Contohnya jika terdapat orang yang melakukan DOS pada website, jadi otomatis yang diserang adalah IP, dan hal yang bisa dilakukan ada banyak sekali yaitu seperti pergantian IP, melakukan banned IP, dan banyak lagi. Kebanyakan orang mungkin pernah mengetahui tentang IP 127.0.0.1, dan alamat tersebut kebanyakan yang digunakan pada jaringan lokal yang diberi nama localhost. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 12 comments… add one }
  • sebut saja mawar August 7, 2017, 3:50 pm

    berarti alamat IP itu terdapat pada perangkatnya (HPnya) ya gan, bukan terdapat dari simcard / browser yg kita pake dari hp tsb ????

    • rrobyf August 8, 2017, 12:17 am

      IP bisa didapat dari kartu SIM atau secara lokal. Tapi dalam beberapa peramban juga bisa mempengaruhi, seperti memakai UC Mini, maka alamat IP juga akan berubah, disebabkan peramban tersebut menggunakan sistem proxy.

  • Reza June 17, 2017, 8:54 pm

    Android saya kehilangan IP
    Uda cek status tapi tulisannya tidak di ketahui akibatnya hp saya kehilangan jaringan internet, apa ada solusi biar bisa mengembalikan alamat ip yang hilang??? Mohon bantuannya

    • rrobyf June 18, 2017, 11:59 am

      Sebenarnya alamat IP tidak bisa hilang gan, mungkin yang hilang adalah jaringan internetnya. Untuk masalah ini cobalah memeriksa apakah APN sudah diatur dengan benar dan kuota memenuhi untuk membuka internet.

      • haqiqi August 3, 2017, 6:12 am

        alamat ip handphone saya juga hilang gan, alamat bluetooth, dan wifi mac hilang, apa hard were yg bermasalah atau gimana itu gan?

        • rrobyf August 3, 2017, 9:20 am

          Kalau itu hanya software saja yang mengalami masalah. Solusinya bisa di reset ulang atau di flash.

  • jiemat March 16, 2017, 1:10 pm

    Gan ane mau tanya .?
    Bisa bantu saya cara mengetahui ip andress wifi yang belum terhubung gimana cara nya . Mohon pencerahan

    • rrobyf March 17, 2017, 11:52 am

      Tidak bisa, Pengguna harus terhubung lebih dulu ke jaringan WiFi tersebut supaya dapat mengetahui alamat IPnya.

  • hanif January 24, 2017, 1:23 am

    Cara ganti Ip gimana gan?? Ane pake hotspot shield ga keganti tpi pas cek di uc browser kedeteksinya ge ganti

    • rrobyf January 25, 2017, 7:19 am

      Coba pake aplikasi VPN yang lain gan seperti Surfeasy.

  • Saidz April 11, 2016, 3:51 am

    berarti Android aman yah kang kalau buat buka2 Paypal, kan berarti itu IP nya gak berubah ubah :/

    • rrobyf April 15, 2016, 10:30 am

      Ya, selama ISP masih tetap, IP akan tetap sama 😀

Leave a Comment