≡ Menu

Cara Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

Cara Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

Siapa sih yang belum tahu tentang Dolby? Setiap kali menyebut nama itu, pasti akan membahas mengenai Audio. Sederhananya dengan bantuan Dolby ini, suara keluaran (audio) akan terasa lebih bagus dari normal.

Dolby tersedia untuk banyak perangkat, baik di ponsel, headset, atau bahkan di PC sekalipun. Sensasi saat mengaktifkan Dolby Audio akan terasa baik saat menggunakan headset, dan tentunya kualitas audio semakin bagus.

Dolby Audio juga tersedia di kebanyakan laptop, dan untuk mengetahui mendukung tidaknya, biasanya ada logo Dolby di perangkat atau di dosbook. Pengguna diberikan akses untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Dolby Audio, dan artikel ini akan membagikan caranya khusus untuk Windows 10.

Cara Aktifkan Dolby Audio pada Windows 10

Mohon diketahui terlebih dahulu bahwa cara ini hanya khusus untuk perangkat Windows 10 yang telah mendukung Dolby Audio, jadi apabila PC/laptop yang kamu gunakan tidak mendukungnya, maka cara ini takkan bisa diterapkan.

  1. Klik kanan pada ikon volume dan klik Sounds.

    Klik Kanan Ikon Volume dan Pilih Sounds

  2. Silakan menuju tab Playback.

    Klik Tab Playback

  3. Klik kanan pada Speakers dan pilih Properties.
  4. Kemudian klik tab Dolby Audio.

    Mengaktifkan Dolby Audio di Windows 10

  5. Tahap terakhir adalah menekan tombol Turn ON terhadap Dolby Audio.

    Aktifkan Dolby Audio pada Windows 10

Jika sudah berhasil diaktifkan, silakan lihat perbedaan dari sebelumnya, mungkin yang dirasakan pertama kali adalah suara lebih keras, dan setelah itu coba rasakan juga bass dan treblenya.

Untuk mengetahui perbedaan lebih detail, silakan matikan dan hidupkan Dolby Audio saat sedang memutar lagu. Memakai headset juga lebih disarankan untuk bisa mengecek tingkat perbedaanya.

Baca juga: Cara Mengatur Ekualiser pada iTunes atau Apple Music

Tab Dolby Audio Tidak Ada?

Saat mengikuti langkah ke-4 diatas, pasti akan ada tab Dolby Audio yang muncul apabila perangkat mendukungnya. Tapi apabila tidak ada disitu, silakan kembali lagi ke bagian Playback dan pilih driver audio speaker yang lainnya.

Namun jika masih belum muncul, kemungkinan terdapat perbedaan setelan untuk mengaktifkan Dolby Audio terhadap perangkatnya, untuk itu Saya sarankan untuk menghubungi layanan support terkait merk PC/Laptop yang digunakan atau mencari di Google sesuai tipe perangkatnya untuk mengaktifkan Dolby Audio tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment