≡ Menu

Tips Supaya Wifi Tidak Dibobol Orang Lain

Tips Supaya Wifi Tidak Dibobol Orang Lain

Punya Wifi pribadi tapi koneksi lemot akibat digunakan orang lain? Tenang saja, karena sebagai pemilik Wifi tentunya kamu memiliki hak untuk mengatur segalanya pada router, salah satunya membuatnya semakin aman dan supaya tidak gampang untuk dibobol lagi.

Untuk sekarang ini, router yang banyak digunakan adalah tipe ZTE F609, itu biasa diberikan pada pelanggan Indihome. Walau router tersebut sudah terbukti aman dan tidak memiliki celah layaknya TP-LINK ADSL yang dulu, tapi disisi lain masih ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuatnya semakin aman.

Mengetahui saat ini banyak sekali aplikasi sejenis pembobol atau pembagi kata sandi Wifi gratis, hal inilah yang membuat kamu harus tetap menjaga router supaya tidak sampai dimasuki orang lain tanpa izin.

Tips Supaya WiFi Tidak Mudah Dibobol Orang Lain

Dengan menjaga router, alhasil koneksi yang kamu dapatkan akan maksimal dan tidak pernah mengalami kendala baik itu melakukan streaming ataupun bermain game online. Dan disini akan Saya bagikan beberapa cara membuat router wifi kamu tetap aman, sehingga takkan ada orang lain lagi yang berani membobol wifi milikmu.

#1 Matikan Fitur WPS (PIN dan Tombol)

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan mengaktifkan fitur Wi-Fi Protected Setup atau yang biasa disingkat WPS ini. Akan tetapi dengan menonaktifkannya akan mengurangi celah pada router terhadap serangkat WPS PIN.

WPS PIN sendiri merupakan salah satu cara untuk terhubung ke jaringan wifi tanpa memakai kata sandi. Jadi kamu hanya perlu mengetikkan kurang lebih 6 angka yang tertera pada setelan router untuk mulai menyambung.

Menonaktifkan fitur WPS sangatlah mudah, kamu hanya perlu menuju ke halaman admin router. Dan jika saat ini kondisi sedang memakai ZTE F609, silakan menuju menu berikut:

Network > WLAN > WPS > (Disabled)

Menonaktifkan FItur WPS pada Router WiFi

Setelah menonaktifkannya, kini menyambung ke jaringan wifi hanya bisa dilakukan melalui kata sandi saja dan tak ada opsi untuk menuliskan WPS PIN lagi.

#2 Ubah Informasi Login Halaman Admin

Semua pelanggan Indihome pasti sudah tahu dong informasi login pada halaman admin router? Yaitu user dan user. Sebenarnya ini sangat berbahaya lho apabila tidak diubah, mengingat banyak sekali situs web di internet yang membagikan informasi login user maupun admin.

Sebagai pelanggan, kamu berhak untuk mengubah password user. Silakan ganti dengan sandi yang diinginkan. Dan untuk melakukannya pada router ZTE F609 pun juga mudah, silakan menuju menu berikut ini:

Administration > User Management

Mengubah Informasi Login Halaman Admin Router WiFi untuk Mencegah Dibobol

Nah dibagian inilah kamu bisa mengubah sandi user. Cukup ubah dengan sandi yang mudah diingat tapi sulit untuk ditebak. Dan ketahuilah bahwa tidak ada fitur lupa kata sandi pada router ini. Jadi apabila kamu sampai lupa sandi user, pastilah harus mereset routernya.

#3 Rutin Mengubah Password

Jika ingin wifi tetap aman dan cepat, rajin-rajinlah mengubah password setidaknya seminggu atau sebulan sekali. Karena seseorang terdekat bisa saja keceplosan membagikan kata sandi ke orang lain, sehingga itu akan menambah perangkat baru yang terhubung nanti dan berdampak pada kecepatan koneksi internet.

Mengubah password/kata sandi pada router ZTE F609 bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Dan untuk mengetahui caranya, itu sudah pernah dibagikan pada artikel dengan judul Tutorial Mengganti Password WiFi pada Router ZTE F609.

#4 Biasakan Mengecek Perangkat yang Konek

Dengan mengetahui seluruh perangkat yang menyambung, kamu bisa melihat siapa saja yang menggunakan jaringan wifi tersebut berdasarkan tipe perangkatnya. Inilah yang biasanya tidak sering dilakukan pemilik wifi, yang padahal sangat penting untuk mengetahui adanya pengguna wifi gratisan.

Ada lho aplikasi ponsel yang dapat mempermudah kamu mengecek siapa saja yang terhubung ke jaringan wifi saat ini. Aplikasi tersebut bernama Who Use My WiFi? dan bisa diunduh secara gratis pada Play Store.

Selain itu, ada pula cara yang lebih akurat untuk melakukan hal yang sama, hanya bedanya ini bisa dilakukan langsung dari router. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak pada artikel Cara Melihat Daftar User Online pada Router ZTE F609.

#5 Filter Mac Address Perangkat yang Tidak Dikenal

Ini merupakan tips terakhir dan bisa dibilang paling ampuh untuk melindungi koneksi wifi dari sekian banyak pembobol. Yakni dengan cara memfilter mac address para perangkat yang terhubung tanpa izin.

Jadi pertama-tama ketahui terlebih dahulu perangkat apa saja yang terhubung dengan mengikuti tips nomor #4 diatas. Kemudian jika sudah ketemu perangkatnya, silakan catat mac addresnya. Lalu buka halaman admin router, dan silakan menuju menu berikut:

Network > WLAN > Access Control List

Memfilter Perangkat untuk Mencegah WiFi Dibobol Lagi

Pada bagian Mac Address, isikan dengan mac address perangkat yang dicatat tadi. Dan pada bagian Mode, silakan pilih sebagai Block. Kemudian lanjutkan menekan tombol Add dan tunggu router hingga reboot.

Setelah router reboot, kini perangkat yang diblokir tadi takkan pernah bisa lagi menyambung ke jaringan wifi milikmu. Dan ini sangat efektif sekali, karena akan mengurangi pengguna wifi gratisan secara drastis dibanding mengganti sandi secara rutin.

Cukup itu saja beberapa tips yang dapat Saya bagikan. Mohon untuk diketahui juga bahwa tips ini tidak bermaksud sebagai pelit dalam membagikan jaringan wifi, namun mereka yang memilih untuk mengamankan koneksi wifinya, pastilah memiliki alasan tersendiri. Salah satunya adalah mendapatkan kecepatan koneksi yang sepadan untuk keperluan sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment