≡ Menu

Trik Aktifkan Mode Gelap di Chrome Android

Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan di ponsel Android. Desain yang minimalis dan navigasi yang mudah membuat pengguna betah untuk terus memakainya. Apalagi saat ini terdapat dua tema pilihan yang bisa diterapkan, yaitu mode terang dan mode gelap.

Secara umum mode terang lah yang diterapkan ketika kamu baru saja menggunakan browser ini. Sementara itu mode gelap dapat menjadi pilihan alternatif. Tapi apakah kamu sudah tahu apa kegunaan dari mode gelap sebenarnya?

Mode gelap atau istilahnya juga disebut sebagai Mode Malam, bisa diterapkan ketika kamu merasa tampilan browser Chrome terlalu mencolok putih. Dan tentunya dengan menerapkannya menjadi gelap akan mengubah gaya tersendiri terhadap browser yang terlihat lebih elegan dari sebelumnya.

Trik Aktifkan Mode Gelap di Chrome Android

Mengaktifkan Mode Gelap di Browser Chrome Android

Mode gelap tersebut sebenarnya juga tersedia pula pada Chrome versi desktop, tapi tutorial di artikel ini hanya akan menjelaskannya untuk Android saja. Dan silakan simak tata caranya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Chrome
  2. Pada kolom address bar, ketik persis seperti berikut ini

    chrome://flags/#enable-android-dark-mode

    Dan kemudian silakan kunjungi URL tersebut.

    Menuliskan URL untuk Menuju Setelan Mode Gelap di Chrome

  3. Pada bagian Android Chrome UI Dark Mode silakan atur sebagai Enabled

    Mengatur Sebagai Enabled pada Andorid Chrome UI Dark Mode

  4. Setelah itu tutup browser Google Chrome dan buka kembali
  5. Jika browser sudah terbuka, silakan menuju Setelan dan pasti disana terdapat menu baru bernama Tema

    Memilih Menu Tema pada Setelan Chrome

  6. Pada bagian tema ini, kamu bisa memilih mode gelap

    Memilih Opsi Mode Gelap

  7. Selesai, kini tampilan Chrome sudah menjadi gelap.

    Tampilan Chrome pada Mode Gelap

Memang ribet untuk saat ini untuk mengaktifkan mode gelap, hal tersebut dikarenakan fitur ini belum sepenuhnya komplit dan masih pada masa percobaan. Dan suatu saat pasti fitur Tema tersebut akan dijadikan menu standar pada setelan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Penghematan Data di Google Chrome

Sudah Mencoba Tapi Menu Tema Tidak Muncul?

Jika menu Tema pada setelan masih tidak ada, kemungkinan besar kamu melupakan langkah ke-4 diatas. Jadi supaya menu Tema bisa muncul, kamu harus me-restart aplikasi Chrome, atau istilahnya menutup dan kemudian membuka kembali.

Jika masih tetap sama, silakan restart langsung ponselnya dan kemudian buka kembali browser Google Chrome dan pasti menu Tema kini di setelan sudah muncul.

Solusi Opsi Android Chrome UI Dark Mode Tidak Ada

Solusinya sangat mudah sekali, yaitu kamu harus memperbarui versi aplikasi Chrome melalui Play Store. Jika sudah diperbarui, pasti opsi tersebut akan muncul tanpa ada kendala. Bisa jadi saat ini kamu sedang memakai aplikasi Chrome versi lawas, sehingga opsinya tidak ada.

Hanya itu saja yang dapat dibagikan pada artikel ini, jika kamu merasa memiliki kesulitan dalam melakukan tata cara diatas, atau memiliki pertanyaan lain yang terkait mengenai mode gelap pada Chrome, silakan tuliskan pada kolom komentar yang disediakan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment