≡ Menu

Mengatasi FPS Drop Saat Bermain Game di Laptop

FPS drop atau istilahnya macet secara tiba-tiba adalah kejadian yang paling tidak disukai oleh para gamer. Itu akan mempengaruhi pengalaman dalam bermain dan juga menambah emosi. Tapi tahukah kamu mengenai penyebab dari FPS drop ini?

Ada banyak sekali penyebabnya dan itu tidak bisa disimpulkan menjadi satu hal. Karena ini tidak hanya merujuk pada performa laptop saja, melainkan bisa juga dari sisi jaringan, driver, atau bahkan dari game itu sendiri.

Tentu masih ada solusi untuk mengatasi ini. Yang perlu dilakukan sekarang adalah bersabar dan mulai melakukan beberapa tips dibawah ini supaya kendala FPS Drop tersebut tidak kembali lagi.

Mengatasi FPS Drop Saat Bermain Game di Laptop

Solusi FPS Drop pada Game di Laptop

1. Bertanya Ke Komunitas Laptop yang Serupa

Tips ini yang paling diunggulkan karena kamu bisa mendapatkan jawaban yang tepat mengenai kendala FPS drop tersebut. Jadi bergabunglah ke komunitas laptop dengan seri yang serupa. Sebagai contohnya adalah dari grup Facebook.

Pada komunitas tersebut, memungkinkan terdapat seseorang yang pernah mengalami masalah yang sama dan mau berbagi solusi mengatasinya. Jadi kesempatan berhasil akan lebih tinggi dibandingkan mencoba segala cara namun berujung tidak berhasil.

2. Turunkan Setelan Grafis pada Game

Masalah yang paling umum terjadi terhadap turunnya FPS adalah setelan grafis yang terlalu tinggi. Cobalah untuk meminimalkan beberapa hal seperti shadow, tekstur, dan lain-lain untuk melihat perbedaanya.

Akan lebih baik lagi jika kamu menurunkan juga resolusi game tersebut. Sebagai contoh dari Full HD menjadi HD. Tentunya perbedaannya akan signifikan dan FPS yang diperoleh akan lebih tinggi dari sebelumnya. Silakan dicoba saja.

3. Akibat Suhu Laptop Terlalu Panas

Memainkan game di laptop memang bagus ketika sambil di-charge, tapi lama-kelamaan suhu CPU laptop akan mulai memanas dan mengakibatkan stuttering atau FPS drop. Untuk laptop gaming, mungkin ini tidak menjadi masalah karena biasanya memiliki cooling fan ganda, tapi untuk laptop biasa pastinya butuh alat pendingin tambahan.

Belilah alat Vacum Cooler yang berfungsi untuk menghirup suhu panas dalam laptop. Dalam penurunan suhu, alat tersebut lebih bak dibandingkan memakai cooling pad. Dan untuk membelinya, bisa di toko komputer atau melalui toko online.

4. Perbarui Driver GPU

Pembaruan terhadap driver GPU kadang memberikan peningkatan terhadap performanya, sehingga apabila kendala FPS drop ini disebabkan oleh GPU, maka dengan memperbaruinya ke versi yang baru akan mengatasinya.

Untuk memperbaruinya, setiap jenis GPU memiliki cara yang berbeda-beda. Sebagai contoh apabila memakai GPU NVIDIA Geforce, itu bisa dilakukan dari program Geforce Experiments.

5. Atur Power Laptop Menjadi Best Performance

Secara default ketika laptop sambil di-charge, mode power akan langsung berubah menjadi High Performance. Silakan cek kembali dengan menekan ikon Baterai di toolbar. Dan setelah itu geser ke kanan (Best Performance).

Terdapat penurunan daya CPU apabila mode power tersebut diatur sebagai Balanced atau Baterry Life. Sedangkan jika diatur ke Best Performance tidak akan ada batasan lagi dan CPU dapat bekerja se-maksimal mungkin. Tapi ini akan berpengaruh ke suhu laptop yang meningkat.


Baca juga: Cara Memperkecil PING Ketika Bermain Game Online

Rata-rata FPS yang diperlukan untuk bisa memainkan game dengan nyaman adalah 50 keatas supaya pergerakan karakter halus dan lancar. Tapi kadang seseorang berpendapat yang lainnya. Misalnya lebih menyukai grafis game yang bagus tapi FPS rendah, dan itu termasuk memaksa kinerja perangkat.

Sebenarnya ada lagi solusi ampuh untuk mengatasi FPS Drop, yaitu melakukan overclock. Tapi itu tidak dijelaskan diatas karena cara tersebut terlalu beresiko. Jika kamu ingin melakukannya, silakan ikuti solusi pertama diatas, yaitu bertanya ke komunitas laptop yang serupa.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment