≡ Menu

Cara Mengubah User Agent pada Browser

Cara Mengubah User Agent pada Browser

User Agent merupakan sebuah fungsi yang digunakan sebagai identitas perangkat. Setiap kali kamu membuka suatu website di internet, tentunya website tersebut dapat melihat informasi browser yang kamu gunakan secara rinci, baik itu dari versi dan juga bahasa.

Pada kebanyakan website, User Agent dimanfaatkan untuk membatasi jenis perangkat. Misalnya mengalihkan perangkat ponsel ke URL khusus untuk tampilan mobile. Dan pada kebanyakan browser pada smartphone kini telah memiliki fungsional untuk mengubah jenis User Agent berupa mobile atau desktop.

Kamu bisa menyembunyikan informasi perangkat yang digunakan sekarang. Sebagai contoh saat ini kamu menggunakan komputer, namun ingin terlihat online sebagai perangkat iPad atau Android, tentunya itu bisa dilakukan hanya dengan mengubah User Agent saja.

Cara Mengubah User Agent di Browser

Artikel ini akan menjelaskan cara untuk mengubah User Agent baik itu di perangkat komputer maupun ponsel. Dan tentunya ini akan membutuhkan bantuan alat pihak ketiga berupa ekstensi untuk memudahkan dalam penggunaan.

Melalui Komputer

Pada komputer, kamu bisa mengubah User Agent melalui browser Chrome dengan bantuan ekstensi bernama User Agent Switcher. Itu sangat populer dan memiliki banyak jenis yang dapat kamu gunakan.

Cara penggunaannya sangatlah mudah, setelah memasang cukup menekan ikon ekstensi tersebut dan kemudian kamu bisa memilih User Agent apa yang ingin digunakan. Bahkan kamu juga bisa menambah sendiri apabila itu yang diinginkan.

Gambaran dari Ekstensi User Agent Switcher

Melalui Ponsel Android

Sementara itu pada ponsel Android, kamu juga bisa menggunakan ekstensi yang sama, hanya saja disini harus menggunakan Yandex Browser supaya dapat memasang ekstensi tersebut. Dan tata cara penggunaannya pun juga sama saja, cukup menuju menu Extension dan mengetuk pada User Agent Switcher.

Untuk sekarang ini hanya Yandex Browser saja yang menurut Saya memiliki kompatibilitas yang baik terhadap kebanyakan ekstensi Chrome. Tapi jika kamu belum tahu cara memasang ekstensinya, silakan simak pada artikel Trik Memasang Ekstensi Chrome di Browser Android.

Mengecek Informasi User Agent yang Dipakai

Dan untuk mengecek apakah cara diatas berhasil atau tidak, silakan menuju situs WhatsMyUA untuk mengetahui User Agent yang dipakai.

Informasi User Agent pada Situs WhatsMyUA

Cobalah untuk membandingkan hasil dari sebelum dan sesudah memasang ekstensi tersebut. Jika pada WhatsMyUA hasilnya menunjukkan perbedaan, berarti kamu berhasil mengubah User Agent pada browser.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment