≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur Magnification Gesture Di Android

Magnification Gesture Yang ada pada Android

Android yang telah memiliki fitur Gesture pastinya sudah mendukung adanya Magnification ini. Bisa dikatakan Pembesaran dan bisa dilakukan pada semua halaman/bagian yang ada di Android. Jadi jika pembesaran biasanya hanya bisa dilakukan pada gambar, web, pesan, atau sejenisnya. Namun dengan mengaktifkan fitur Magnification ini, apapun bisa diperbesar, misalnya status bar, keyboard, semua aplikasi dan lain-lain. Dengan menggunakan fitur ini bisa memperjelas objek yang diperbesar dan cocok untuk orang yang mengalami sedikit masalah pada pnglihatan mata yang kabur dapat menggunakan fitur ini sebagai bantuan memperbesar.

Sayangnya fitur ini tidak banyak ada pada smartphone Android dan sepertinya ada pada Android 4 keatas, dan masih belum dipastikan ada pada semua Android. Fitur pembesaran selain digunakan untuk melihat lebih dekat, ini juga bisa membantu untuk melakukan pengetahuan terhadap objek yang sangat kecil, jadi sekecil apapun objek masih bisa diperbesar dengan baik dan bisa diketahui apakah itu sebenarnya. Berbeda dengan pembesaran gambar, fitur Magnification ini cara kerjanya dengan mengetuk ponsel 3 kali, setelah itu akan dalam mode pembesaran. Tapi ada sedikit kekurangan saat menggunakan fitur ini, dan hal itu mungkin tidak disukai banyak orang termasuk remaja.

Kekurangan dari mengaktifkan fitur Magnification, adalah sulitnya mengetik dengan cepat, karena kadang akan terasa berbeda dan mengalami layaknya lag padahal tidak sama sekali. Tapi jika mengetik dengan perlahan tidak akan seprti itu. Jika kamu perah mengetahui fitur Tapping Wake atau Double Tap To Wake, hampir seperti itulah fitur ini, hanya saja berbeda dalam segi kegunaan. Jadi pengguna duharuskan mengetuk 3 kali pada bagian yang sama untuk bisa menggunakan fitur Magnification, dan jika mengetuk dengan bagian yang berbeda, tentu tidak akan bekerja, jadi meski menggunakan keyboard tidak akan perbesar secara tiba-tiba dan hanya akan mengalami sedikit lambat/lag saat mengetik dengan cepat. Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan simak caranya berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan hidupkan ponsel Android dan menuju Pengaturan.
  2. Selanjutnya silahkan cari pada menu Aksesibilitas dan klik.
  3. Sekarang skrool sedikit kebawah dan cari menu Isyarat Pembesaran silahkan klik dan aktifkan.

    Mengaktifkan fitur Magnification

  4. Dan setelah itu silahkan coba dengan mengetuk ponsel tiga kali pada bagian yang sama, jika berhasil maka halaman akan membesar sesuai lokasi bagian yang diketuk.

    Mengaktifkan fitur Magnification

Mudah sekali bukan ? Seperti kata Saya diatas, fitur sejenis ini tidak banyak ada pada ponsel Android dan sepertinya beberapa sudah memilikinya tergantung operasi sistem Android yang digunakan. Tidak adanya fitur ini juga bisa dari Stock ROM yang tidak mendukung dan harus diganti dengan custom ROM. Tapi saat memilih custom ROM pastikan semua fungsinya berguna supaya tidak sia-sia menggunakannya, karena fitur Magnification tidak begitu berharga dan kemungkinan besar tidak banyak yang mengaktifkan fitur ini. Saya sendiri mengaktifkan hanya pada saat ingin mengetahui objek kecil yang terlihat aneh pada game, jadi dengan bantuan Magnification bisa melihat langsung tanpa melakukan screenshot.

Fitur Magnification ada tidak tergantung merk ponsel, pada ponsel china juga banyak yang memiliki fitur ini hanya saja jarang ada yang membagikannya jadi Saya sendiri sulit ingin mengatakan bahwa fitur ini ada pada semua ponsel Android. Cuplikan gambar yang diatas menggunakan ponsel dengan Indonesia UI, jadi mungkin saja agak berbeda menu yang ada pada ponsel yang belum menerapkan interface yang sama, tapi tata letak dan fungsinya sama saja, yaitu dengan mengetuk tiga kali pada bagian yang sama. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 2 comments… add one }
  • ramadi July 18, 2016, 10:22 pm

    gan, gue semalem aktifin magnification gesture trus gue coba tap 3 kali tapi gak respon respon. dan sekarang malah layar android gak respon, cuman respon tap 2 kali untuk aktifin layar aja. tolong bantuannya gan

    • rrobyf July 19, 2016, 11:19 am

      Sudah coba untuk melakukan restart pada ponselnya? Jika masih kendala sebaiknya melakukan reset factory.

Leave a Comment