≡ Menu

Software Alternative OpenVPN Terbaik

Mungkin banyak sekali yang belum yahu apa itu OpenVPN, sebenarnya jika dijelaskan secara langsung, OpenVPN adalah sebuah konfigurasi untuk membuat ISP pengguna beralih ke lokasi yang telah dipilih. Dengan bantuan OpenVPN kamu tidak perlu lagi terhadap koneksi yang disadap, karena dengan menggunakan OpenVPN sama seperti menggunakan VPN hanya saja OpenVPN lebih baik karena memiliki sertifikat keamanan terseniri dari file yang sudah disediakan. Saya sendiri menggunakan OpenVPN ketika menggunakan jaringan Wi-Fi suoaya lebih aman, karena siapa tahu data penting kita tiba-tiba ada yang mengambil/melihatnya, tentu itu membuat pengguna tidak nyaman saat menelusuri internet.

Kenapa menggunakan OpenVPN dibanding VPN biasa ? Jawabanya relatif mudah, karena OpenVPN lebih baik dan banyak sekali orang yang menjualnya dengan harga bulanan, tidak hanya keamanan saja namun OpenVPN juga lebih cepat dibanding VPN biasa. Jika biasanya terdapat VPN gratisan yang membagikan kecepatan yang dibatasi, apalagi jika menggunakan koneksi 4G pasti akan meresahkan apabila sambil dibatasi, tapi dengan OpenVPN bisa diterjamin unlimited, adapun limitnya namun bukan penggunaan tapi limit per hari, jadi lebih baik membeli saja dibanding mencari yang gratis, untuk membelinya sendiri bisa dari situs luar dan memang terpercaya akan kualitasnya. Ada banyak situs yang menjual akun OpenVPN, semua itu bisa kamu cari digoogle.

Di ponselpun juga bisa menggunakan OpenVPN, namun harus menggunakan bantuan aplikasi dan hanya Android 4 keatas saja yang bisa, dan untuk pengguna versi dibawahnya ponselnya harus dalam kondisi ROOTED dan menginstall yang diperlukan seperti Client, Tun, dan lain-lain. Di laptop/PC sudah disediakan sendiri software official atau bisa disebut asli, langsung dari OpenVPN, namun kualitasnya masih kurang bagus dan tidak bisa mengedit file yang berextensi .ovpn itu. Jadi untuk mengeditnya harus tahu setiap komponen yang ada pada OpenVPN, tapi jika tidak tahu, apa boleh buat, pake pengaturan yang itu saja dan pasrah menggunakannya. Tapi disini Saya akan membagikan software alternative OpenVPN yang sangat bagus dan bisa mengedit file ovpn tersebut dan tentunya sangat mudah.

Software yang Saya bagikan bernama Securepoint SSL VPN dan sudah banyak sekali digunakan oleh pengguna OpenVPN yang lainnya termasuk Saya. Banyak yang memakainya juga untuk tweak internet untuk mendapatkan gratisan. Ya perbedaan dari software ini adalah mudahnya connect dan mengedit konfigurasi dari file yang sudah ditambah, dan secara teori, banyak dari pengguna OpenVPN Client tidak bisa melakukan browsing meski sudah berstatus connected, padahal pada data history (Mobile Partner) berjalan dengan baik dan cepat, kebanyakan dari pengguna internet gratisan. Tapi dengan menggunakan Securepoint SSL VPN ini Saya bisa menjamin bahwa hal tersebut bisa diatasi. Disini Saya tidak membagikan internet gratisan, namun software alternative OpenVPN yang bernama Securepoint SSL VPN, berikut ini cuplikan gambar dari software tersebut.

Securepoint SSL VPN Securepoint SSL VPN Securepoint SSL VPN Securepoint SSL VPN

Menarik bukan ? Tampilannya yang sederhana dan kecil dan tidak membuat berat meski pada PC Entry-Low, ukurannya juga tidak besar. Untuk melakukan sambungan ke file OVPN, hal pertama yang harus dilakukan adalah menambah file OVPN tersebut. Untuk menambah silahkan klik Add dan cari filenya. Jika sudah tinggal Sambungkan dan tunggu hingga background berwarna hijau yang artinya berhasil tersambung. Jika tidak tersambung terlalu lama nanti akan diberikan notifikasi. Untuk mengedit konfigurasi juga bisa dengan menekan klik kanan dan klik Edit. Juga bisa membuat sendiri konfigurasinya jika kamu sudah tahu server yang akan disambungkan. Sejauh ini hanya software ini yang menurut Saya terbaik sebagai alternative OpenVPN dan fitur yang Saya sukai dari software tersebut adalah bisa mengedit username dan password, jadi tidak perlu lagi login sepanjang waktu karena sudah diingat dari konfigurasinya.
Securepoint SSL VPN ini juga terdapat di Sourceforge, tapi disini Saya membagikan langsung dari situs asli software ini, dan kamu bisa memilih menu paling atas untuk versi yang paling baru. Terdapat 2 pilihan, yaitu EXE atau MSI, kalau saran Saya lebih baik memilih yang EXE saja. Untuk mengunduhnya silahkan klik pada banner dibawah ini. Dan jika ada yang ingin ditanyakan lebih tentang Securepoint SSL VPN, tentang cara penggunaan atau lain-lain, silahkan berkomentar. 😀

DOWNLOAD

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment