≡ Menu

Cara Menampilkan Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

Cara Menampilkan Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

Pernahkah kamu melihat kode javascript yang sulit untuk dibaca? Bisa jadi kode tersebut telah ter-enkripsi dengan alasan untuk melindungi privasi kode itu sendiri. Misalnya kode javascript dari sebuah Advertising Network, pastinya kodenya sengaja di-enkripsi supaya tidak dapat dialihkan oleh orang lain.

Melakukan enkripsi atau obfuscator sekarang ini bisa dilakukan dengan sebuah alat. Bahkan untuk melihat kode yang aslinya pun sebenarnya juga bisa, akan tetapi itu juga tergantung dari tingkat kerumitan enkripsinya.

Kabar baiknya, ada situs web atau yang menyediakan fitur untuk men-deobfuscator atau men-dekripsi kode javascript yang sulit dibaca tersebut. Dan pada artikel ini akan diberikan tata cara melakukan itu.

Melihat Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

Menggunakan bantuan dari de4js. Merupakan alat yang hanya khusus untuk melakukan deobfuscator terhadap javascript. Ada banyak varian atau jenis enkripsi yang tersedia, sehingga kemungkinan berhasil akan semakin besar.

  1. Masuk ke Halaman de4js.
  2. Kemudian pada kolom string, isikan dengan kode javascript.

    Menampilkan Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

  3. Lalu pilih jenis enkripsinya.
  4. Tunggu sebentar dan nantinya hasil akan muncul dibawahnya.

    Hasil dari Kode Javascript yang Ter-enkripsi

Pada umumnya, alat tersebut akan langsung mendeteksi jenis enkripsinya, tapi kamu juga dapat memilih secara manual apabila dirasa hasilnya tidak memuaskan. Jadi ada sekiranya 10 jenis yang dapat kamu pilih satu-per-satu.

Baca juga: Deteksi Jenis Enkripsi dengan HashID pada Ubuntu

Apakah Semua Javascript yang Ter-enkripsi Dapat Terbaca?

Jawabannya adalah TIDAK. Meski banyak sekali alat untuk melakukan deobfuscator kode javascript, tapi nyatanya juga terdapat kode yang sulit sekali untuk di-dekripsi sehingga hasil yang diperoleh hanyalah semacam beautify saja.

Maksud dari beautify adalah mempercantik kode javascript yang telah ter-minify atau cuma terdiri dari satu baris saja. Sehingga jika dipercantik, kodenya akan lebih mudah untuk dibaca.

Adapun suatu program untuk melakukan hal semacam ini, tapi jika enkripsi yang diterapkan pada kode tidak dikenali atau terlalu rumit, pastinya akan sulit juga untuk melihat kode yang asli.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment