≡ Menu

Cara Mengaktifkan Fitur WiFi di Laptop dan PC

Peranan Wifi pada perangkat komputer dan laptop sangatlah penting untuk membuka internet dengan cepat dan stabil. Fitur Wifi tersebut biasanya telah tersedia di laptop dan bisa langsung digunakan, namun bagaimana dengan perangkat komputer (PC)?

Pada Windows 10 pun navigasi yang disediakan nyaris sama seperti panel notifikasi yang ada di ponsel. Dimana pengguna dapat menghidupkan ataupun menonaktifkan fitur Wifi dengan sekali klik saja. Tapi adapun hal yang membuat Wifi tersebut tidak bisa dihidupkan dan harus diaktifkan secara manual.

Beli Adapter USB WiFi untuk Komputer

Seperti yang Saya katakan pada paragraf pertama, bahwa komputer tidaklah dilengkapi dengan fitur Wifi, sehingga kamu harus membeli adapternya terlebih dahulu. Berikut ini contoh adapter USB Wifi yang harus dibeli.

USB WiFi Adapter

Jika sudah membelinya, silakan tancapkan adapter tersebut pada port USB yang tersedia di CPU. Kemudian instal drivernya dan pasti kini fitur Wifi sudah dapat digunakan.

Untuk harganya kisaran sekitar 100 ribu rupiah. Mungkin itu bisa kurang atau lebih tergantung dari lokasi masing-masing. Dan untuk instalasi drivernya, itu tersedia pada CD yang tersedia pada paket. Menginstal driver sangatlah penting guna untuk bisa menggunakan adapter USB Wifi tersebut.

Mengaktifkan Fitur WiFi di Windows

Sementara diatas tadi hanya dikhususkan untuk komputer saja. Untuk kali ini lebih dikhususkan untuk keduanya, baik itu laptop maupun komputer.

Jika kamu menggunakan Windows 10 dan fitur Wifi telah tersedia, pasti signal yang tampil di taskbar tidak akan muncul tanda X seperti ini:

Signal WiFi Muncul Tanda X Merah

Dan untuk mengaktifkannya, cukup klik pada ikon signal di taskbar, kemudian klik pada opsi Wi-Fi untuk mulai mengaktifkannya. Berikut contoh gambarannya.

Mengaktifkan WiFi di Komputer atau Laptop

Namun jika sekiranya masih muncul tanda X merah dan tak dapat menggunakan Wifi, itu berarti adapter Wifi pada komputer maupun laptop belum aktif. Dan untuk mengaktifkannya, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Klik kanan pada ikon jaringan di taskbar.
  2. Klik pada Open Network & Internet settings.

    Klik Open Network and Internet Settings

  3. Selanjutnya klik menu Change adapter options.

    Klik Change Adapter Options

  4. Lalu klik kanan pada adapter Wifi yang digunakan.

    Mengaktifkan Fitur WiFi di Laptop dan Komputer

  5. Pilih opsi Enable untuk mengaktifkan.

Selesai, kini fitur Wifi pasti sudah dapat digunakan kembali dan ikon signal pada taskbar takkan lagi muncul tanda X merah dan dapat langsung memindai jaringan Wifi di sekitar.

Baca juga: Tips Supaya Wifi Tidak Dibobol Orang Lain

Bagaimana Jika Adapter Wifi Tidak Muncul?

Sudah mencoba cara diatas namun tak menemukan adanya adapter wifinya? Wah itu masalah lain, karena bisa jadi drivernya hilang dan perlu dipasang ulang. Jadi untuk pengguna komputer, cukup instal ulang saja drivernya dari adapter USB wifinya dan kemudian adapter akan muncul kembali.

Sedangkan untuk perangkat laptop, cukup restart komputernya saja. Biasanya sistem secara otomatis akan menginstal driver yang hilang. Dan jika ini tidak berhasil, maka lakukan system recovery untuk mengembalikan driver yang hilang tersebut.

Kesimpulan

Sederhananya, komputer membutuhkan alat tambahan sedangkan laptop tidak. Itulah yang membuat laptop menjadi perangkat portable, dimana segalanya sudah terpasang di dalam dan bisa digunakan tanpa alat tambahan lain.

Jika kamu memiliki kendala dalam mengaktifkan fitur Wifi di komputer atau laptop, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar supaya mendapatkan solusinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment