≡ Menu

Mengatasi S Pen Tidak Terhubung di Galaxy Note 9

Mengatasi S Pen Tidak Terhubung di Galaxy Note 9

Stylus Pen atau biasa disingkat S Pen yang terdapat pada varian ponsel Samsung Galaxy Note sangatlah penting. Jika tak ada itu, tentunya terasa ada yang kurang. Apalagi pada Note 9 saat ini mendukung fitur remote yang mengandalkan teknologi Bluetooth.

Dengan adanya fitur remote tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal semakin mudah. Seperti mengambil gambar kamera, membuka kunci, mengontrol pergerakan Galeri, dan lain-lain. Tapi untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Stylus Pen harus berhasil terhubung dengan ponsel.

Pada beberapa kasus, beberapa orang mengalami kendala S Pen yang tidak terhubung, sehingga takkan bisa memakai fitur remote. Baik itu habis dilakukan software update atau hal-hal lain. Namun itu masih dapat diatasi dengan cara yang sederhana.

Solusi S Pen Tidak Terhubung di Samsung Galaxy Note 9

Jadi cara untuk mengatasinya adalah me-reset Stylus Pen melalui opsi yang telah disediakan Samsung. Ini berlangsung cepat dan tentunya aman untuk dilakukan. Langsung simak langkah untuk me-resetnya dibawah ini.

  1. Pastikan S Pen tidak dalam kondisi dilepas
  2. Silakan menuju Remote S Pen melalui panel notifikasi

    Menekan Menu Remote S Pen di Panel Notifikasi

  3. Selanjutnya tekan pada opsi titik tiga di kanan atas

    Menekan Opsi Titik Tiga

  4. Ketuk Reset S Pen dan tunggu hingga prosesnya selesai.

    Mengetuk Opsi Reset S Pen

Proses reset hanya berlangsung kurang lebih 1 menit saja, dan setelah itu S Pen pasti akan terdeteksi kembali dan berhasil terhubung. Ada baiknya untuk menunggu maksimal 5 menit ketika proses menghubungkan sedang berlangsung, karena bisa jadi ponsel sedang melakukan pairing ulang.

Walau cara diatas sangat dipastikan dapat mengatasi, namun apabila itu masih tidak berhasil ketika kamu mencobanya, maka cobalah cara berikut ini.

Melakukan Hard Reset

Ini adalah cara alternatif apabila cara diatas tadi tidak berhasil. Jadi dengan melakukan hard reset, akan mengembalikan segala setelan dan membuat ponsel kembali seperti baru lagi. Jadi pastikan kamu telah mencadangkan segala berkas penting sebelum melakukannya.

Jika sudah siap, silakan menuju Pengaturan > Manajemen Umum > Reset > Reset Data Pabrik. Akan muncul konfirmasi, silakan ikuti prosedurnya dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Proses reset kali ini akan membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit dan setelah itu Galaxy Note 9 kamu akan kembali seperti baru. Dan S Pen kali ini pastinya bisa terhubung dengan baik tanpa ada kendala.

Baca juga: Mengatasi Edge Lighting Tidak Menyala di HP Samsung

Kesimpulan

Cara paling awal memang sangat disarankan karena mudah sekali untuk dilakukan. Hanya saja ketika cara pertama gagal, kamu bisa mencoba cara berikutnya, yaitu hard reset ponselnya. Kesempatan untuk berhasil tentunya lebih besar pada cara kedua.

Dan jika pun kedua cara diatas tidak berhasil semua, bisa jadi terdapat kerusakan pada S Pen milik kamu, sehingga sistem ponsel tak dapat melakukan pairing. Jika sudah seperti ini, tak ada cara lain kecuali membeli Stylus Pen yang baru.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment