≡ Menu

Ok Google Tidak Berfungsi? Lakukan Cara Ini

Fitur “Ok Google” atau lebih tepatnya adalah Google Asisten yang tersedia di Android sangat berguna sekali untuk mengontrol hampir segala hal di ponsel. Kamu bisa menghidupkan WiFi, menurunkan kecerahan layar, memutar musik, dan banyak hal lainnya hanya dengan mengucapan Ok Google.

Umumnya, Google Asisten telah hadir pada ponsel Android Lolipop keatas dan bisa langsung berfungsi ketika kamu memanggilnya dengan kata “Ok Google” dan dilanjutkan dengan perintah yang diinginkan. Tapi di sebagian ponsel juga harus menekan panjang tombol Home supaya Asisten bekerja.

Adapun kendala yang membuat Asisten Google tak bekerja meski dipanggil berkali-kali. Ini bisa dikarenakan suara yang kurang jelas dan sistem tidak dapat mendeteksi dengan baik dan memilih untuk tidak merespon. Tapi adapula hal lainnya yang menyebabkan itu terjadi.

Ok Google Tidak Berfungsi? Lakukan Cara Ini

Baca juga: Mencegah Google Menyimpan Riwayat Browsing

Mengatasi Google Asisten yang Tidak Berfungsi

Tak perlu banyak cara untuk membuat Google Asisten bekerja kembali. Yang terpenting sebelumnya kamu sudah mencoba mengatakan Ok Google di tempat yang hening (seperti di toilet) untuk memastikan masalahnya bukan karena kebisingan.

Dan berikut ini sedikit cara untuk mengatasinya, silakan simak baik-baik.

Melatih Ulang Suara “Ok Google”

Google menyediakan fitur untuk melatih atau pengenalan suara, sehingga hanya suara yang terdaftar saja yang dapat memberikan perintah ponsel dengan kata Ok Google. Berikut ini tata cara melakukannya:

  1. Buka Pengaturan dan ketuk menu Google

    Menu Google di Pengaturan

  2. Gulir kebawah dan ketuk menu Penelusuran, Asisten & Voice

    Memilih Menu Penelusuran Asisten dan Voice

  3. Sekarang menuju menu Suara

    Menuju Suara di Pengaturan Google

  4. Dan pilih menu Voice Match

    Memilih Voice Match

  5. Ketuk pada Latih Ulang Model Suara

    Melatih Model Suara Ok Google

  6. Sekarang katakan Ok Google selama 4 kali sesuai yang diperintahkan pada layar

    Mengatakan Ok Google untuk Melatih Suara

  7. Tahap terakhir, pastikan opsi Akses dengan Voice Match telah diaktifkan.

    Mengaktifkan Akses Voice Match

Mulai sekarang, Google Asisten akan merespon setiap kali mendengar kata Ok Google dari suaramu.

Perbarui Aplikasi Google di Play Store

Aplikasi Google terbiasa memiliki pembaruan sekitar sebulan sekali. Lakukan pembaruan secara rutin untuk menikmati layanan yang maksimal dan tentunya terbebas dari kesalahan sistem layaknya kendala saat ini.

Perbarui hanya dari Play Store untuk mendapatkan versi yang kompatibel terhadap ponselnya. Dan ada baiknya untuk tidak bergabung pada program BETA supaya aplikasi yang didapatkan adalah versi stabil.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Authenticator di Android

Pastikan Google Asisten Berjalan di Latar Belakang

Jika Google Asisten tidak sedang berjalan pada proses latar belakang, tentunya mustahil untuk membuatnya berfungsi. Pada umumnya itu sudah berjalan di latar belakang bersamaan dengan aplikasi sistem yang lain, hanya saja mungkin terdapat suatu aplikasi yang menghentikannya.

Contohnya seperti memakai aplikasi pembersih RAM (Task Killer). Karena biasanya itu akan menghentikan proses latar belakang pada beberapa aplikasi. Dan untuk mencegahnya, silakan tambahkan pengecualian terhadap aplikasi Google.

Hanya itu saja beberapa cara yang dapat Saya berikan. Harusnya dengan cara pertama saja sudah pasti berhasil, karena memungkinkan sistem Google sulit mendeteksi suara dengan benar. Tapi dengan melatihnya sesuai cara diatas tadi, pasti itu bisa berfungsi kembali.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment