≡ Menu

Cara Melaporkan Suatu Akun pada Instagram

Cara Melaporkan Suatu Akun pada Instagram

Kini Instagram tak hanya dipakai untuk media penyimpanan foto dan video saja, akan tetapi sudah menjadi sosial media yang digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru dalam bentuk gambar maupun video. Walaupun begitu, masih terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri pada Instagram yang mana berpengaruh terhadap kenyamanan pengguna.

Mungkin banyak dari kita yang kadang membaca suatu berita melalui sosial media, baik itu di Facebook, Twitter, dan Instagram. Walau berita itu tampak meyakinkan, tapi terkadang itu tak bisa langsung dipercaya dan harus dilihat kebenarannya. Apalagi jika berita itu dipublikasi oleh akun yang tidak jelas dan bukan dari akun media berita populer.

Masih menjadi misteri untuk apa manfaat bagi orang yang menyebarkan berita palsu atau hoax, karena itu tidak ada untungnya bagi dia. Dan kabar baiknya, kebanyakan sosial media memberikan opsi untuk melaporkan akun yang menyebarkan berita palsu atau hoax yang berterusan.

Baca juga: Trik Melihat Instagram Stories Teman Tanpa Ketahuan

Pelanggaran yang Bisa Dilaporkan di Instagram

Sebenarnya bukan hanya berita palsu saja yang dapat dilaporkan pada Instagram. Dan ini meliputi lebih dari beberapa jenis yang mana itu melanggar pedoman komunitas Instagram. Berikut ini beberapa hal atau pelanggaran yang dapat dilaporkan pada Instagram:

  • Melakukan SPAM: Seperti berkomentar pada banyak akun secara terus menerus tiada henti. Juga termasuk mengunggah konten hoax yang bersifat menganggu.
  • Mengunggah Konten Tidak Pantas: Sebagai contoh adalah mengunggah konten seksual, kekerasan, simbol kebencian, atau pelecehan.
  • Menyamar Sebagai Orang Lain: Contohnya ada seseorang yang menyamar sebagai teman kamu dan menyalin semua foto dan videonya.
  • Melanggar Hak Cipta: Contoh kecilnya seperti ada akun lain yang membagikan video kamu tanpa ada izin apapun.

Jika kamu menemukan suatu akun yang melakukan pelanggaran seperti diatas, cukup laporkan saja. Lagipula ini tidak sulit dan telah diberikan cara termudah oleh Instagram, sehingga proses untuk melaporkan bisa dilakukan sangat cepat.

Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

Ada dua jenis yang bisa dilaporkan, yaitu melaporkan Akun atau hanya Konten yang diunggah. Jika melaporkan akun, lebih dikhususkan untuk jenis akun yang benar-benar melakukan pelanggaran secara keseluruhan terhadap konten yang diunggahnya.

Sedangkan jika akun hanya melanggar pada satu konten saja, ada baiknya cukup laporkan konten atau postingannya saja supaya nantinya akan dihapus oleh sistem Instagram. Tata caranya sama saja, berikut ini tutorialnya:

  1. Buka profil akun yang ingin dilaporkan.
  2. Klik tombol opsi (titik tiga) yang ada dibagian atas.

    Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

  3. Lalu pilih menu Laporkan.

    Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

  4. Akan muncul 2 pilihan, cukup memilih sesuai keadaan pelanggaran. Jika berita hoax lebih baik langsung memilih “Ini adalah spam“. Sedangkan untuk jenis pelanggaran lainnya, pilih “Ini tidak pantas“.

    Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

  5. Jika memilih “Ini tidak pantas“, akan diberikan beberapa pilihan lagi. Cukup memilih pelanggaran mana yang dimaksudkan terhadap akun atau konten tersebut.

    Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

  6. Setelah melaporkannya, akan muncul notif “Terima kasih telah melaporkan ini” yang mana itu tandanya telah berhasil.

    Cara Melaporkan Akun Instagram yang Melakukan Pelanggaran

Tidak ribet dan bisa dilakukan dengan cepat. Kecuali jika kamu melaporkan terkait hak cipta, mungkin akan diminta untuk menuliskan sesuatu pada formulir yang disediakan. Dan sekilas ini nyaris tidak ada bedanya seperti pada Facebook.

Baca juga: Cara Melaporkan Berita Palsu atau HOAX di Facebook

Berapa Lama Laporan Diproses Oleh Instagram?

Ini tak menentu, kadang cepat dan kadang lambat tergantung dari jenis pelanggaran yang dilaporkan. Namun jika yang melaporkan sangat banyak, tentunya ini akan berlangsung cepat dan tidak kurang dari 1 hari.

Sementara itu, kamu akan tetap mendapatkan pemberitahuan apabila laporan disetujui atau ditolak oleh Instagram. Dan hal yang menyebabkan ditolak biasanya adalah konten yang sudah dihapus terlebih dahulu oleh pemilik akunnya sebelum ditinjau oleh pihak Instagram.

Baik laporan disetujui atau ditolak, ini tidak akan mempengaruhi terhadap akun milik sendiri. Sehingga kamu tidak perlu khawatir terhadap itu. Yang terpenting adalah terus menggunakan fitur untuk melaporkan pelanggaran ini dengan benar dan tidak untuk bermain-main.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment