≡ Menu

Cara Ganti Nada Dering dan Notifikasi di Android

Nada dering dan notifikasi pada ponsel memiliki peranan yang sangat penting sebagai pengingat terhadap ponsel. Nada dering biasanya akan berbunyi ketika terdapat telepon masuk, dan sementara untuk nada notifikasi akan berbunyi ketika terdapat suatu pemberitahuan pada ponsel, baik itu pesan atau dari suatu aplikasi.

Mengubah nada dering dan notifikasi di Android sangatlah mudah dan sebenarnya tak ada bedanya jika menyamakan pada ponsel jadul sekalipun. Karena pastinya fitur nada dering tersebut selalu ada pada bagian pengaturan.

Jika kamu baru saja memakai ponsel Android, mungkin itu akan sedikit sukar untuk mengatur segala hal termasuk pengaturan nada karena belum terbiasa. Dan artikel ini akan membantu kamu untuk mengatur atau mengganti nada dering standar dengan nada lain yang tersedia pada ponsel.

Cara Mengubah Nada Dering dan Notifikasi Android

Secara umum suatu ponsel Android telah menyediakan puluhan nada dering dan juga notifikasi, mungkin itu bisa lebih banyak tergantung dari merk ponselnya. Tata cara mengubah nada dari keduanya juga nyaris sama, karena berada di satu bagian di pengaturan. Berikut ini caranya:

  1. Buka Pengaturan, lalu ketuk menu Suara dan Getar

    Ketuk Suara dan Volume pada Pengaturan

  2. Silakan gulir kebawah dan ketuk Nada Dering atau Nada Notifikasi

    Memilih Antara Menu Nada Dering atau Nada Notifikasi

  3. Setelah itu, cukup pilih Nada mana yang ingin digunakan dan ketuk tombol OK untuk menyimpan.

    Menyetel Nada Notifikasi dan Nada Dering di Android

Ingat sekali lagi, bahwa nada dering dan notifikasi itu berbeda. Tapi tata cara menyetelnya pun sama saja seperti cara diatas. Intinya pada bagian pengaturan suara, kamu dapat memilih opsi antara nada dering atau nada notifikasi, dan kemudian memilih nada yang diinginkan.

Mengapa Nada Notifikasi di Suatu Aplikasi Berbeda?

Tentunya kamu akan menjumpai bunyi nada notifikasi yang berbeda dari yang telah kamu atur sebelumnya, salah satunya adalah Facebook. Hal tersebut disebabkan karena aplikasi tersebut menggunakan setelan nada notifikasi sendiri sehingga mengabaikan nada yang telah diatur pada pengaturan.

Biasanya aplikasi seperti itu memiliki setelan tersediri didalamnya untuk mengubah nadanya. Kebanyakan aplikasi yang menerapkan nada miliknya sendiri adalah sejenis sosial media dan chatting.

Baca juga: Cara Lacak HP Samsung dengan Fitur Find My Mobile

Mengapa Nada Dering dan Notifikasi Tidak Berbunyi?

Untuk kendala ini, silakan cek kembali apakah kamu telah mengatur nada dengan benar. Karena terkadang kita tidak sadar jika sebelumnya mengaturnya sebagai Hening, sehingga itu sama saja seperti menonaktifkan keluaran suara terhadap segala pemberitahuan.

Selain itu, cek juga apakah saat ini ponsel berada pada modus Getar dan ubah menjadi Modus Umum atau Suara supaya nada tidak diheningkan oleh sistem. Karena jika pada modus getar atau modus sunyi, pastinya segala nada pemberitahuan akan disenyapkan.

Akhir Kata

Apakah kini kamu telah berhasil mengubah nada dering atau notifikasi pada ponselnya? Hanya perlu tiga langkah saja dan kamu sudah berhasil melakukannya. Jika pun kamu kesulitan atau memiliki pertanyaan mengenai cara diatas, silakan untuk berkomentar.

Semoga bermanfaat dan Selmaat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment