≡ Menu

Mengaktifkan atau Mematikan Nada Keypad Panggilan di Android

Mengaktifkan atau Mematikan Nada Keypad Panggilan di Android

Ada beberapa nada sistem yang terdapat di ponsel Android. Salah satunya adalah nada keypad panggilan yang memiliki suara bervariasi terhadap setiap angka yang diketuk. Saking hafalnya, kadang seseorang bisa mengetuk tombol tanpa perlu melihat layar, dan hanya cukup mendengarkan suaranya saja.

Semua ponsel tentunya memiliki fitur tersebut, dan di kebanyakan ponsel Android memiliki cara yang nyaris sama, baik itu mengaktifkannya atau menonaktifkannya. Dan pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengaturnya.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan Nada Keypad Panggilan Android

Sebenarnya kamu bisa mengaturnya langsung dari fitur volume, tepatnya pada volume sistem. Namun jika mengatur itu, pastinya seluruh nada sistem lainnya juga akan terpengaruh. Untuk itu, jika kamu hanya ingin mengatur untuk nada keypad panggilan saja, silakan ikuti tata cara berikut ini.

  1. Menuju Pengaturan.
  2. Ketuk menu Suara dan Getar.

    Suara dan Getar di Pengaturan Android

  3. Lalu ketuk menu Suara dan Getaran Sistem.

    Ketuk Suara dan Getaran Sistem

  4. Dibagian Nada Keypad Panggilan, silakan atur ingin diaktifkan atau dimatikan.

    Mengaktifkan atau Mematikan Nada Keypad Panggilan Android

Di beberapa ponsel mungkin memiliki nama menu yang berbeda. Bisa saja langkah ke-3 diatas adalah menu Suara Lainnya. Yang sepastinya opsi untuk mengubah nada keypad panggilan selalu berada di menu Suara di pengaturan.

Baca juga: Cara Menjadikan Tombol Volume Sebagai Tombol Power di Android

Mengaturnya Melalui Volume Sistem

Gunakan cara ini hanya sebagai alternatif, karena cara utama diatas lebih effisien. Sementara cara yang ini akan berpengaruh ke seluruh nada sistem yang ada di ponsel. Contohnya seperti suara ketukkan menu, keyboard, dan sebagainya.

Tapi kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengatur seberapa keras suara yang dikeluarkan ketika mengetuk keypad panggilan di ponsel. Dengan begitu suara yang dihasilkan dapat diatur sesuai kenyamanan.

Untuk mulai mengaturnya, silakan menuju Pengaturan > Suara > Volume. Dan cukup atur dibagian Volume Sistem saja.

Mengatur Volume Sistem di Android

Cara lain juga bisa dilakukan langsung melalui tombol volume yang ada di ponsel. Jadi setelah menekan tombol volume dan dialog muncul, kamu bisa menggulirnya kebawah untuk menampilkan opsi volume yang lain dan mulai mengaturnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment