Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Gmail adalah layanan email terbesar yang ada di internet, merupakan produk milik Google dan pengguna baru akan mendapatkan kapasitas 15GB gratis untuk mengirim atau menerima pesan dalam bentuk file.

Barangkali kamu memiliki banyak email yang tidak terpakai dan lebih memilih untuk menghapusnya, tapi terhalang karena tidak tahu bagaimana caranya. Google sendiri telah menyediakan fitur untuk menghapus Gmail, dan itu bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi bukan akun Google yang dihapus, melainkan hanya akun Gmail saja. Sehingga akun lainnya seperti Youtube, Google Play, dan lain-lain akan masih dapat digunakan dengan baik. Dan berikut ini tata cara menghapus akun Gmail secara permanen.

Tutorial Menghapus Akun Gmail

  1. Silakan masuk ke Setelan Akun Google.
  2. Klik pada tab Data & personalisasi.

    Klik Data dan Personalisasi

  3. Gulir kebawah dan klik pada menu Hapus layanan atau akun Anda.

    Klik Menu Hapus layanan atau Akun

  4. Kemudian pilih Hapus layanan.

    Klik Menu Hapus Layanan

  5. Kamu akan diminta untuk menuliskan sandi untuk melanjutkan.
  6. Klik ikon Hapus pada Gmail.

    Mulai Menghapus Akun Gmail

  7. Akan muncul dialog yang meminta untuk menuliskan alamat email. Silakan tuliskan alamat email selain Gmail, misalnya dari Yahoo atau Outlook.

    Proses Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

  8. Dan tekan tombol Kirim Email Verifikasi.
  9. Selanjunya buka akun email yang kamu tulis tadi dan klik tautan verifikasinya.
  10. Centang pada persetujuan dan klik tombol Hapus Gmail.

Kini akun Gmail berhasil dihapus permanen, dan kamu takkan bisa lagi menggunakan alamat itu untuk mengirim atau menerima pesan dari siapapun. Tapi akun lainnya seperti Youtube, Google Drive, dan sejenisnya akan masih dapat digunakan, hanya saja proses masuknya harus menggunakan alamat email lain yang telah kamu tulis tadi.

Baca juga: Mencadangkan Seluruh Pesan pada Gmail

Apa yang Terjadi Terhadap Semua Pesan pada Akun yang Dihapus?

Semua pesan akan terhapus secara permanen dan pastinya takkan bisa dikembalikan lagi. Google juga menyediakan fitur untuk mencadangkan seluruh pesan di Gmail, dan mungkin itu berguna untukmu sebelum melakukan langkah diatas.

Seseorang yang mengirimkan pesan kepada akun gmail yang telah dihapus akan mendapatkan balasan dari sistem bahwa pesan tersebut gagal dikirim ke alamat tujuan. Itu tandanya, alamat gmail kamu seolah takkan pernah terdaftar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *