≡ Menu

Cara Menonaktifkan Game Bar di Windows 10

Cara Menonaktifkan Game Bar di Windows 10

Game Bar adalah fitur bawaan di Windows 10 yang memungkinkan pengguna dapat melakukan beberapa hal ketika sedang memainkan game. Contohnya seperti menangkap gambar layar, atau bahkan bisa juga merekam layar pada saat itu juga.

Secara default Game Bar memang sudah aktif, dan untuk menampilkan menu, itu dapat dilakukan dengan menekan tombol WIN+G pada keyboard, atau bisa juga dengan tombol yang ada di stick XBOX.

Sebenarnya tidak ada salahnya dalam mengaktifkan Game Bar, tapi beberapa orang mungkin memiliki kesulitan atau kendala ketika menggunakan program khusus gaming yang lainnya. Sejenis konflik terkait tombol untuk merekam layar, atau lain sebagainya. Dan kamu pun dapat menonaktifkan Game Bar tersebut dengan mudah.

Tutorial Menonaktifkan Game Bar pada Windows 10

Dengan mematikan Game Bar juga dapat meningkatkan kinerja dalam bermain game, khususnya untuk pengguna RAM dibawah 8 GB. Karena Game Bar sendiri membutuhkan kapasitas yang agak tinggi ketika menu muncul pada layar.

Berikut ini tata cara menonaktifkannya:

  1. Klik START dan pilih ikon Settings (Pengaturan).

    Klik START dan Klik Ikon Settings

  2. Kemudian klik menu Gaming.

    Klik Menu Gaming

  3. Pada Game Bar, ubah dari ON menjadi OFF.

    Menonaktifkan Game Bar di Windows 10

  4. Kini Game Bar sepenuhnya telah dinonaktifkan.

Jika Game Bar telah dinonaktifkan, setiap kali kamu masuk ke suatu game, pasti notifikasi Game Bar tidak akan muncul lagi. Serta ketika menekan tombol WIN+G pada keyboard pun tidak akan terjadi apa-apa.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

Seberapa Penting Fitur Game Bar?

Game Bar sebenarnya memiliki banyak sekali opsi untuk digunakan. Itu juga termasuk fitur relaksasi, seperti bermain game sambil mendengarkan lagu melalui Spotify. Dan adapula opsi sosial seperti menghubungi akun XBOX teman.

Jadi menurut Saya ini masih penting, mengingat pengguna juga bisa mengambil screenshot dalam game beberapa kali tanpa takut kehilangan momen.

Sementara itu apabila kamu telah memiliki aplikasi serupa yang kegunaannya untuk membantu beberapa hal pada in-game, maka Game Bar dapat dinonaktifkan supaya tidak mengakibatkan konflik. Jadi silakan dipikirkan sekali lagi untuk menonaktifkannya.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment