≡ Menu

Solusi IDM Error: Koneksi Ditutup Oleh Server

Error In IDM

Setiap server website pastinya pernah mengalami masa ketika website down yang mengakibatkan setiap pengunjung tidak dapat membuka website itu dan selalu timeout. Masalah itu ada beberapa kemungkinan, bisa jadi server website kurang normal, bisa jadi juga ada yang mengunduh file dari website itu terlalu tinggi yang menyebabkan website seakan terkena semacam DOS yang membuatnya tidak tahan lagi dan down. Semua website file hosting pasti memiliki server yang sangat tinggi karena setiap hari memerlukan bandwidth yang banyak sekali, kemungkinan 1TB lebih, Jika kamu menggunaan server sendiri untuk mengunduh file dan mengalami down, itulah masa terburuk yang bisa membuat file gagal terunduh kecuali jika kamu menggunakan IDM.

DI IDM setiap kejadian download yang gagal, dapat dilanjutkan kembali terserah pengguna dan mungkin beberapa orang pernah mengalami masalah “Koneksi telah ditutup oleh server”. Hal tersebut tejadi karena IDM gagal melakukan hubungan pada URL yang diunduh saat ini, sebenarnya ada 2 sebab juga, dan yang kedua adalah tidak bisa mengurai dalam banyak file. Di IDM file yang diunduh akan diurai/split dalam beberapa file, ada yang 8, 16, bahkan hingga 32 tergantung seberapa besarnya file. Kadang di file hosting hanya membatasi 2 saja untuk modus gratis. Cara yang akan Saya bagikan ini tergolong unik dan berhasil dengan pengalaman Saya sendiri. Bahkan awalnya Saya tidak percaya jika akan berhasil, tapi nyatanya memang berfungsi, berikut ini tata caranya silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan menuju Internet Download Manager (IDM) dan klik pada tab Download pada bagian atas.
  2. Lalu akan muncul beberapa mnu silahkan pilih yang Opsi.
  3. Sekarang akan ada beberapa tab lagi silahkan klik pada tab Koneksi.
  4. Sekarang coba ubah pada Jumlah kon. maks standar sebagai 1. Lalu silahkan coba lanjutkan file yang diunduh tadi apakah sudah berjalan dan tidak diputus oleh server lagi ?
  5. Jika sudah berjalan silahkan tunda/pause dulu dan ubah Jumlah kon. maks standarnya menjadi 8. Pasti sekarang bisa.
  6. Jika masih ada notif koneksi ditutup, silahkan buka IDM, lalu klik kanan pada unduhannya dan klik Property, pada bagian alamat silahkan salin URLnya dan cek pada browser apakah website tidak down atau diblokir provider ? Jika diblokir silahkan gunakan VPN terlebih dahulu.

Cara diatas tidak begitu rumit ketika sambil dipraktekan dan memang berhasil sesuai pengalaman sendiri. Saat ini IDM juga sudah memiliki fitur refresh alamat download, jadi jika link expired masih bisa diperbarui link downloadnya tanpa kehilangan proses unduhan, kan sia-sia jika sudah mengunduh file misalnya 1GB, sudah 700Mb tapi link expired, pasti bikin kesal. Sebelunmnya jangan lupa juga cek koneksi yang digunakan apakah URL website yang kamu unduh tidak diblokir, soalnya IDM kalau ada input URL direct link langsung muncul popup aja tanpa cek bisa tidaknya file yang akan diunduh.

Selain diatas, ada cara untuk memanipulasi URL website yang diblokir operator yaitu menggunakan proxy, jika di IDM dengan menggunakan proxy tidak hanya memalsukan IP address, namun juga bisa mempercepat proses download tergantung kecepatan proxynya. Jika ingin tahu silahkan cari artikelnya diblog ini. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 1 comment… add one }
  • imo February 10, 2017, 6:44 am

    Waw. berhasil.
    Ngeri Juga pengalamannya Min.
    Thaks.

Leave a Comment