≡ Menu

Tips Maksimalkan Performa Website Di Google Search Console

Google Search Console

Ada banyak cara untuk menjadikan website selalu terlihat urutan pertama di SERP, dan hal tersebut tidak hanya dilakukan pada website saja, namun pada webmasters tools juga harus ditingkatkan dengan baik, seperti penambahan sitemap, sebenarnya ini juga harus dicek dengan baik supaya Google bisa mengindex setiap beberapa hari untuk sebuah halaman khusus. Jadi masih ada banyak sekali website yang tidak mementingkan sitemap ini, sedangkan dengan cara memasukkan sitemap yang betul adalah salah satu cara mendapat hasil yang baik di Google. Sebenarnya tidak hanya Sitemap saja yang diperhatikan, tapi yang lain seperti konten juga harus dilihat sebarapa bagusnya untuk mendapatkan urutan awal di pencarian Google.

Ada banyak sekali mesin pencari, dan dari dulu hingga sekarang yang masih populer hanyalah Google. Mungkin karena fiturnya yang menarik dan selalu ada hal baru yang memungkinkan pengguna selalu betah, serta penampilan pencarian yang rapi dan tidak memberatkan saat diakses dalam segala kondisi jaringan maupun perangkat. Google memiliki algoritma yang selalu diperbarui, dan ketika diperbarui selalu ada website yang menghilang akibat spam, itulah kebijakan Google sejak dulu dan sekarang, Saya sendiri juga pernah mengalamai website yang terkena penalty 2 kali pada blog yang menampikan URL pencarian secara blak-blakan.

Google memiliki area khusus untuk pemilik website yang dinamai Webmasters Tools, tapi sekarang sudah berganti nama menjadi Search Console, omong-omong. Ada beberapa perbedaan dan peningkatan yang jauh lebih baik dari sebelumnya, dan saat ini pengguna sudah bisa mengatur semaksimal mungkin untuk menghasilkan urutan utama pada keyword yang sesuai dituliskan. Saat ini plugin untuk pengguna WordPress terus diperbarui guna menambah performa dan untuk pengguna website yang memakai CMS buatan sendiri, pastinya juga harus ditiru dari plugin SEO WordPress supaya mendapatkan hasil yang mantap. Salah satu plugin yang Saya pakai saat ini adalah Yoast dan memang terbukti akan keunggulannya. Tapi meski menggunakan plugin serasa masih kurang jika tidak mengatur lebih pada Search Console. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendapat hasil yang baik di SERP.

  1. Menambah Semua Subdomain – Ini hal yang bagus jika memiliki banyak subdomain pada situsnya dan pastikan bahwa subdomain tersebut tidak beranggap spam akibat IP yang digunakan sama atau memiliki duplikat konten. Jika ada, akan lebih baik lagi menambahkan https.
  2. Memilih Target Negara – Di Search Console sudah memiliki fitur ini yang kegunaannya untuk menepatkan pengunjung untuk target tertentu, jika blog berbahasa Indonesia, akan lebih baik dipilih sebagai Indonesia, karena akan mudah ditemukan oleh pengguna Indonesia, tidak perlu khawatir akan pengunjung luar karena fitur ini untuk menepatkan lebih baik untuk pengguna Indonesia dan tidak membatasi pengunjung luar untuk mengunjungi.
  3. Kirimkan Sitemap – Memasang sitemap pada Search Console ini sudah wajib dilakukan untuk pemilik website, sebab bisa meningkatkan index halaman dengan cepat dan bisa dipastikan tidak akan telat dan sesuai dengan waktu yang diatur pada sitemap. Jika kamu tidak tau menggunakan sitemap, silahkan gunakan bantuan attracta untuk membuat sitemap dengan mudah dan praktis.
  4. Pilih Versi Website – Silahkan pilih versi website yang digunakan saat ini, menggunakan www atau non www, jadi Google bisa membatasi untuk menampilkan jenis URL yang dipakai. Sebaiknya gunakan tanpa www terlebih dahulu, sehingga jika website mendapat penalty bisa dicoba untuk menambah www, ini biasanya yang dipakai untuk mengakali Google akibat penalty deindex.
  5. Perbaiki URL Error – Hal ini bertujuan supaya Google tetap bisa mengindex URL tersebut dengan benar, sebaiknya selalu perbaiki URL error sesuai yang tertera seminggu sekali, tapi jika tidak berarti error, silahkan tandai sebagai sudah diperbaiki (Mark as Fix).
  6. Gunakan fitur crawl manual – Setiap bulan pengguna diberikan 500 gratis untuk melakukan crawl manual. Silahkan gunakan fitur tersebut pada artikel yang menurun pada SERP dan saran Saya jangan melakukan lebih dari 10 URL setiap hari, cukup 5 saja itu sudah cukup.
  7. Penyempurnaan HTML – Fitur ini ada pada bagian Tampilan Penelusuran yang ada pada Search Console, yang kegunaannya untuk melihat kesalahan dalam kode HTML, contohnya dari bagian konten hingga meta yang selalu diperhatikan, jadi saran dari Google juga jangan sampai meta deskripsi hilang, sebab hal tersebut bisa menghilangkan situs dari urutan yang sebelumnya menjadi lebih merosot.

Terlihat banyak, tapi jika dilakukan dengan cepat pasti hanya akan memerlukan waktu yang sedikit sesuai kondisi website pada Search Console. Saya sarankan untuk memulai dari atas kebawah, dan yang perlu juga dari target pengunjung, sebaiknya pilih yang sebenarnya, jangan memilih bebas negara tentu akan kalah jika artikel berbahasa Indonesia dipilih United States pasti akan menurun. Saya sekarang menggunakan target pengunjung Indonesia dan pengunjung luar juga kadang ada, entah dari proxy tapi dengan mengatur seperti itu tidak mengiurangi pengunjung, tapi lebih meningkatkan, menurut Saya.

Mengatur robots.txt juga harus benar, contohnya mencegah halaman admin, dan halaman pribadi lainnya untuk ditampilkan di Google. Dan artikel spesifik yang sudah kuno/lama contohnya sejenis update aplikasi atau software yang memiliki versi baru, jadi akan lebih baik jika artikel tersebut sudah lebih dari 2 tahun dialihkan ke artikel yang baru. Dan untuk metode pengalihan gunakan HTTP 301, supaya artikel lama sepenuhnya dihapus pada mesin pencari, sedangkan jika menggunakan 404, akan tampil pada halaman yang bermasalah. Mungkin ada lebih banyak cara selain diatas, tapi jika kamu mempunyai cara yang lebih baik silahkan bagikan di komentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment