≡ Menu

Cara Menggunakan Mouse Wireless Di PC

Mouse Wireless

Perkembangan tehnologi semakin baik setiap tahunnya, selalu ada hal baru yang memungkinkan setiap orang dapat terbantu oleh tehnologi. Bisa untuk membuat projek, bertransaksi, berkenalan, dan lain-lain. Dan tidak ketinggalan tehnologi yang terus saja berkembang adalah Laptop/Notebook. Jika jaman dahulu laptop sangat jarang dimiliki orang, tapi saat ini setiap hari laptop selalu terjual dan terus bertambah penggunannya. Di setiap laptop pastilah memiliki kelebihan terseniri, bisa dari VGA Card, Prosesor, ataupun RAM, tapi itu juga menyangkut harga yang tidak sedikit, ya karena tehnologi saat ini berkembang pesat jika dilihat 10 tahun lalu. Saat ini sudah bertebaran aksesoris laptop atau komputer yang ada di toko khusus, dan alat-alat canggih tersedia dengan harga sepadan dengan kualitas.

Contohnya Mouse, sebuah alat untuk menggeser cursor dengan mudah dan tidak terlalu rumit layaknya touch pad, dan jaman dulu Mouse memiliki kabel panjang yang jika ketika orang memainkan game akan terganngu dengan kabel yang panjang itu. Tapi saat ini sudah tersedia Mouse Wireless yang dapat membantu pengguna untuk menjalankan cursor secara bebas tanpa kabel serta jangkauannya yang luas, pastinya ini sangat diminati para gamer untuk memainkan game yang membutuhkan kecepatan mouse dalam pergerakan sejenis game shooting (tembak-menembak).

Kekurangan yang ada pada Mouse Wireless ini adalah penggunaan baterai yang kurang awet, bahkan lebih awet remote TV dibanding Mouse Wireless kecuali dengan baterai double power. Ada yang menggunakan 2 baterai, ada pula yang hanya menggunakan 1 baterai saja. Semakin mahal harganya tentu semakin bagus kualitasnya, tapi akan lebih baik dilihat-lihat dulu merek yang sesuai supaya tidak tertipu dengan harga. Saya kurang tahu kenapa banyak merk yang memiliki nama (Tech) dibelakang, tapi memang ada satu merek yang menurut Saya paling baik performanya dan berakhiran nama tech. :mrgreen: Jika kamu baru membeli Mouse Wireless akan lebih baik ketahui cara penggunaannya dengan menyimak dibawah ini.

  1. Pertama-tama silahkan buka tempat penyimpanan baterai pada Mouse, dan pasang dahulu baterainya dengan benar.
  2. Lalu silahkan cari tombol on/off pada Mouse biasanya ada pada alas Mouse, silahkan hidupkan dengan menggeser off ke on, jika sudah muncul warna merah, berarti pemasangan baterai benar, tapi jika tidak muncul warna merah, silahkan cek pemasangan baterainya.
  3. Setelah itu silahkan hidupkan komputer dan masukan USB bawaan dari Mouse. Tunggu hingga driver sukses terinstall. Jika sudah terdapat notif driver succesfully installed silahkan coba Mouse Wirelessnya, pasti sudah bisa digunakan.

Mudah sekali bukan ? Sebaiknya jangan lupa untuk mematikan tombol Mouse ketika tidak dipakai supaya baterainya tetap awet. Kurang lebih masa baterai habis tergantung penggunaan Mousenya, Jika dipakai terus menerus 24 jam, bisa-bisa 3 hari langsung habis, kalau pakai double power bisa sampai 1 mingguan, itu kalau penggunaan 24 jam. Tapi kalau cuma 3 jam sehari pasti bisa awet lebih dari 1 bulan jika menggunakan baterai double power. Saran Saya, jika punya baterai chargeable atau maksudnya baterai yang bisa di charge ulang, silahkan pakai, karena supaya tidak menguras uang untuk biaya pembelian baterai. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 11 comments… add one }
  • adihidayat November 2, 2017, 10:37 am

    kalau lampu mouse sering mati hidup itu kenapa ya,atau karena batu batrenya mau habis atau bagaimana gan ???

    • rrobyf November 3, 2017, 12:46 pm

      Itu biasanya terjadi hanya ketika mouse dalam keadaan idle dan tidak sering. Dan guna untuk menghemat daya baterai. Tapi jika hal tersebut terjadi ketika sedang memakai mouse, bisa jadi baterainya memang sudah waktunya untuk diganti.

  • p. BAS October 20, 2017, 3:55 pm

    Apa fungsi tombol cpi di tengah mouse wireless acer. Saya coba tekan tombol beberapa kali namun tidak terlihat ada effek yang berubah.

    • rrobyf October 21, 2017, 11:31 am

      CPI ini hampir sama dengan DPI gan, kegunaanya untuk mengatur sensitive mouse. Jadi agan bisa membuatnya pergerakan mousenya semakin cepat atau lambat tergantung kenyamanan.

  • Maha July 26, 2017, 2:12 am

    kalau di taskbar ada drivernya tapi gak bisa connect gimana ?

    • rrobyf July 27, 2017, 11:45 am

      Apa sudah mencoba menunggu setidaknya selama 10 menit? Karena itu adalah proses instalasi dan jika selesai maka icon driver tidak akan tampil lagi pada taskbar.

  • Aditia riki March 21, 2017, 8:54 pm

    Punya aku nggak ada tombol on offnya jadi ketika batu dipasang langsung nyala. Kemudian USB-nya aku tancapin di laptop nggak ada driver-nya . Gimana gan ?

    • rrobyf March 22, 2017, 10:14 am

      Kalo gak ada tombol on/off nya berpotensi boros baterai gan. Tapi apa mousenya bisa digunakan gan? Semua mouse pasti pertama kali menginstall driver gan walau gak diketahui dan biasanya tampil pada taskbar.

  • Mochammadai June 10, 2016, 12:38 pm

    Kalau nggak ad USB bawaanya? ?…tolong kasih tahu dong gan

    • rrobyf June 11, 2016, 11:24 am

      Wah tidak bisa, soalnya setiap membeli pasti sudah ada USBnya. Kalo tidak ada cukup kembalikan, pasti ada kan garansinya 😀

  • slamet September 22, 2015, 7:55 am

    superr sekali infonya 🙂 bermanfaat gan!

Leave a Comment