≡ Menu

Mengatasi VLC Player Macet Saat Memutar Video

VLC player kini ibarat telah menjadi raja dari segala pemutar video yang ada, karena mendukung berbagai macam jenis video dan begitu pula fitur yang disediakan sangatlah lengkap. Banyak orang yang menyukai VLC karena kemudahan dalam menggunakannya dan nyaris tidak memiliki kendala apapun saat memutar video.

Tapi beberapa waktu ini Saya sendiri telah mendapatkan sedikit masalah pada VLC yang mana ketika memutar video dengan resolusi tinggi dengan jenis codec x265 (HEVC) mendapati masalah lag atau macet beberapa menit sekali.

Tentunya kendala kecil itu sangat menganggu kenyamanan dalam menonton bukan? Dan apabila kamu mengalami masalah ini juga, jangan khawatir karena masalah ini masih bisa diatasi dengan mudah. Karena intinya kendala ini ada di program VLC saja dan bukan pada komputer kamu.

Mengatasi VLC Player Macet Saat Memutar Video

Perbarui Versi VLC

Silakan cek kembali apakah saat ini kamu telah menggunakan versi VLC yang paling terbaru? Sebab versi terbaru memungkinkan kendala pada versi sebelumnya diperbaiki, itu juga termasuk macet atau lag semacam ini.

Untuk mengecek versi dan sekaligus pembaruan, silakan simak pada artikel berjudul Cara Memperbarui VLC Player pada Komputer. Sementara itu apabila saat ini kamu telah menggunakan VLC versi terbaru dan masih mendapatkan kendala macet ini, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

Mengatur Video Cache pada Pengaturan

Secara default VLC mengatur file video cache sebesar 300 ms. Ini masih bisa ditingkatkan sesuai yang diinginkan. Sebagai saran adalah meningkatkan hingga 1 detik atau maksimal 5 detik.

Untuk meningkatkan file video cache, silakan masuk ke Pengaturan > Lalu pada Show Settings, pilih All.

Menuju ke Pengaturan Advanced

Klik pada menu Input / Codecs dan gulir kebawah sampai pada bagian File caching (ms). Kemudian ubah kolomnya menjadi 1000 untuk mengatur sebagai 1 detik. Setelah itu klik tombol Save untuk menyimpan setelan.

Mengubah File Cache Menjadi 1 Detik

Matikan Fitur Hardware Accelerated

Secara umum Hardware Acceleration dibutuhkan untuk membantu proses decoding, tapi di beberapa kasus ini dapat bertentangan dengan driver. Pada setelan standar VLC, fitur tersebut diatur sebagai otomatis, namun juga bisa untuk dimatikan.

Tak hanya di VLC saja, bahkan di Spotify pun fitur Hardware Accelerated ini bisa berpengaruh terhadap pemutaran media, sehingga tidak ada salahnya untuk dimatikan sekaligus melihat hasilnya nanti.

Untuk menonaktifkannya, silakan menuju Pengaturan > Input / Codecs > Hardware Accelerated Decoding > Silakan ubah menjadi Disabled. Kemudian klik tombol Save untuk menerapkan pengaturan.

Mematikan Fitur Hardware Accelerated

Baca juga: Kumpulan Shortcut VLC Player Lengkap

Mencoba Jenis Video Output Module yang Lain

Selain dari beberapa solusi diatas, kamu juga bisa mengetes untuk mengubah Video Output Module. Dari beberapa kasus, cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang tampil pada warna video atau subtitle yang tidak muncul.

Untuk melakukannya, silakan menuju Pengaturan > Video. Pada bagian Output silakan ubah menjadi OpenGL atau DirectX dan kemudian lihat perbedaan dari sebelumnya. Kamu juga boleh mencoba jenis output yang lainnya untuk mengetes mana yang paling terbaik.

Mengubah Video Output Module pada VLC

Hanya itu saja beberapa solusi yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi VLC Player macet ketika memutar video khususnya yang memiliki resolusi tinggi. Dalam kasus saya sendiri saat itu sedang memutar video dengan format MKV HEVC dan resolusinya adalah 4K (2160p). Dan saat itu Saya berhasil mengatasinya dengan mengubah video cache menjadi 1 detik. Saya harap itu juga berhasil untuk mengatasi kendala kamu sekarang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment