≡ Menu

Solusi Mengatasi PUBG Mobile Error Saat Dibuka

Solusi Mengatasi PUBG Mobile Error Saat Dibuka

Semakin hari, peminat game PUBG Mobile semakin banyak dibandingkan game battle royale yang lain di kalangan smartphone. Semenjak adanya kontroversi terhadap game ini di Indonesia, itu membuatnya semakin populer dan lebih banyak dimainkan oleh anak, remaja, hingga dewasa.

Sampai sekarang, game PUBG Mobile sendiri hanya bisa dimainkan pada ponsel yang memiliki RAM setidaknya 2 GB supaya tidak mendapat masalah ketika dimainkan. Namun meski spesifikasi telah mencukupi, terkadang juga masih ada kesalahan atau error yang terjadi pada game ini.

Kesalahan yang biasa terjadi adalah macet ketika melakukan matching up atau bahkan error ketika membuka game. Dan kendala tersebut tentunya masih bisa diatasi supaya kamu tak mengalaminya lagi. Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi PUBG Mobile yang error pada Android.

Baca juga: Tips Menang Bermain Game Battle Royale

Perbarui PUBG Mobile di Play Store

Pastikan bahwa kamu saat ini menggunakan game PUBG Mobile versi paling terbaru, karena itu memungkinkan kesalahan-kesalahan sebelumnya telah dibetulkan pada versi terbaru. Jadi apabila kamu belum memperbaruinya, silakan lakukan melalui Play Store.

Jangan pernah memperbarui game PUBG Mobile melalui download manual di Google, karena bisa jadi versi yang mereka berikan tidak kompatibel dengan ponsel kamu, sehingga muncullah kejadian error tersebut. Untuk itu, selalu perbarui game ini hanya dari Play Store saja.

Hapus Cache pada Game

Secara normal, game ini menyimpan berkas cache dengan ukuran kurang lebih 10 MB. Jika lebih dari itu atau bahkan sampai 100 MB, tentunya itu tidak normal dan harus dihapus. Untuk menghapusnya sangat mudah, silakan buka Pengaturan Aplikasi dan pada game PUBG Mobile silakan ketuk pada tombol Hapus Cache.

Menghapus Cache pada Game PUBG Mobile

Ingat, yang dihapus adalah Cache, dan bukan Data. Dengan menghapus cache, segalanya akan tetap aman karena cache hanyalah berkas sementara dan akan dibuat ulang oleh game ketika kamu kembali memainkannya. Cara alternatif lainnya adalah menggunakan aplikasi Cache Cleaner.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Mengatasi PUBG Mobile Ngelag di Android

Memasang Ulang (Reinstall) PUBG Mobile

Cara terakhir apabila kedua cara diatas tidak berbuah hasil, ada baiknya untuk memasang ulang game ini. Kemungkinan itu disebabkan karena data yang bermasalah (corrupt) sehingga harus dipasang ulang untuk mendapatkan berkas data yang benar.

Sebagai contoh kecilnya adalah diakibatkan karena kartu memori yang rusak, itu bisa membuat data pada segala game menjadi tidak beraturan atau bahkan hilang sebagian. Itulah kenapa ketika membuka game akan terjadi masalah atau bahkan langsung force close.


Selain diatas, adapun satu hal yang biasa menjadi masalah bagi beberapa orang, yaitu ketika server sedang maintenance atau istilahnya sedang ada perawatan server. Pada dasarnya itu normal ketika tidak bisa membuka game pada saat maintenance, dan kamu hanya perlu menunggu beberapa saat dan kemudian membuka game kembali.

Sedangkan kejadian yang paling menyebalkan pada PUBG Mobile adalah disaat melakukan matching up namun loading tidak berjalan, atau macet di tengah-tengah. Nah kendala tersebut juga masih bisa diatasi dengan beberapa solusi diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment