≡ Menu

Mengatasi “Item tidak tersedia di negara Anda” pada Play Store

Ingin menginstal aplikasi tapi tidak bisa akibat muncul item tidak tersedia di negara? Itu berarti aplikasi yang hendak kamu instal hanya tersedia di negara tertentu saja dan tidak tersedia untuk negara Indonesia.

Tapi ada kok cara untuk membuat aplikasi tersebut dapat dipasang melalui Play Store. Yaitu dengan sedikit trik untuk mengubah lokasi pada Play Store menjadi negara lain. Dan tentunya cara ini aman untuk dilakukan.

Jadi ada dua cara yang tersedia untuk memasang aplikasi yang terkena batasan negara di Play Store. Sehingga kamu bisa memasang aplikasi yang kompatibel dan terbaru tanpa khawatir aplikasinya tidak cocok terhadap ponsel lagi.

Mengatasi

CARA PERTAMA: Mengubah Lokasi Negara Play Store

Cara ini akan memanfaatkan layanan VPN untuk mengubah lokasi negara. Jadi pertama-tama unduh aplikasi VPN terlebih dahulu di Play Store. Ada banyak aplikasi VPN, kamu bisa memilih salah satu yang gratis.

Jika VPN sudah disiapkan, kini lakukan langkah dibawah ini untuk mulai mengubah lokasi negara di Play Store.

  1. Silakan ke Pengaturan > Akun > Google. Dan logout dari akun Google yang sedang digunakan.

    Logout dari Akun Google

  2. Selanjutnya menuju Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store. Dan HAPUS DATA pada aplikasi Play Store.

    Hapus Data pada Play Store

  3. Sambungkan VPN ke negara Amerika (United States).

    Menggunakan VPN Amerika

  4. Jika VPN sudah terhubung, silakan buka Play Store dan login dengan akun Google.

    Mengubah Negara di Play Store

  5. Sekarang silakan cek, pasti aplikasi sudah bisa dipasang tanpa ada notif item tidak tersedia.

    Notif Item Tidak Tersedia Sudah Hilang

CARA KEDUA: Mengunduh Aplikasi dari Situs Web

Jika cara pertama menurut kamu terlalu ribet untuk dilakukan, maka satu-satunya opsi memasang aplikasi yang terdapat batasan negara adalah melalui situs web penyedia aplikasi seperti Apkpure, Apkmirror, dan sejenisnya.

Kamu bisa mengunduhnya dalam format APK dan memasang secara manual. Dan ketahui bahwa cara ini juga memiliki kekurangan, yaitu kamu takkan menerima pembaruan terhadap aplikasi itu di Play Store. Jadi untuk memperbarui versi aplikasi, itu harus dilakukan secara manual juga.

Baca juga: Cara Redeem Google Play Gift Card dengan Mudah

Kesimpulan

Baik cara pertama ataupun kedua, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya cara pertama sangat lama dan sedikit ribet untuk diterapkan, akan tetapi pada akhirnya kamu dapat memasang aplikasi tersebut langsung dari Play Store.

Sedangkan cara kedua dapat dilakukan sangat cepat, yakni cuma mengunduh APK dari website dan menginstalnya, cuma nantinya kamu takkan mendapat pembaruan terhadap aplikasi itu dari Play Store.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment