≡ Menu

Cara Mengatasi Sistem File Hilang Pada Windows

Mengatasi Sistem File Hilang Atau Kesalahan

Komputer sangat rentan terjadinya virus dan virus sangat berbahaya jika sudah memasuki kawasan administrator, sehingga dapat melakukan apapun yang ada pada sistem. Berbeda dengan ponsel smartphone yang ketika terkena virus masih bisa dilakukan flash sendiri dengan mudah, sedangkan jika di komputer harus telah memiliki backup sistem untuk dapat menghapus virus, dan apabila tidka memilikinya, harus install ulang dari CD Drive. File sistem sangatlah penting dan tidak boleh sampai hilang, ada berbagai macam file yang ada pada sistem, yaitu dll, sys, dan exe. Semua itu extensi itu sangat dibutuhan untuk menjalankan program, dan jika tidak ada, maka program yang akan dijalankan, otomatis tidak dapat terbuka atau bisa saja terjadi kesalahan saat dipertengahan.

Pada artikel ini akan Saya bagikan tata cara mengatasi file sistem yang hilang, dan pada dasarnya Windows memiliki fungsi khusus untuk memperbaiki file sistem dengan cepat. Contohnya saja explorer.exe yang selalu berhenti, ini kemungkinan karena file tersebut mengalami corrupt dan harus dicek, lalu jika menjalankan sesuatu yang ada ada control panel mengalami kesalahan, ini juga bisa diatasi dengan mudah, tapi jika file hilang juga tergantung kondisi masalah yang sudah dibuatkan sebuah file berbentuk LOG untuk meninjau semua kesalahan dan apa saja yang harus diperbaiki.

Fitur perbaikan yang ada pada Windows ini tidak bisa mengatasi dengan pasti dan tergantung bagaimana kesalahan yang ada, contohnya jika file sistem sudah hilang, kadang bisa dikembalikan, tapi kadang juga tidak, karena Windows sendiri tidak menyimpan semua file sistem dan hanya sebagian saja. Tapi jika menyangkut explorer, tentu hal ini bisa diatasi dengan sangat mudah. Fitur yang ada pada Windows ini bisa dibilang melakukan proses scan yang ada pada direktori sistem dan melihat semua kesalahan hingga file yang hilang, dan fitur scan ini otomatis memperbaikinya setelah proses selesai atau 100%. Berikut ini tata cara mengatasi file sistem yang hilang atau mengalami kesalahan, silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan komputer dan klik START dan ketikan CMD lalu ENTER.
  2. Setelah itu ketikan sfc /scannow dan ENTER. Tunggu hingga proses hingga 100% maka akan dibuatkan semcam file LOG. Dan apabila sudah 100% silahkan restart komputer.
  3. Setelah restart komputer silahkan lihat file sistem yang hilang, apakah sudah ada atau belum ?
  4. Jika masih belum ada, berarti Windows tidak menyimpannya. Silahkan unduh software bernama DLLSuite
  5. Software tersebut berbayar, tapi silahkan coba cari di Google, dan jika sudah terpasang software tersebut, silahkan buka dan langung saja scan, maka akan tampil keseluruhan file sistem yang hilang dan cukup perbaiki dengan mengunduh file sistem tersebut dari DLLSuite.

Intinya, fitur scan yang ada pada Windows ini bersifat memperbaiki dan untuk mengatasi file yang hilang bisa menggunakan DLLSuite. Untuk menggunakan DLLSuite ini harus menggunakan koneksi, karena akan melakukan pengunduhan file sistem secara langsung dari software tersebut. Tidak hanya file sistem saja, dengan bantuan DLLSuite juga bisa mengatasi registry yang bermasalah dan dibersihkan, jadi sebagai saran Saya, akan lebih baik mengikuti cara Saya dari menggunakan fitur scan dari Windows, dan apabila masih belum bisa, dilanjutkan dengan bantuan software DLLSuite.

Saya sendiri telah terbantu oleh DLLSuite, akibat tidak bisa melakukan backup sistem akibat file sistem terdapat yang hilang, jadi Saya berfikir, biasanya waktu schedule perbulan backup biasanya berjalan, tapi kenapa saat hari itu tidak berjalan. Lalu ketika Saya klik pada tombol Backup Now, muncul notifikasi bahwa terdapat file pada sistem yang telah hilang dan harus mengecek ulang. Jadi langusng saja melakukan scan dari CMD, langung dan setelah melakukan itu, notifikasi yang muncul berubah dan lebih jelas, bahwa terdapat file dll dan exe yang hilang, langunsg saja Saya mengunduh DLLSuite dari Google dan setelah mengunduh semua file sistem yang hilang, akhirnya bisa melakukan backup kembali. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment