≡ Menu

Cara Mengubah Mac Address pada Komputer atau Laptop

Setiap perangkat yang dapat terhubung ke jaringan internet pasti memiliki sebuah Mac Address yang berfungsi sebagai identitas perangkat tersebut. Layaknya seperti IMEI, kode Mac Address pasti berbeda-beda dan tidak pernah sama.

Tapi apakah mustahil mengubah Mac Address? Jawabannya adalah tidak, karena beberapa perangkat seperti router atau di komputer memiliki setelan yang memungkinkan pengguna mengubah identitas tersebut dengan alasan tersendiri.

Dan tidak semua komputer atau laptop dapat melakukannya, karena semua itu tergantung dari kompatibilitas drivernya. Dan hal semacam ini lebih sering dilakukan oleh para tester, untuk mencoba memanipulasi Mac Address atau sekedar melindungi privasi.

Tutorial Mengubah Mac Address di PC

Cara utama yang dibagikan pada artikel ini adalah melalui pengaturan driver WiFi, namun ketahui sekali lagi bahwa tidak semua driver WiFi di komputer atau laptop memiliki kemampuan untuk mengubah Mac Address. Jadi apabila sekiranya cara utama ini tidak berhasil, silakan coba cara alternatif dibawahnya.

Dan sebelum memulai tutorialnya, pastikan terlebih dahulu kamu telah mem=backup kode Mac Address saat ini. Sebab bagaimanapun juga, kode original tersebut masih sangat dibutuhkan suatu saat.

  1. Klik tombol WINDOWS+R dan ketik devmgmt.msc lalu ENTER.

    Menuju Device Manager

  2. Cari driver WiFi pada bagian Network Adapters.

    Pilih Adapter WiFi

  3. Jika sudah ketemu, klik kanan dan pilih Properties.

    Klik Kanan dan Pilih Properties

  4. Lalu menuju tab Advanced.

    Mengubah Mac Address pada PC

  5. Klik menu Locally Administered Address atau Network Address.

    Ubah Mac Address pada Komputer atau Laptop

  6. Dan ubah bagian Value dengan Mac Address yang baru.
  7. Selanjutnya klik tombol OK dibawah.
  8. Tahap terakhir, silakan restart perangkat.

Untuk mengecek berhasil tidaknya, silakan buka Command Prompt dan ketik ipconfig /all. Cek dibagian Physical Mac Address, apabila berubah dari sebelumnya, maka dipastikan berhasil.

Baca juga: Cara Mengetahui Mac Address di Android dan PC

Ubah Mac Address dengan TMac

Ini merupakan cara alternatif apabila tutorial utama diatas tidak berhasil. Jadi cara ini menggunakan bantuan program lain bernama Technitium MAC Address Changer atau yang biasa disebut sebagai Tmac, bahkan juga ada program sejenis ini yang bernama SMac.

Penggunaan dari programnya terbilang sederhana. Kamu hanya perlu membuka programnya, kemudian pilih adapter WiFi, dan setelah itu tinggal ubah Mac Address pada kolom yang telah disediakan dibagian bawah.

Mengubah Mac Address dari TMac

Seusai mengubahnya, tinggal cek langsung pada Command Prompt tanpa perlu restart, pasti Mac Address sudah dapat berubah sekarang.

Untuk mengembalikan ke Mac Address semula di program Tmac, cukup tekan tombol Restore Original. Jadi meskipun kamu tidak mencadangkan alamat Mac Address sebelumnya akibat lupa, itu tidak akan menjadi masalah karena program ini telah menyimpannya otomatis saat kamu mengubahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment