≡ Menu

Menjalankan Kode PHP Secara Offline Di Android

Banyak sekali developer yang membuat setiap karyanya dengan bahasa program PHP. Kebanyakan orang-orang tersebut menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas yang dibuat karena bisa menjalankan program PHP melalui komputer. Tapi apakah bisa jika menjalankan program PHP di ponsel Android ? Jawabanya adalah “Tentu bisa” dan dapat juga dilakukan dengan mudah secara offline. Pastinya cara ini membutuhkan bantuan aplikasi dan untuk itu Saya sendiri memilih aplikasi yang bernama PHPRunner.

Terlihat dari namanya, PHPRunner adalah aplikasi yang dapat menjalankan program PHP yang sekiranya lengkap dan tanpa ada masalah sama sekali. Didalam aplikasi tersebut juga sudah disediakan PhpMyAdmin, pasti sudah tahu kan kegunaan dari itu ? Tentu untuk mengelola MySQL database. 😀 . Keunggulan di aplikasi ini adalah tidak memerlukan ROOT akses, tapi jika ponselnya telah diroot, akan ada fitur yang lebih seperti mengatur chmod, move file, dan lain-lain.

Saat ini di aplikasi PHPRunner telah diberi fitur file manager, jadi sambil mengedit code, dapat melihat langsung hasil dari kodenya. Namun kekurangannya justru pada menu ini, yakni background pada file editor adalah biru, sedangkan warna font untuk kode adalah hitam, jadinya tidak dapat terlihat dengan baik dan susah untuk menuliskan teks. Tapi itu tidak masalah, karena mengedit teks dengan baik dapat menggunakan aplikasi lain seperti Xplore dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini, Saya menginstall langsung WordPress dan hasilnya pun memuaskan. Semua fungsi bekerja dengan baik begitu juga pada database. Berikut ini tata cara penggunaan aplikasi PHPRunner. Silahkan lihat dibawah ini.

  1. Pertama – tama unduh aplikasinya pada bagian bawah artikel ini. Install dan buka. Selanjutnya silahkan install dulu PHP-nya dengan meng-klik tombol paling atas. Jangan khawatir proses tidak akan lama dan tanpa memakai paket data.
  2. Jika PHP telah terinstall, silahkan atur ROOT directory untuk proses pemanggilan localhost. Lalu install PhpMyAdmin. Setelah itu buka Site editor, akan ada 2 tab yaitu View dan Editor. Kegunaan untuk View untuk melihat langsung output dari kode. Sedangkan untuk Editor, adalah halaman untuk meng-edit file PHP.
  3. Untuk membuka hasil kode PHP tidak hanya di tab view saja. Tapi dapat dilakukan pada Peramban/Internet. Dan halaman utama (ROOT) adalah http://localhost:8080/. Untuk melakukan ini pastikan aplikasi PHPRunning telah ter-launch (telah diaktifkan).
  4. Untuk menjalankan PhpMyAdmin dapat langsung menuju halaman http://localhost:8080/phpmyadmin dan login dengan username root dan tanpa password.
  5. Begitu pula jika ingin menginstall engine yang memakai database untuk menyimpan data. Pada saat installasi pasti ditanyai tentang informasi MySQL database. Silahkan cantumkan seperti dibawah ini.

    Host: localhost
    User: root
    Password: (kosong)
    Database Name: mysql

    Untuk bagian password, silahkan untuk jangan mengisi apa-apa alias kosong.

  6. Mudah sekali bukan ? Aplikasi PHPRunner ini menggunakan compile PHP yang dipakai KSWEB. Menggunakan PHP versi 5.4.9 mendukung MySQL, dan menggunakan sistem operasi linux dan lighttpd. Sebenarnya di aplikasi ini menyarankan untuk membuka hasil kode melalui Opera Mobile, tapi di peramban/internet pun juga tidak ada masalah. Berikut ini cuplikan gambar yang ada pada aplikasi PHPRunner.

    PHPRunner App Banner PHPRunner App Banner PHPRunner App Banner PHPRunner App Banner

    Aplikasi ini dibuat oleh Nick Software, membutuhkan Android versi 2.3.3 keatas. Ukuran sekitar 15 Mb. Dapat digunakan secara Offline. Untuk mengunduhnya silahkan klik banner dibawah ini.

    Alamat download diatas termasuk Direct link APK dan akan diperbarui ketika aplikasi melakukan pembaruan. Jika ingin menginstall di playstore silahkan klik disini. Jika ada yang ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar. :mrgreen:

    Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 21 comments… add one }
  • Muhammad Rofi'ul Ibad November 22, 2017, 11:57 am

    Mantep gan. Jadi mudah njir 😀

  • Mas Niko April 25, 2017, 5:53 pm

    Mas ko file .htaccessnya gak berfungsi gmana yaa

    • rrobyf April 26, 2017, 11:15 am

      Tapi Saya coba untuk WordPress bisa kok gan, coba ditambah kode RewriteBase / dibagian atas

  • Alba December 29, 2016, 7:05 am

    Assalamu’alaikum.knapa ketika kta isi form username dan paswornya di kosongkan sesuai perintah,tpi pda saat kta tekan tombol “go”,tertulis”cannot log in to the mysql server”.tolong solusinya.terimakasih

    • rrobyf December 29, 2016, 7:36 am

      Coba username dan password isikan root. Atau untuk username isikan root dan pada bagian password silahkan kosongkan.

  • Yasykur September 1, 2016, 1:16 pm

    Kalau index.php di buka pake aplikasi browser lain , bisa gk

    • rrobyf September 2, 2016, 11:36 am

      Tidak semua aplikasi peramban, jadi hanya aplikasi peramban yang menggunkan akselerasi dari WebView yang ada di Android, jadi seperti OperaMini dan UCMini tidak akan bisa, karena halaman yang dibuka mengarah ke server peramban tersebut dan buka ke WebView Android.

  • dudu July 13, 2016, 7:20 pm

    nah terus kala untuk mengkompile php project ke dalam apk gimana? user gak perlu disuruh install phpRuner, jadi sudah include dalam apk. gimana caranya?

    • rrobyf July 15, 2016, 11:46 am

      Aplikasi ini hanya sejenis emulator untuk menjalankan sistem PHP & MySQL pada Android, jadi tidak akan bisa melakukan compile kedalam bentuk APK. Atau bisa dikatakan bahwa aplikasi ini hanyalah sejenis XAMPP yang berjalan pada bagian localhost saja.

  • Arief February 23, 2016, 12:23 pm

    saya sudah buat coding php dan koneksi database nya lewat pc, nah saya ingin melihat melalui android dengan php runner, tapi ada kendala ketika akan login, muncul errornya seperti ini , Fatal error:Uncaught Error:Call to undefined function mysql_connect() in /storage/emulated/0/htdocs/sto2/modul/conn.php:6 Stack trace: #0 /storage/emulated/0/htdocs/sto2/modul/login.php(3):include()#1 {main} throwin in /storage/emulated/0/htdocs/sto2/modul/conn.php on line 6

    mohon bantuannya

    • rrobyf February 24, 2016, 7:14 am

      Silahkan lihat pada koneksi menuju MySQL apakah sudah diatur dengan benar, dan pastikan semua data yang ada pada MySQL dari PC, diimport pada PhpMyAdmin di aplikasi php runner ini.

  • ghepenkphety August 27, 2015, 11:12 pm

    ini di phpmyadmin kok gak ada menu importnya ya cuma ada eksport

    • rrobyf August 27, 2015, 11:20 pm

      Gunakan alternatif seperti script “Wap phpMyadmin” silahkan cari diblog ini 🙂

  • Budi July 4, 2015, 8:55 pm

    Saya pakai androPhp

  • gazzel June 14, 2015, 1:17 am

    hp saya oppo find 5 mini r287. saat membuat koding yang isinya pengulangan dan kondisi n parsing kok hasilnya nggak muncul ya?

    • rrobyf June 14, 2015, 8:16 am

      Apa muncul hanya seperti kosong (blank page)

  • Ahmad June 3, 2015, 10:31 am

    Apakah Ini Juga Memakai PHP

    • rrobyf June 4, 2015, 3:50 am

      Bisa dijelaskan lebih detil ? Aplikasi ini untuk “menjalankan” kode PHP, baik itu sejenis script engine seperti WordPress, Joomla, dll

  • iqna May 22, 2015, 10:10 pm

    kok pas install tulisannya sayangnya php runner telah berhenti. gt? knp ya? android yg saya coba lolipop. thanks. mhn pncrhnnys

    • rrobyf May 23, 2015, 12:57 am

      Kemungkinan besar aplikasi ini belum mendukung pada versi lolipop. Akan saya bantu dengan kontak support developernya nanti.

  • Donny May 2, 2015, 3:13 pm

    Mantap dah gan,lanjut tris (y)

Leave a Comment