≡ Menu

Tips Merawat Dan Menghemat Baterai Pada Ponsel

Phone Animation Logo

Baterai sangat diperlukan untuk membuat ponsel hidup, tidak hanya untuk ponsel saja namun banyak benda lain yang membutuhkan sebuah baterai. Sebagian banyak orang menggunakan ponsel tidak menyukai dari sisi baterai, karena cepat habis. Tapi baterai yang cepat habis tentu ada akibatnya dan itu masih dapat dicegah.

Biasanya, orang sering memainkan game di ponsel atau membuka internet, padahal tidak lama tapi baterai cepat habis, itu tandanya baterai bermasalah. Saya sendiri dulu pernah mengalami akibat seperti itu dan jadinya ponsel saya harus terus di charge sambil memainkan game atau browsing di internet.

Berbagai website yang saya temukan di mesin pencari (google) ada yang dapat mengatasi masalah baterai drop, ada yang menggunakan charge duduk, baterai dibekukan, dan lain-lain. Tapi setelah saya coba cara itu tidak berguna dari yang saya praktekan sendiri. Lalu saya berpikir bahwa meski baterai memiliki kemampuan kuat, tapi sebuah baterai juga memiliki batasnya. Jadi saya membeli baterai sekali lagi dan mencoba berhati – hati dalam penggunaan dari charging baterai dan ini berhasil dan hingga sekarang baterai saya tidak ngedrop lagi. Berikut ini sedikit tips untuk menghemat dan merawat baterai supaya tidak cepat drop. Silahkan baca dibawah ini. 😀

  1. Charge ponsel (ngecas HP) sebaiknya dilakukan ketika ponsel benar benar menampilkan pemberitahuan “Baterai Lemah” jika belum, sebaiknya jangan dicharge.
  2. Melepas charge (mencopot cas HP) sebaiknya menunggu hingga baterai terisi penuh, biasakan untuk ngecas HP dalam waktu 3 sampai 4 jam.
  3. Matikan bluetooth jika sudah digunakan, karena terkadang sebagaian ponsel menelusuri device bluetooth secara otomatis.
  4. Matikan wi-fi jika tidak digunakan. Karena wi-fi akan terus menyambung ke area yang dituju terus menerus serta memperbarui daftar wi-fi tersedia.
  5. Jika sedang berada dirumah atau sedang tidak keluar rumah, sebaiknya atur kecerahan sedikit lebih gelap pada ponsel
  6. Jika perlu, Jangan menggunakan screensaver pada ponsel, cukup gunakan wallpaper saja.
  7. Gunakan wallpaper yang tidak berbentuk animasi atau berbentuk flash, akan lebih baik menggunakan wallpaper berwarna hitam.
  8. Gunakan aplikasi yang berguna untuk menghemat baterai, banyak sekali aplikasi yang tersedia dan tentunya gratis.

Hanya dengan cara diatas yang saya praktekan dan hasilnya memuaskan, jika terkadang saya harus memainkan game, memutar video, browsing internet sambil men-charge ponsel, tapi sekarang tidak perlu lagi. Cara yang saya anjurkan selalu dilakukan adalah cara utama dan kedua, sebab cara tersebut bisa membuat baterai lebih stabil. Sebagai contoh ada baterai yang cepat habis dalam waktu 30 menit jika digunakan terus menerus, tapi charge ponsel supaya penuh hingga 2 jam, itu berarti baterai itu bermasalah.

Jika ingin membeli baterai baru, Saya anjurkan untuk membeli baterai diatas 50ribu, atau kurang lebih yang memiliki harga 70ribu hingga 100ribu. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin baik. Ada pula cara untuk membuat baterai tidak kembung, silahkan baca di ARTIKEL INI. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment