≡ Menu

Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui pada Google Drive

Cara Mengatasi Batas Kuota Terlampaui pada Google Drive

Banyak orang menyimpan file di Google Drive dengan tujuan untuk membuat file tersebut tetap aman dan tidak hilang. Segala jenis file di Google Drive juga dapat dibagikan kepada publik dengan mudah. Akan tetapi Google pun memberikan batasan untuk total unduhan file tiap harinya.

Sehingga jika file telah diunduh oleh banyak orang dalam waktu cepat, maka itu takkan tersedia sementara sampai hari selanjutnya. Pada halaman tersebut akan muncul peringatan “Batas Kuota Terlampaui” atau “Quota Limit Exceeded“.

Apabila notif tersebut muncul, maka tombol download akan menghilang, sehingga pengguna takkan bisa mengunduhnya. Tapi ada cara untuk membuat file tersebut dapat diunduh kembali, dan ini hanya membutuhkan sedikit trik saja.

Solusi Batas Kuota Terlampaui di Google Drive

Tidak butuh waktu yang lama untuk bisa kembali mengunduh file tersebut. Intinya kamu hanya perlu menyalin file target ke dalam akun Google Drive milikmu. Jadi pastikan kamu telah memiliki akun Google. Dan berikut ini langkah mengatasi batas kuota terlampaui saat download file di GDrive.

  1. Silakan masuk terlebih dahulu ke Google Drive.
  2. Kemudian akses file yang ingin diunduh.
  3. Pada URL file tersebut, hapus parameter &export=download dan ubah uc menjadi open. Kemudian akses URLnya. Berikut ini contohnya:

    SEBELUM

    https://drive.google.com/uc?id=qWG1Xv_pilK-gUFrIAJKgievQ&export=download

    SESUDAH

    https://drive.google.com/open?id=qWG1Xv_pilK-gUFrIAJKgievQ

  4. Setelah itu, buka akun Google Drive dan klik menu Dibagikan dengan saya.

    Klik Menu Dibagikan dengan Saya

  5. Nantinya file tadi akan muncul disana. Silakan klik kanan dan pilih Buat salinan.

    Pilih Menu Buat Salinan

  6. Dan silakan kembali ke menu Drive Saya dan download file dari hasil salinan yang telah dibuat.

    Solusi Batas Kuota Terlampaui

Jadi secara keseluruhan, file yang telah dibatasi unduhannya oleh Google masih dapat disalin dengan akun Drive yang lain. Cara diatas sangatlah mudah dan cepat, namun untuk pertama kalinya, mungkin akan membutuhkan sedikit waktu untuk melakukannya.

Baca juga: Tutorial Menghapus Seluruh File pada Google Drive Sepenuhnya

Mencari Hasil File Salinan di Google Drive

Setelah berhasil menyalin file tujuan, kamu hanya perlu menunggu beberapa detik dan nantinya akan muncul file bernama Salinan_NamaFile. Itulah file yang berhasil disalin dan dapat kamu unduh sekarang.

Jika file dengan nama Salinan tidak kunjung muncul, silakan reload halaman Google Drive, pasti nantinya akan muncul. Dan pastikan juga kapasitas memori Google Drive kamu masih tersedia untuk menyalin file tujuan, karena apabila tidak cukup, tentunya proses menyalin akan gagal.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment