≡ Menu

Cara Membuat Efek Fokus Dan Blur Di Android

Beberapa orang pasti pernah melihat foto yang tampak blur dan hanya fokus pada bagian wajah, ini banyak digunakan fotografer untuk mengabadikan foto yang indah dan lebih baik dalam suasanannya. Apalagi ditambah semacam bokeh yang berkilauan, sungguh pemandangan yang indah jika dilihat langsung secara real, tapi apakah hanya fotografer saja yang dapat melakukan hal tersebut, tentu saja tidak, karena diponsel smartphone dengan kualitas kamera yang tinggi pasi bisa melakukan hal ini dan tentunya jika ingin hasil yang lebih berkualitas harus ada aplikasi tambahan yang sekiranya membentuk atau membuat 2 kali lipat hasil lebih baik dari kamera biasa.

Aplikasi yang akan Saya bagikan ini sangat populer dan banyak dipakai oelh pengguna Android, karena kemudahan saat digunakan dan fiturnya hanya khusus untuk melakukan penerapan fokus sesuai yang diinginkan, jadi kamu bisa mengedit gambar terserah dan diberikan blur khusus layaknya seorang fotografer. Jika ponsel yang kamu miliki memiliki kamera tinggi lebih dari 8MP pasti bisa melakukan ini dengan cara otomatis dengan cara ini, sebab lebih bagus kualitas gambar maka lebih bagus juga gambar yang dihasilkan. Aplikasi ini bernama After Fokus dan tersedia untuk platform Android. Memiliki rating 4 yang mempunyai sebutan AF pada icon aplikasinya.

Sebenarnya cukup sulit melakukan pembuatan blur efek jika dilakuakn dengan manual, karena perlu mengedit dengan kontrentasi tinggi, tapi dengan After Fokus ini, kamu diberikan kemudahan, sebab semua fitur yang tersedia hanya dihususkan untuk melakukan itu saja dan bisa pula untuk mengedit 2 gambar yang didalamnya terdapat benda, menjadi contoh yang diterapkan, kamu pasti ingin mencoba jika sudah tahu contohnya. Tersedia beberapa brush berbentuk soft brush, memungkinkan pengelapan metode blur bisa dilakukan dengan mudah meski ada yang kurang rata. Terdapat pula fitur otomatis dan manual, saat ini banyak yang menggunakan manual, karena banyak ponsel yang masih tidak mendukung otomatis, karena menurut After Fokus sendiri, fitur otomatis adalah eksperimen yang tidak semua ponsel mendukung. Berikut ini beberapa gambaran dari After Fokus untuk Android.

After Fokus Android After Fokus Android After Fokus Android After Fokus Android

Menarik bukan ? Selain ukurannya yang kecil, tampilan dari aplikasi ini juga terbilang responsive dengan navigasi yang pintar serta bantuan setiap fitur yang ada, jadi meski pengguna baru aplikasi ini tidak akan bingung karena sudah diberikan tata cara pemakaian saat awal penggunaan. Untuk cara otomatis mungkin tidak perlu ditanyakan lagi caranya, sedangkan untuk cara manual, disini Saya bisa menjelaskan sedikit cara mudahnya.
Pertama silahkan buka AF dan pilih dari gallery, lalu edit dengan manual dan pada bagian fokus silahkan usap pada wajah dan sekitarnya dan hampir mendekati rambut, lalu pada bagian MID, silahkan usap pada bagian rambut atas mendekati yang ingin diblur, karena untuk fokus lebih tajam dibanding MID, jangan lupa untuk mengedit efek bokehnya supaya lebih berkesan menarik, jika sudah tinggal klik arah panah kanan diatas dan atur ketebalan blur, ingin lens atau motion blur, lebih bagus untuk mode diam adalah lens blur. Atur juga kecerahan dan lain-lain. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini

DOWNLOAD

Aplikasi After Fokus membutuhkan Android 2.2 keatas, memiliki ukuran sekitar 8Mb, dan tidak membutuhkan cache atau data tambahan. Cobalah sesekali menggunakan aplikasi ini untuk mengedit gambar dengan sebak mungkin pasti hasilnya juga akan bagus, kecuali jika mengedit tanpa sepenuh hati pasti hasil yang ada akan tidak terlihat memuaskan menurut pribadi. Memang benar bahwa perangkat layar senuth tidak sepenuhnya digunakan untuk mengedit sesuatu yang kecil, tapi percayalah dengan After Fokus ini memiliki cara khusus yang bisa membuat pengguna nyaman saat mengedit, bisa dilihat dari fitur zoom, soft brush, dan fitur MID.

Semoga bermanaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment