≡ Menu

Tutorial Mengganti Alamat Email di Instagram

Alamat email di Instagram memiliki kegunaan yang hampir sama dengan nomor telepon. Sangat penting untuk mengetahui bahwa alamat email yang berada pada akun Instagram tetap aktif, sehingga jika suatu saat pengguna tak dapat memasuki akun, masih dapat diatasi dengan bantuan alamat email tersebut.

Hampir segala masalah yang ada di Instagram, dapat diatasi dengan bantuan alamat email. Salah satunya seperti lupa sandi, mendapat kode 2 factor authenticator, atau bahkan tidak dapat membuka akun sama sekali.

Maka dari itulah, sangat penting untuk mengetahui bahwa alamat email yang berada di akun Instagram sepenuhnya masih aktif. Dan apabila sudah tidak aktif, lebih baik segera diganti. Dan disini akan dibagikan tata cara untuk mengganti alamat email di Instagram dengan mudah.

Baca juga: Cara Beralih ke Profil Bisnis di Instagram

Cara Mengubah Alamat Email di Instagram

Ada dua cara untuk mengubah alamat email di Instagram, yaitu melalui WEB atau Aplikasi di ponsel. Keduanya sama-sama mudah untuk dilakukan. Dan sebelum melakukan ini, pastikan bahwa kamu masih memiliki akses masuk ke akunnya, karena cara ini hanya bisa dilakukan ketika kamu memasuki akun Instagram saja.

1. Melalui Web Instagram.com

Ini merupakan cara paling termudah untuk mengganti alamat email di Instagram. Silakan simak tutorial lengkapnya dibawah ini:

  1. Buka website Instagram melalui browser dan silakan masuk ke akun.
  2. Selanjutnya klik pada ikon Profil.

    Klik Ikon Profil

  3. Lalu tekan tombol Edit Profile

    Memilih Opsi Edit Profile

  4. Sekarang cukup ubah pada kolom Email dengan alamat email yang aktif.

    Mengubah Alamat Email di Instagram

  5. Setelah itu, cukup tekan tombol Submit dan selesai.

    Tekan Tombol Submit

Kemungkinan besar, Instagram akan meminta untuk memasukkan kata sandi akun saat ini untuk membuat perubahan pada akun. Dan kadang mereka juga mengirimkan sebuah tautan pada pesan email yang harus diklik untuk mem-verifikasi.

2. Menggunakan Aplikasi Instagram

Sebenarnya caranya hampir sama seperti melakukan di WEB, hanya saja ada sedikit perbedaan saja. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buka aplikasi Instagram dan pastikan telah masuk ke akun.
  2. Menuju Profil dan tekan tombol Edit Profil

    Di Profil Tekan Tombol Edit Profil

  3. Gulir kebawah dan ketuk bagian Alamat Email.

    Ketuk pada opsi Alamat Email

  4. Silakan ubah alamat emailnya dengan yang baru. Dan lanjutkan menekan tombol Centang dibagian atas.

    Mengganti Alamat Email di Instagram Melalui Aplikasi

  5. Jika sudah, tekan sekali lagi tombol Centang yang ada dibagian kanan atas.

    Menekan Tombol Centang untuk Menyimpan

Cukup itu saja yang perlu dilakukan untuk mengubah alamat email. Dan jangan lupa untuk mengecek pada pesan email, karena kemungkinan mereka akan mengirimkan tautan untuk melakukan verifikasi terhadap alamat email yang baru tersebut.

Baca juga: Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Berita

Kesimpulan

Faktanya, alamat email yang ada di akun Instagram lebih penting ketimbang password. Karena jika kamu tak dapat masuk ke akun akibat lupa password, hal tersebut masih dapat diatasi menggunakan email.

Selain itu, menghubungi pihak Instagram juga bisa dengan mudah dilakukan melalui email apabila sewaktu-waktu terhadap hal ganjal terjadi pada akunnya. Jadi apabila kamu ingin akun Instagram tetap aman, jangan melihat dari sisi password saja, tapi juga perhatikan emailnya aktif atau sudah tidak.

Semoga bermannfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment