≡ Menu

Cara Mengaktifkan Screensaver di Windows 10

Cara Mengaktifkan Screensaver di Windows 10

Tujuan adanya Screensaver sebenarnya bukan untuk menghias monitor dengan adanya objek yang terus bergerak. Namun digunakan untuk melindungi layar monitor tersebut dari gejala burn in, yang mana itu biasa terjadi pada jenis monitor lawas seperti CRT.

Sementara itu untuk jenis monitor modern saat ini tidak perlu mencemaskan lagi terhadap burn in, baik itu di komputer ataupun laptop. Tapi Windows 10 pun masih menyediakan fitur Screensaver yang dapat diaktifkan.

Jadi untuk sekarang ini Screensaver bisa digunakan untuk menghias layar supaya lebih menarik dalam keadaan idle. Kamu juga bisa mengatur kapan itu tampil, dan terdapat beragam Screensaver yang dapat dipilih.

Tutorial Mengaktifkan Screensaver pada Windows 10

Pada Windows 10, kamu bisa menghidupkan atau mematikan Screensaver dengan mudah dari fitur bawaaan. Sebenarnya pengguna juga bisa melakukan itu melalui Registry, akan tetapi itu terlalu ribet untuk dilakukan, sehingga tutorial ini mengajarkan cara yang paling termudah untuk mengaktifkan Screensaver.

  1. Klik START/SEARCH dan ketik Change Screen Saver lalu ENTER.

    Klik Change Screen Saver pada START

  2. Pada opsi Screen Saver, kamu bisa memilih jenis tampilan yang diinginkan, misalnya Bubbles.

    Mengaktifkan Screensaver pada Windows 10

  3. Lalu dibagian bawah terdapat opsi untuk mengatur kapan screen saver itu muncul, silakan atur sesuai yang diinginkan.

    Menghidupkan Screensaver di Windows 10

  4. Untuk menerapkannya, klik tombol OK.

Setelah mengaktifkannya, kini kamu bisa menunggu beberapa menit sesuai waktu yang telah diatur tadi, dan Screen Saver akan segera muncul pada layar.

Dan untuk beberapa tampilan, kamu bisa mengaturnya dengan meng-klik tombol Settings dibagian kanan. Misalnya untuk tampilan Foto yang berganti, kamu dapat mengatur kecepatan dan direktori foto yang ingin ditampilkan.

Baca juga:

Menonaktifkan Screen Saver pada Windows 10

Apabila kamu merasa Screen Saver tidak lagi berguna, itu bisa diaktifkan dengan cara yang hampir sama seperti diatas. Yaitu pada bagian Screen Saver, cukup pilih sebagai None dan lanjutkan menekan tombol OK dibagian bawah.

Menonaktifkan Screen Saver

Tidak perlu me-restart komputer, karena setelan akan langsung mengefek setelah kamu meng-klik tombol OK.

Kini kamu telah mempelajari bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan Screensaver pada Windows 10. Walau itu sudah tidak diperlukan untuk jenis monitor modern saat ini, tapi masih bisa dipakai untuk menghias layar supaya terlihat lebih menarik.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment