Cara Mengatasi Gagal Render Video di Vegas Pro

mengatasi kesalahan render pada vegas pro

Melakukan pengalihan sebuah video memang tergolong sulit apabila tidak digandeng dengan program yang pintar. Jika dihitung lebih lanjut, banyak sekali software untuk mengedit sebuah video dengan berbagai alat yang disediakan dan adapula yang gratis, namun kebanyakan adalah premium. Dengan membeli fitur premium akan diberikan fitur yang lebih baik dan tentunya dipercaya akan vendor pembuat software tersebut. Sedangkan untuk software gratis bisa digunakan untuk belajar, sebab software premium pengeditan video hanya dikhususkan untuk professional yang mengerti segala jenis dari bentuk pengalihan video maupun fungsionalnya.

Sebagai contoh, software premium yang bagus dalam pengeditan video ialah Vegas Pro diterbitkan oleh Sony. Pada dasarnya software tersebut juga sangat populer dan pernah digunakan untuk mengedit sebuah film. Tentu tidak semua orang dapat mengoperasikan dengan baik benar, karena terdapat fitur khusus yang tidak banyak diketahui. Contohnya saja ibaratkan Photoshop, adalah sebuah alat untuk mengedit gambar dengan fitur yang banyak sekali, tetapi tidak banyak orang mengetahui apa saja semua fiturnya dan banyak orang membagikan sebuah pembelajaran (tutorial) untuk menggunakan software tersebut.

Jika membahas tentang sebuah kesalahan, software apapun tentu memiliki kesalahan atau biasa disebutkan sebagai “bug”. Banyak yang mengaggap satu kesalahan saja adalah nilai yang kecil, padahal kesalahan tersebut yang membuat kinerja tidak bekerja sepenuhnya. Jadi untuk itulah sebuah program selalu memperbarui guna memperkecil nilai kesalahan hingga tidak ada. Pada Vegas Pro sendiri juga memiliki kesalahan dan ini merujuk pada spesifikasi PC. Dan kesalahan tersebut ada pada bagian render video. Bukankah hal tersbeut cukup mengganggu ? Pastinya iya, karena bagaimana cara memutar video tersebut apabila tidak dapat dilakukan render dengan format yang disediakan.

Kesalahan render tersebut hanya ditandai pada beberapa encoder video saja, dan ketika dilakukannya maka akan menampilkan pesan bahwa sistem gagal untuk melakukan proses tersebut. Mengetahui hal ini, Saya sendiri langsung mencoba untuk mencari permasalahannya dan akhirnya menemukan tata cara penyelesainnya dari pengguna yang membagikannya melalui Youtube. Ternyata hal ini mengacu pada RAM PC dibawah 4GB, menggunakan VGA kurang mantap, dan mengharuskan untuk memilih manual dari pengaturannya. Hal ini tidak akan mengaruh pada kualitas video, jadi tidak perlu ragu akan melakukan perubahan ini. Berikut ini cara mengatasi gagal render pada Vegas Pro.

  1. Pertama-tama silahkan buka Vegas Pro dan klik opsi Render As.

    Mengatasi Vegas Pro Tidak Bisa Render

  2. Selanjutnya akan muncul sebuah popup dan silahkan pilih dulu resolusi video yang diinginkan. Lalu silahkan klik tombol Customize Template pada bagian bawah.

    Mengatasi Vegas Pro Tidak Bisa Render

  3. maka akan tampil sebuah popup lagi, silahkan perhatikan pada bagian Encode Mode, pilih sebagai Render Using CPU dan dilanjutkan dengan klik tombol OK

    Mengatasi Vegas Pro Tidak Bisa Render

  4. Setelah itu, sekarang cukup klik tombol Render dan proses render video akan berjalan lancar tanpa ada kesalahan.

Mudah sekali bukan ? Ada kemungkinan lebih bahwa kesalahan ini hanya ada pada format AVC/AAC ekstensi mp4. Sedangkan untuk yang lainnya bisa berfungsi sewajarnya. Dengan mengatur untuk memilih sebagai CPU Onlyd dipastikan bahwa proses render video akan tergolong lebih lama karena tidak terbantu dengan GPU atau VGA. Kebanyakan kesalahan ini dialami oleh PC dengan VGA dibawah kualitas Intel HD Graphic yang masih tergolong rendah. Namun masih bisa melakukannya dengan memilih sebagai CPU yang digunakan untuk memproses kinerja. Untuk hasil videonya sama saja dan tidak ada kekurangan apapun selama mengedit dengan benar.

Vegas Pro adalah software premium yang sangat canggih dalam mengalihkan video untuk dijadikannya lebih baik, memiliki banyak efek sejenis transisi, pengoptimalan suara maupun gambar, dan lain-lain. Jika bisa dibilang hanya Vegas Pro saja yang bisa bekerja sangat ringan meski dijalankan pada PC low-end dan tidak pernah mengalami not responding. Mengedit sebuah video jika tidak memiliki hasilnya memang kurang memuaskan, seperti halnya proses render yang mengalami kesalahan. Pastinya jika video tidak dapat dilakukan render, pengguna tersebut sulit membagikan hasil karya dari videonya. Jika ada yang ingin ditanyakan tentang diatas silahkan berkomentar. 😀

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

28 comments
  1. Mas, kenapa ya saya ngerender sampai 12 jam tapi hasilnya renderan cuman berjalan sampai 11% pokoknya ga pernah selesai gitu mas

    1. Bisa jadi komputer tidak cukup kuat untuk melakukan render video dengan durasi yang lama. Sebagai saran, coba terlebih dahulu melakukan render untuk video durasi rendah, dan hasilnya apakah dapat diputar atau tidak?

  2. Mas,
    Saya sudah meng render video di vegas pro 11.0 dan sudah selesai,
    Tapi masalah nya, pada waktu selesai merender video nya,
    Ukuran piksernya/video nya sampek 43.9gb,
    Lalu waktu saya tonton video pun, agak macet,
    Klau boleh, kasih informasi,
    Bangaimna cara memperkecil kan video tersebut mas,
    Terima kasih

    1. Kira-kira sudah mengatur bagian resolusi output videonya gan? Jujur, Saya masih kurang tahu mengenai itu karena selama pakai Vegas Pro tidak pernah hasilnya memiliki ukuran sebesar itu walau durasi video terbilang lama.

  3. Mas ,kalo saya kan ngedit video lalu di render sudah saya setting seperti diatas rendernya lancar tapi saat dibuka di filenya hasilnya blank/hitam saja itu ngapa ya?

    1. Coba edit video yang durasinya sedikit gan misalnya 1 atau 2 menit, lalu coba render dengan cara diatas, apakah mengalami hal yang sama? Jika tidak, berarti memang PCnya gak kuat gan.

  4. mas waktu saya merender video pendek bisa, tp klo saya merender video durasi 1 jam ko malah gagal di tengah” ya mas,, padahal saya udah nunggu berjam jam,

  5. Mas leptop saya acer core i3, 1.9 Ghz, RAM 2gb. Kalo misalnya saya nambh ram 2gb, apakah bisa dalam proses render mnggunakan menu GPU? Apa sama aja pake cpu bsanya? Mohon pencerahan.

    1. Ya sepertinya bisa, karena Sony Vegas ini membutuhkan kinerja RAM yang tinggi pada saat proses render sehingga kualitas gambar juga akan tetap bagus.

  6. Gan, kenpa ya stlah di render hasilnya gambar nya jadi kya rusak gtu, kya kedip2 gtu gambarnya berubah2 warnanya, apa ya solusinya gan, mudahan bisa dibantu, thnks

  7. Mas, saya sudah edit video dngn efek2 yg ad di vegas pro 13, tp stlah dirender hasinya jadi rusak gak, padahal di previewnya bagus2 aja, tp ps stlah dirender animasi, efek, dllnya jdi rusak gitu. Tolong dibantu mas

  8. mas, saya sudah render video trus kok malah patah-patah sama lag gitu ya? Itu kenapa, mas? Bisa bantu gak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.