≡ Menu

Kelebihan & Kekurangan Ponsel Android Yang Di ROOT

ROOT Android

Dalam bahasa ponsel Android, ROOT adalah salah satu cara untuk mendapatkan akses penuh terhadap semua file termasuk sistem, kegunaan root tidak hanya untuk memanipulasi sesuatu, namun juga berguna untuk memperbaiki suatu kesalahan pada ponsel itu sendiri. Kemungkinan besar pasti sudah banyak yang tahu tentang keunggulan dari ponsel yang bersatatus ROOT, tapi disini akan Saya bagikan juga kekurangan dari ponsel ROOTED, Meskipun tidak banyak namun hal tersebut sangatlah negative untuk dipikirkan.

ROOT pada ponsel Android bukan untuk mengupgrade ponsel itu menjadi OS yang lebih tinggi, perlu diketahui bahwa banyak sekali orang yang salah memahami istilah dari ROOT ini, misalnya setelah root bisa bikin Gingerbread ke Jelly Bean, Tentu hal tersebut tidak memungkinkan. Jadi contoh ponsel yang wajib di ROOT misalnya ponsel berbasis spreadtrum, ponsel tersebut memiliki RAM yang kecil sehingga tidak bisa memainkan game yang bagus2, namun dengan bantuan dari ROOT ini ponsel tersebut bisa memainkan game HD dengan bantuan Chainfire 3D misalnya. Tidak perlu menunggu lagi berikut ini kekurangan & kelebihan dari ponsel Android yang di ROOT, dimulai dari kekurangan. Silahkan lihat dibawah ini.

KEKURANGAN

  1. Masa Garansi tidak berlaku – ponsel yang telah berstatus ROOT akan kehilangan masa garansinya kecuali telah diunroot kembali. Saya kurang tahu soal ini tapi kebanyakan mengatakan hal yang sama persis seperti ini.
  2. Baterai cepat habis – Dikarenakan ponsel yang overclock dengan maksud seperti memaksa ponsel tersebut untuk bekerja lebih keras dibanding biasanya. Hal ini tidak untuk ponsel yang overclock (maksud dari overclock: menambah RAM, Prosessor, dan lain-lain)
  3. Mudah terkena virus – Hal ini dikhususkan bagi orang-orang yang suka menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan mengijinkan akses ROOT dari super user. Perlu diketahui bahwa suatu aplikasi bisa saja dengan mudahnya menghapus file penting termasuk pada sistem yang menimbulkan ponsel tersebut mengalami kegagalan.
  4. Bootloop – Banyak ponsel yang mengalami masalah seperti ini dikarenakan salah mengedit sesuatu pada sistem secara tidak benar. Seperti memasang font, mengedit build prop, framework res, dan lain sebagainya yang berhubungan pada sistem.

KELEBIHAN

  1. Membuka fitur yang tersembunyi – Makna dari hal ini ialah seperti menjalankan suatu fitur yang tidak ada sebelumnya seperti fitur screenshot dalam mode ROOT, Membekukan aplikasi, Menggunakan SSH, dan lain-lain
  2. Mengedit sistem – Contohnya seperti mengedit status bar supaya lebih keren dan tidak membosankan termasuk dari icon batterai, signal, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengedit lebih dari itu namun sebelumnya harus terbiasa dengan program XML
  3. Memasang CWM – Hal ini sudah menjadi kewajiban untuk menginstall recovery yang lebih baik disebut sebagai CWM, jadi dengan CMW kamu bisa melakukan backup sistem, memasang updateable ZIP seperti Custom ROM, dan lain-lain. Selain itu dengan adanya fitur ini kamu tidak perlu khawatir lagi jika ponselmu mengalami bootlop apabila kamu sudah memiliki backup, jadi tinggal restore saja dan ponsel baik seperti semula.
  4. Mamainkan Game HD – Kamu dapat memainkan game HD dengan bantuan aplikasi lain untuk memalsukan GPU pada ponselmu, mengurangi texture gambar, Contoh yang paling banyak digunakan ialah Chainfire 3D.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari ponsel yang di ROOT atau yang tidak sama sekali, kalau Saya sendiri jujur lebih suka diroot karena memiliki kebebasan dalam mengedit sesuatu, dan merubah tampilan yang lama menjadi yang baru. Perlu diketahui bahwa saat melakukan ROOT pada ponsel, dampaknya tidak ada, jadi ponselmu tidak akan kenapa-kenapa karena hanya akan menunggu hasilnya saja, hal-hal yang tidak perlu dilakukan ialah seperti mengedit build prop, menambah atau melakukan sesuatu, karena dengan salah sedikit, ponsel bisa mengalami kegagalan yang luar biasa (hard brick) dan hanya bisa di flash ulang untuk menyembuhkannya. Jadi jika kamu hanya ingin mengedit icon saja, tentu hal tersebut sangat aman sekali, atau lebih baik menambah sesuatu lebih mudah dari updateable ZIP melalui CWM karena jauh lebih aman. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment