≡ Menu

Tutorial Mematikan Windows Firewall di Komputer

Tutorial Mematikan Windows Firewall di Komputer

Setiap komputer Windows telah memiliki proteksi atau keamanan yang disediakan oleh sistem bernama Windows Firewall. Itu merupakan fungsional yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan program jahat yang mempengaruhi sistem komputer.

Tak hanya Windows Firewall saja, tapi juga telah tersedia Windows Defender yang memiliki kegunaan hampir sama, dan dipakai sebagai penyeimbang keamanan supaya lebih baik lagi. Namun walaupun begitu, seseorang biasanya akan tetap memasang program antivirus lain untuk memperketat keamanan komputer miliknya.

Terkadang fungsi dari Windows Firewall terlalu sensitif, sehingga suatu program dianggap berpotensi jahat. Tapi nyatanya program tersebut hanya berniat mengakses file sistem atau suatu server host untuk keperluan, dan tak berniat jahat.

Akibat dari itu, cara untuk mengatasi supaya program yang akan dijalankan tak dicekal oleh Windows Firewall, yaitu adalah menonaktifkannya. Ini sangat mudah dan kamu pun juga bisa menghidupkannya kembali nantinya.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Smartscreen Filter di Windows 10

Cara Mematikan Windows Firewall

Mohon untuk diketahui bahwa dengan mematikan Windows Firewall juga berarti mematikan keamanan yang ada di komputernya. Jadi jangan sampai lupa untuk menghidupkan lagi nantinya setelah selesai melakukan sesuatu dengan program yang diblokir Windows Firewall.

  1. Buka Control Panel lalu ubah menu View by menjadi Small Icons.

    Control Panel di Windows

  2. Kemudian pilih menu Windows Firewall.

    Memilih Menu Windows Firewall

  3. Pada samping kiri, klik pada Turn Windows Firewall on or off.

    Memilih Opsi Turn Windows Firewall on or off

  4. Ada dua opsi disana, silakan matikan semua dengan memilih Turn off Windows Firewall.

    Mematikan Windows Firewall

Selesai, sekarang Windows Firewall telah berhasil dinonaktifkan. Untuk mengetahui berhasil tidaknya sangatlah mudah, pada bagian Windows Firewall seperti langkah ke-3 diatas, yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi merah.

Dan untuk menghidupkannya lagi, sepertinya tak perlu dijelaskan secara detil. Karena kamu hanya cukup menuju bagian yang sama seperti langkah diatas, kemudian mengubah opsi dari Turn off menjadi Turn on.

Solusi Menu “Turn Windows Firewall on or off” Tidak Bisa Diklik

Kejadian seperti ini biasanya disebabkan karena fitur Windows Firewall telah digunakan oleh program Antivirus yang sedang aktif saat ini. Atau istilahnya seperti menyatu dengan Antivirus yang dipakai.

Solusi Menu

Jadi untuk mematikan Windows Firewall tidak akan bisa melalui cara diatas, namun cukup mematikan antivirus yang digunakan sekarang. Dengan begitu Windows Firewall secara otoamtis akan ikut dinonaktifkan.

Baca juga: Cara Blokir Akses Internet pada Program Tertentu di PC

Kesimpulan

Walaupun Windows Firewall ini terlihat seolah tidak berguna, tapi di latar belakang, ia akan terus melindungi komputer ketika koneksi internet aktif. Jadi lebih tepatnya Windows Firewall ini adalah pengaman koneksi internet.

Bukan hal bagus apabila kamu menonaktifkan Windows Firewall untuk selamanya, sebab itu hanya akan meneyabkan komputer beresiko lebih. Cukup nonaktifkan seperlunya saja dan setelah selesai, cukup aktifkan kembali, Bukan sesuatu yang sulit kan?

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment