≡ Menu

Mengatasi Force Close Pada Pengaturan SIM Pesan Di Android

Pengaturan Pesan SIM

Setiap kelebihan pasti terdapat kekurangan. Dan kekurangan selalu bisa diatasi dengan benar. Pada ponsel Android pastilah pernah menemukan semcam kesalahan sistem yang membuat orang selalu jengkel atau menyulitkan. Contohnya seperti aplikasi yang tiba-tiba tertutup tanpa ada masalah, ini bisa dikarenakan kesalahan sistem ataupun aplikasi tersebut yang mengalaimi corrupt. Tapi kebanyakan adalah mengalami corrupt pada data dan untuk mengatasi sebenarnya mudah, karena harus menghapus data tersebut, dan menyetel ulang semua pengaturan seperti sebelumnya. Tapi adapula kesalahan yang terdapat dari stock ROM, dan untuk mengatasinya juga harus menunggu update dari ponselnya.

Jika kesalahan dari stock ROM memang sulit untuk menghilangkan dan salah satu caranya harus melakukan pergantian custom ROM dan ponsel perlu diROOT terlebih dahulu. Dibeberapa ponsel chna kebanyakan memiliki kesalahan pada bagian pengaturan pesan SIM, dan ketika menuju bagian tersebut, otomatis akan langsung keluar atau bisa dibilang force close. Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan karena tidak bisa menuju pengaturan pesan SIM dengan baik untuk mengatur apapun seperti delivery report, SMSC, dan banyak lagi. Dan Saya memiliki beberapa cara alternative untuk mengatasi hal tersebut, tentunya tidak mebutuhkan ROOT.

Memiliki ponsel ROOT memang bisa digunakan lebih banyak ketimbang biasanya. Bisa mengatur sendiri ponselnya sesuai kemampuan yang dimiliki. Saya sendiri melakukan ROOT hanya untuk keperluan tersendiri dan memanfaatkan terminal dan menginstall beberapa script seperti cURL, busybox, dan lain-lain untuk membuat ponsel lebih baik dan cepat. Tapi adapula orang yang melakukan ROOT hanya untuk melakukan curang pada game yang dimainkan, tentu jika hanya dipakai untuk itu saja, tidaklah berguna. Dan banyak juga orang yang melakukan ROOT untuk membuat ponselnya lebih bertampilan keren dan sudah paham semua unsur dari ponselnya, jadi ketika ponsel mengalami brick, bisa diatasi tanpa membawa ke tukang service.

Kembali ke Pesan SIM yang keluar sendiri, hal ini bisa dipastikan aplikasi yang ada pada sistem tidak cocok dengan suatu hal yang digunakan saat ini pada ponselnya, bisa termasuk ada aplikasi lain yang mencekal, bisa dari bahasa, dan sebagainya. Jika ponsel telah di ROOT, tentu permasalahannya terbesar adalah pada aplikasi SMS yang ada di sistem perlu diganti. Dan sedangkan ponsel yang belum diROOT, ini hanya masalah sederhana yang bisa diatasi maksimal dengan factory reset. Tapi sebelum melakukan factory reset, akan lebih baik mencoba cara ini terlebih dahulu. Silahkan simak dibawah ini.

  1. Ubah Ke Bahasa Inggris – Silahkan ubah pada pengaturan Bahasa dan jadikan sebagai English. Lalu coba masuk menuju pengaturan pesan SIM, jika bisa berarti permasalahan ada pada aplikasi SMS yang ada di sistem. Untuk menanggulangi bisa menunggu update ponselnya.
  2. Hapus Data Perpesanan – Silahkan menuju pengaturan Aplikasi dan hapus data pada Perpesanan. lalu coba buka kembali pengaturan pesan SIM, jika bisa terbuka, berarti data pada perpesanan mengalami corrupt.
  3. Coba Mengunduh Aplikasi SMS Alternative – SIlahkan coba untuk mengunduh aplikasi yang berguna untuk mengirim pesan, contohnya Go SMS. Silahkan coba menuju pengaturan pesan SIM, jika bisa berarti permasalahannya ada pada aplikasi SMS yang ada pada sistem.
  4. Lakukan Factory Reset – Ini cara terakhir apabila cara diatas tidak bisa digunakan. Cukup lakukan factory reset dan Saya jamin ini berfungsi, karena bersifat mengembalikan semua pengaturan layaknya ponsel baru.

Hanya sedikit cara yang bisa Saya bagikan, dan Saya lebih menyarankan untuk mencoba dari paling atas sebelum melakukan factory reset. Biasanya cukup dengan mengganti bahasa ke English atau China tidak akan menemukan force close. Ada kemungkinan besar, ponsel yang mengalami hal sejenis ini sudah mendukung IDOS, jadi yang bersangkutan dengan bahasa masih kurang bisa ditangani. Jika ponsel yang kamu gunakan telah berstatus ROOT, cukup hapus aplikasi perpesanan pada sistem atau bisa dimaksudkan copot pemasangan. Lalu ambil file perpesanan dari firmware dan install ulang. Biasanya ini bekerja, atau bisa juga menggantinya dengan aplikasi SMS alternative. Ada banyak sekali pada Play Store dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment