≡ Menu

Cara Matikan Autoplay Video di Youtube

Fitur Autoplay yang ada di Youtube sudah tersedia sejak lama. Tak hanya di aplkasi saja, namun juga tersedia pada versi WEB. Sedangkan terdapat tambahan autoplay di aplikasi Youtube ponsel, dimana video akan terputar otomatis pada bagian beranda.

Secara umum, fitur autoplay hanya akan diaktifkan ketika ponsel kamu menggunakan jaringan WiFi. Sedangkan apabila memakai data seluler, otomatis akan dinonaktifkan guna untuk menghemat pengeluaran data.

Tapi bagi kamu yang tidak meng-inginkan fitur autoplay tersebut meski saat ini sedang menggunakan WiFi, itu juga bisa dinonaktifkan. Dan artikel ini akan menjelaskan bagaimana melakukannya.

Cara Matikan Autoplay Video di Youtube

Menonaktifkan Fitur Autoplay di Aplikasi Youtube

  1. Buka aplikasi Youtube
  2. Ketuk pada foto profil dipojok kanan atas

    Menuju Foto Profil Youtube

  3. Pilih menu Setelan

    Menu Setelan di Youtube

  4. Selanjutnya menuju menu Autoplay

    Ketuk Menu Autoplay

  5. Jangan aktifkan pada opsi “Autoplay Video Berikutnya

    Tidak Mengaktifkan Opsi Autoplay Video Berikutnya

  6. Dan untuk opsi Autoplay di Beranda, atur sebagai Nonaktif.

    Mengatur Sebagai Nonaktif pada Autoplay di Beranda Youtube

Ketika fitur autoplay sudah dimatikan, tentunya video yang tampil pada Beranda Youtube tidak akan diputar otomatis lagi. Dan ketika kamu memutar video, kemudian durasinya telah habis, maka Youtube takkan memutar video selanjutnya secara otomatis.

Menu Autoplay Tidak Ditemukan di Pengaturan?

Barangkali kamu memiliki kendala lain, dimana ketika mencoba mengikuti langkah diatas terdapat masalah tersendiri, yaitu menu Autoplay yang tidak tersedia. Hal tersebut disebabkan karena saat ini kamu menggunakan aplikasi Youtube versi lama.

Supaya menu Autoplay muncul pada Pengaturan, kamu harus memperbarui terlebih dahulu aplkasi Youtube pada Play Store. Dan jika misalnya tidak ada pembaruan yang tersedia, sangat disarankan untuk menginstal ulang aplikasi Youtube.

Baca juga: Solusi Filter Youtube yang Tidak Berfungsi

Menonaktifkan Autoplay Youtube pada Desktop

Untuk pengguna PC, tentunya sangat mudah sekali untuk menonaktifkan fitur autoplay ini. Karena opsi itu tersedia pada sisi kanan video yang diputar sekarang ini. Dengan menonaktifkannya, video selanjutnya takkan terputar otomatis lagi.

Menonaktifkan Fitur Autoplay Youtube pada Desktop

Sejak Youtube masih tampilan lama hingga yang baru sekarang, fitur untuk menonaktifkan putar otomatis video masih sama dan tak ada perubahan. Dan saat ini Youtube pada perangkat desktop masih tidak memutar otomatis terhadap video yang ada dibagian beranda, alias hanya di aplikasi Youtube mobile saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment