≡ Menu

Beberapa Cara Mematikan Suara Kamera Di Android

Logo Mematikan Suara

Suara yang ada pada kamera kadang mengganggu saat ingin mengabadikan momen yang unik, contohnya seperti ingin memotret seekor hewan tanpa membuatnya kaget, pastinya dengan cara mematikan cahaya LED dan suara (shuuter) yang ada pada kamera. Setiap jenis ponsel biasanya berbeda-beda dalam fiturnya, ada yang bisa dimatikan suaranya, adapula yang tidak bisa sama sekali dan membutuhkan alat lainnya sejenis aplikasi tambahan, tapi kadang aplikasi tambahan masih kurang memuaskan untuk mengebadikan momen dengan kualitas yang baik, karena kebanyakan aplikasi shuuter suara kamera menggunakan eksperimen sendiri untuk menghilangkan suara tersebut dan membuat resolusi gambar menjadi berkurang.

Disini Saya memiliki beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara shutter itu dengan mudah, bisa dari Android tanpa ROOT dan yang berstatus ROOT, semuanya juga tergantung pada ponselnya. Kadang beberapa ponsel tidak perlu melakukan hal ini karena memang sudah ada fitur untuk mematikannya, tapi ada juga ponsel yang kebanyakan Android masih tidak memiliki fitur ini pada kamera utama, dan inilah kekurangan dari ROM yang ada, bukan dari kekurangan ponsel, kamu masih bisa mengganti ROM jika ingin sesuatu yang lebih, contohnya yang populer saat ini yaitu CyanogenMod, ROM paling bagus menurut Saya dan selalu diperbarui.

Mengganti ROM tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena bisa saja tidak cocok dan untuk itulah dilakukan porting terlebih dahulu, tapi untuk sebagian pengguna masih sulit untuk melakukan itu dan lebih biasa menggunakan ROM yang telah jadi atau cocok untuk perangkat yang digunakan saat ini, sebanarnya melakukan porting ROM tidak sulit apabila teliti saat melakukannya, sekali mencoba dan seterusnya akan terbiasa. Saya pernah satu kali melakukan hal tersebut guna menambah fitur yang tidak ada pada ROM asli, dan hasilnya memuaskan, tapi sayangnya kebanyakan ROM masih ada bug pada bagian thetering WiFI, tapi adapula yang cocok.

Diartikel ini Saya tidak ingin membagikan tata cara mengganti ROM atau apapun tentang ROM, tapi mengarah pada judul yaitu mematikan suara kamera pada ponsel Android, tentu disini Saya membagikan beberapa aplikasi dan cara yang sudah pernah dicoba pada ponsel lain dengan OS Android berbeda, dan Saya yakin akan bisa juga pada ponsel yang kamu gunakan sekarang. Berikut ini beberapa caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Menggunakan kabel Headset – Gunakan kabel headset yang sekiranya tidak terpakai atau rusak juga tidak masalah asalkan masih bisa terdeteksi pada ponsel, cobalah untuk mengambil gambar dengan cara ini, pasti suara kamera tidak akan muncul. Saya sarankan jika kabel headset rusak atau putus kabelnya, pastikan masih tersambung dengan karet pelindung.
  2. Gunakan aplikasi Aimera – Ini adalah aplikasi kamera layaknya b612 hanya saja memiliki kemampuan untuk menonaktifkan suara kamera dan memang berfungsi pada semua ponsel Android. Gambar yang diambil juga terlihat jelas dan tidak buram, ini juga tergantung dengan resolusi layar ponsel, jika sudah HD pasti gambar yang dihasilkan juga terlihat baik.
  3. Gunakan aplikasi Quick Camera (Hidden Camera) – Aplikasi ini bisa memotret tanpa mengeluarkan gambar dan tanpa membuka aplikasi, jadi kegunaannya seperti mata-mata, langsung sekali klik dan foto akan terambil otomatis. Selain itu gambar yang dihasilkan juga bagus karena mengukur dari MegaPiksel kamera, semakin tinggi maka semakin jernih.
  4. (ROOT) Rename nama shutter – Dengan melakukan perubahan nama, maka bisa dipastikan bahwa shutter yang sebelumnya bunyi, tidak akan lagi karena file yang ada layaknya telah dihapus jadinya kamera akan senyap. untuk melakukannya bisa menuju direktori system/media/audio/ui dan rename shutter.ogg menjadi shutter.ogg.backup.
  5. (ROOT) Gunakan Camera Sound Off – Aplikasi ini bisa mematikan suara kamera secara otomatis, jadi cara diatas bisa digunakan sebagai alterntive saja. Dengan aplikasi ini, kamu cukup menekan ON dan jika ingin mengembalikan suara lagi cukup tekan OFF. Mudah sekali bukan ?

Beberapa cara diatas sudah dicoba dan memang berfungsi, Saya sarankan untuk mencoba dari cara paling atas karena berfungsi lebih baik meski sedikit ribet. Banyak orang Indonesia yang ingin melakukan selfie misalnya tapi malu karena dikerumunan orang banyak dan jika terdengar suara kamera dan semuanya melihat diposisinya, pastilah tingkat PD akan berkurang, adapula jika ingin mengabadikan momen untuk bayi misalnya, pastilah tidak ingin membuat dia kaget, maka dengan itu kamu bisa memotretnya tanpa suara dan cahaya flash. Mungkin ada lagi cara selain diatas, jika kamu memiliki yang lebih baik lagi atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar. :mrgreen:

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment