≡ Menu

Cara Mengatasi Suara Video Tidak Selaras di VLC

Kenyamanan dalam menonton video atau film akan terganggu apabila suara (audio) dengan gambar tidak selaras/sinkron. Itu akan membuatnya tidak masuk akal, karena mempengaruhi keseruan dalam suatu adegan tersendiri. Contohnya suara efek tertentu sejenis ledakan, alunan musik, dan lain sebagainya.

Kejadian tersebut bisa disebabkan karena kesalahan terhadap proses encoding video itu. Dan untuk mengatasinya pun bisa dengan cara melakukan encoding ulang. Akan tetapi itu akan memakan waktu yang sangat lama apabila durasi video berjam-jam.

Untuk itu, ada cara yang lebih mudah untuk menyinkronkan audio dan video tanpa harus melakukan encoding ulang. Yakni langsung melalui program pemutar media (VLC). Hanya perlu waktu satu menit saja dan menonton video bisa nyaman kembali.

Mengatasi Suara Video Tidak Sinkron pada VLC

Program VLC Media Player memberikan kemudahan dalam melakukan segala hal terhadap video yang diputar. Salah satunya adalah mempercepat atau memperlambat audio supaya lebih pas terhadap gambar. Dan cara ini nyaris sama seperti menyinkronisasi subtitle yang timingnya bermasalah.

Untuk mempercepat laju audio, kamu bisa mengaturnya dengan menekan tombol J pada keyboard. Maka pada layar akan muncul durasi berdasarkan milisecond. Sementara itu untuk memperlambat laju audio, silakan gunakan tombol K.

Sebagai contoh, video yang Saya putar mengalami keterlambatan audio sekitar 1 detik, maka Saya akan mempercepatnya hingga 1000ms atau yang setara dengan 1 detik untuk menyelaraskannya dengan gambar.

Mengatasi Suara Video Tidak Selaras di VLC

Untuk pertama kalinya mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menyelaraskannya, tapi sebenarnya ini sangat mudah dan cepat. Dibandingkan jika me-encoding ulang yang harus memakan waktu lebih lama.

Menyinkronisasi Melalui Pengaturan untuk Semua Video

Cara awal yang diatas tadi lebih disarankan karena terbilang sederhana dan cepat menggunakan shortcut. Sementara cara yang ini akan menerapkannya untuk semua video yang diputar, karena disetel di pengaturan.

Jika tetap ingin mengaturnya, silakan klik menu Tools > Effects and Filters. Kemudian menuju tab Synchronization. Dan pada bagian Audio Track Synchronization silakan diatur seberapa cepat/lambat berdasarkan detik.

Menyinkronisasi Suara Video di VLC

Contohnya ingin mempercepat laju audio untuk 1 detik, maka kamu bisa mengaturnya menjadi -1.000.

Baca juga: Menyesuaikan Kecepatan Subtitle pada VLC Player

Kesimpulan

Menggunakan cara pertama (menggunakan shortcut) lebih disarankan karena lebih cepat. Sementara cara kedua lebih dikhususkan apabila seluruh video yang ingin diputar memiliki masalah pada timing audio, sehingga tidak perlu bolak balik mengaturnya.

Jika kamu mengalami kendala saat melakukan langkah diatas, silakan berkomentar pada kolom dibawah untuk mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment