≡ Menu

Cara Menggunakan Fitur Dual Messenger di Samsung

Dual Messenger adalah fitur yang disediakan pada ponsel Samsung untuk membuka akun chat ganda terhadap aplikasi yang didukung. Fitur ini sejenis menggunakan aplikasi Paralel Space, hanya saja terbatas pada aplikasi tertentu saja.

Dengan bantuan Dual Messenger, kamu bisa mengelola dua akun sekaligus pada satu ponsel. Sangat cocok bagi seseorang yang memiliki beberapa akun, misalnya satu untuk pribadi, dan satunya lagi dipakai untuk bisnis.

Fitur tersebut telah hadir di Samsung One UI versi 1.0. Dan cara kerjanya adalah pengguna akan diminta memasang lagi aplikasi yang ingin digandakan, nantinya terdapat perbedaan dari icon antara aplikasi yang asli dan juga yang digandakan.

Cara Menggunakan Dual Messenger di Samsung

Ingat, fitur ini hanya berfungsi pada aplikasi tertentu saja. Jadi tidak semua aplikasi chat yang dapat digandakan. Namun aplikasi chat populer seperti Messenger, Telegram, WhatsApp, dan sebagainya. Nantinya aplikasi yang didukung akan ditampilkan pada layar.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan fitur Dual Messenger pada ponsel Samsung:

  1. Silakan menuju ke Pengaturan.
  2. Ketuk pada menu Fitur Lanjutan.

    Ketuk Menu Fitur Lanjutan

  3. Kemudian gulir kebawah dan ketuk menu Dual Messenger.

    Menuju Dual Messenger

  4. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin digandakan.

    Memilih Aplikasi yang Akan Digandakan

  5. Maka akan muncul dialog pada layar, silakan ketuk tombol Instal.

    Instal Aplikasi di Dual Messenger

  6. Akan muncul lagi dialog untuk konfirmasi, silakan ketuk tombol Konfirm.

    Konfirmasi Pemasangan Aplikasi

  7. Tunggu proses pemasangan selesai, dan aplikasi tersebut berhasil digandakan.

    Menggunakan Fitur Dual Messenger di Samsung

Aplikasi salinan akan muncul dengan ikon yang sedikit berbeda, sehingg kamu tidak kebingungan ketika ingin beralih dari aplikasi original dan salinan. Dan untuk menghapusnya pun juga bisa dilakukan melalui Pengaturan Dual Messenger tadi, yakni cukup tidak mengaktifkan pada aplikasi yang diinginkan. Nantinya pun akan muncul dialog untuk menghapus instalasinya.

Baca juga: Cara Mematikan Notifikasi Balon di Messenger

Mengenai Daftar Kontak Terpisah

Pada Dual Messenger juga terdapat opsi untuk mengaktifkan daftar kontak terpisah. Opsi tersebut lebih ditujukan terhadap aplikasi yang mendeteksi nomor sebagai ID akun, misalnya adalah WhatsApp.

Jadi dengan mengaktifkan opsi tersebut, kontak reguler pada ponsel akan dipisahkan dan dari aplikasi salinan tidak akan bisa melihatnya. Ini cukup berguna supaya tidak sampai salah kirim konversasi apabila sekiranya salah menggunakan aplikasi salinan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment