≡ Menu

Mencadangkan Seluruh Pesan pada Gmail

Mencadangkan Seluruh Pesan pada Gmail

Apakah akun Gmail kamu penuh dengan sesuatu yang penting? Tentulah sangat penting untuk mencadangkannya untuk membuatnya tetap aman. Dan Google pun telah menyediakan fitur untuk melakukan backup seluruh pesan email dengan sangat mudah.

Google Takeout adalah nama dari fitur tersebut. Kegunaannya adalah untuk mencadangkan hampir seluruh produk Google termasuk Gmail. Jadi dengan bantuan fitur itu, proses mencadangkan pesan bisa dilakukan sangat cepat.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, bisa dilakukan melalui komputer maupun ponsel. Dan pada artikel ini akan dibagikan cara sederhana untuk mencadangkan pesan di Gmail melalui Google Takeout.

Cara Mencadangkan Seluruh Pesan Gmail

  1. Silakan buka Google Takeout dan pastikan kamu telah masuk ke akun Google.
  2. Pada bagian Select Data To Include, cukup centang pada Mail

    Mencentang pada Mail

  3. Kemudian gulir kebawah dan klik tombol Next Step

    Klik Tombol Next Step

  4. Setelah itu ada beberapa opsi yang bisa diatur, seperti tipe file backup (ZIP atau TGZ) dan lain-lain. Sebagai saran tetapkan default dan langsung klik tombol Create Archive

    Klik Tombol Create Archive pada Google Takeout

  5. Dan proses mencadangkan kini akan berjalan.

    Proses Mencadangkan Seluruh Pesan Gmail Sedang Berlangsung

Setelah melakukan persis seperti langkah diatas, pada akhirnya Google akan memulai proses mencadangkan. Dan kamu bisa menutup halaman tersebut, karena nantinya akan mendapatkan berkasnya melalui email yang dipakai saat ini.

Baca juga: Cara Menjadwalkan Pengiriman Pesan Email di Gmail

Berapa Lama Proses Backup Email di Google Takeout?

Ini tergantung dari banyaknya pesan email yang kamu miliki. Mungkin membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan sampai satu hari. Tapi kamu tak perlu menunggu pada halaman itu, sebab nantinya email dari Google akan masuk dan memberikan keseluruhan file cadangan.

File Backup Dikirimkan Melalui Email Oleh Google

Secara default, file cadangan diatur dengan maksimal ukuran 2GB. Jika lebih dari itu, maka Google akan memisah atau melakukan split menjadi beberapa file yang nantinya juga akan dikirimkan melalui email.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment