≡ Menu

Cara Membuat GPRS Secara Manual Di Ponsel Nokia

GPRS MOBILE

GPRS adalah sebuah program yang digunakan untuk menyambung kepada koneksi yang menghubungkan dari paket data dan arus data. Tanpa GPRS, ponsel tidak dapat digunakan untuk mengunjungi situs di internet seperti facebook,twitter atau blog ini :D. Dan terkadang GPRS telah disediakan setiap selesai registrasi kartu perdana dan system dapat mendeteksi ponsel yang digunakan, lalu mengirimkan otomatis dan dapat diterima langsung.

Ponsel nokia adalah satu merek dari beberapa merek handphone yang didunia yang memiliki beragam fitur yang sangat baik serta selalu membuat kreasi sendiri tanpa melibatkan OS lain. Pada ponsel nokia terdapat satu fitur yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi GPRS yang dibuat secara manual, dan tata cara pembuatanya pun sangat mudah sekali.

GPRS dibagi menjadi banyak bagian seperti MMS, Roaming, Streaming, dll dan saat ini Saya hanya membagikan pembuatan untuk Web koneksi yang kegunaannya supaya dapat mengunjungi situs dari ponsel nokia yang memiliki fitur WEB. Silahkan simak dibawah ini.!

  1. Pertama-tama pastikan ponsel nokia yang dimiliki telah memakai Bahasa Indonesia, karena tutorial ini menggunakan bahasa tersebut.
  2. Setelah itu silahkan menuju menu Pengaturan => Konfigurasi => Pengaturan Konfigurasi Pribadi.
  3. Setelah berada pada menu Pengaturan Konfigurasi Pribadi, silahkan klik tombol kiri atas (pilihan) dan klik menu Tambah baru dan pilih lagi Web.
  4. Sekarang mulai proses pengeditan, untuk menu Nama account silahkan buat nama sembarang seperti PaijoGPRS. Menu Situs adalah homepage dari GPRS itu, silahkan isi http://nokia.com karena menu ini optional. Menu Nama pengguna dan Sandi silahkan kosongkan.
  5. Dibawah terletak menu bernama Gunakan titik akses pilihan silahkan pilih YA dan menu baru akan muncul yaitu Pengaturan jalur akses dan silahkan klik.
  6. Akan tampil beberapa menu lagi. Menu Proxy silahkan pilih Aktif, lalu akan muncul menu dibawahnya yaitu Alamat proxy dan Port, isikan sesuai prosedur operator. Menu Pembawa Data pilih sebagai paket data.
  7. Dibawah menu dari itu terlihat ada lagi yaitu Pengaturan Media dan silahkan klik.
  8. Setelah menuju menu yang bernama Pengaturan media, akan muncul berbagai menu didalamnya. Untuk menu Jenis akses paket data ini adalah APN, silahkan isi sesuai prosedur operator. Menu Jenis jaringan pilih sebagai Ipv4. Menu Jenis keaslian pilih sebagai normal.
  9. Ada menu yang bernama Nama pengguna dan Sandi pada halaman Pengaturan media yang menyerupai pada bagian awal. Untuk pengaturan ini harus diisi sesuai prosedur operator, karena koneksi proxy terkadang memiliki akses data username password supaya dapat dijalankan.
  10. Setelah semuanya selesai silahkan klik kembali hingga menuju halaman Pengaturan Konfigurasi Pribadi. Untuk mengaktifkannya cukup menekan tombol kiri atas (pilihan) lalu klik menu Aktifkan, dan sudah siap digunakan :D.

Jika dilihat cara diatas, ada banyak sekali yang harus dilakukan, tapi jika melakukan cara diatas sambil mem-praktekannya pasti akan terlihat sedikit. Jadi intinya hanyalah “Ada menu dibalik menu” yang membuat cara diatas terlihat panjang :).

GPRS Web dengan Jalur akses berbeda, jadi koneksi WEB hanya digunakan pada browser ponsel tanpa memakai aplikasi. Pembuatan GPRS Jalur akses tidak dapat sempurna pada ponsel nokia dan harus menggunakan pihak ketiga (aplikasi) supaya dapat sempurna. Baca artikel ini untuk membuatnya :D.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment