≡ Menu

5 Tips Mencegah Baterai Kembung pada Ponsel

Baterai pada ponsel memiliki umur sekitar 2 sampai 3 tahun sejak pemakaian. Tapi ada pula baterai yang hanya bertahan hingga 1 tahun saja akibat mengalami kembung, sehingga letak baterai pada ponsel tidak cukup dan harus diganti dengan baterai yang baru.

Baterai kembung umumnya juga mempengaruhi terhadap daya yang dimiliki, dimana tidak lagi dapat bertahan lama untuk pemakaian, atau biasa disebut sebagai ngedrop. Semua baterai bisa kembung kapan saja, dan itu tergantung dari pemakaian ponsel.

Kamu dapat mencegah itu terjadi dengan beberapa tips yang akan dibagikan disini. Dengan begitu, baterai pada ponsel kamu dapat bertahan lebih lama dan tentunya terhindar dari kembung yang berlebihan.

5 Tips Mencegah Baterai Kembung pada Ponsel

Tips Mencegah Baterai Kembung di Semua Ponsel

Beberapa tips yang dibagikan dibawah ini akan menjamin baterai kamu bisa awet dan terhindar dari kembung yang berlebihan. Namun butuh usaha untuk melakukannya. Memang kadang seseorang bisa malas untuk melakukannya, tapi yang terpenting adalah niat.

1. Jangan Gunakan Ponsel Sambil Ngecas

Aktivitas charging terhadap ponsel sebaiknya tidak diganggu, misalnya sambil dipakai untuk menelpon atau sms dalam jangka waktu lama, apalagi dipakai sambil bermain game. Ada baiknya untuk hindari tindakan tersebut mulai sekarang.

Selama tidak berada di situasi darurat, menggunakan ponsel lebih baik dalam kondisi sedang tidak di-charger. Karena tingkat panas baterai akan meningkat saat menggunakan ponsel sambil di-charger, dan itu menyebabkan kembung.

2. Batasi Penggunaan Ponsel Dalam Bermain Game

Bermain game secara berlebihan juga bisa menyebabkan baterai menjadi kembung, itu dikarenakan prosesor pada ponsel terus bekerja tiada hentinya dan mengakibatkan suhu CPU meningkat dan mempengaruhi ke baterai seiring kejadian ini berulang.

Ini akan sulit dilakukan mengingat suatu game kadang menyebabkan kecanduan, sehingga seseorang bisa-bisa saja menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain game. Jadi perlahan cobalah untuk menghemat waktu guna untuk memperpanjang umur baterai kedepannya.

3. Hindari Menggunakan Charger Duduk

Tips ini dikhususkan untuk pengguna ponsel yang baterainya bisa dicopot, alias bukan baterai tanam. Jadi seseorang kadang lebih memilih untuk menggunakan charger duduk/kodok disaat kabel USB rusak atau sebagainya.

Lebih baik membeli kabel yang baru daripada menggunakan charger duduk. Karena kebanyakan kasus sejenis ini disebabkan dari pemakaian charger tersebut dalam jangka lama. Bukan berarti tidak boleh memakainya, tapi jika menggunakan charger duduk secara terus-menerus, maka resiko kembung pada baterai akan lebih tinggi.

4. Hindari Over-Charging

Rata-rata seseorang lebih suka cara yang termudah, tapi tidak mengetahui apa resikonya. Seperti mengecas ponsel sebelum tidur dan kemudian melepasnya besok di pagi hari. Tentu itu adalah tindakan yang salah.

Untuk sekarang ini masih belum dipastikan apakah ponsel memiliki fitur pemutus daya ketika sudah penuh layaknya di laptop, jadi bukankah lebih baik untuk mencegahnya? Di luar sana banyak yang menjual stop kontak timer, itu sangat berguna sekali untuk mencegah baterai dari over-charging.

5. Jangan Melepas Baterai Saat Suhu Ponsel Panas

Memang benar bahwa suhu ponsel yang panas akan berpengaruh ke baterai, akan tetapi sebaiknya untuk tidak melepas baterai itu dan menaruhnya di tempat yang dingin. Karena itu akan berpengaruh lebih buruk lagi.

Kecuali jika kamu berencana untuk tidak menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama, maka melepas baterai adalah hal yang dianjurkan.

Baca juga: Tips Merawat Baterai Tanam Biar Awet untuk Jangka Lama

Kesimpulan

Melakukan beberapa tips diatas memang tidak bisa dikatakan mudah, karena sekali lagi bahwa semua itu butuh usaha dan niat. Cukup lakukan beberapa tips diatas secara perlahan, dan nantinya kamu akan terbiasa untuk terus melakukannya.

Jika baterai ponsel kamu sekarang dalam kondisi sudah kembung, maka tips diatas dapat diterapkan untuk mencegah kembung itu semakin besar. Tapi Saya lebih menyarankan untuk membeli baterai yang baru, sebab kebanyakan baterai kembung, kemampuan atau dayanya telah banyak menurun.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment